Ayat Alkitab Tentang Pencuri

Ayat Firman Tuhan Tentang Mencuri

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang pencuri. Mengambil milik orang lain atau yang biasa disebut dengan mencuri merupakan salah satu perbuatan buruk dan hukumnya adalah dosa.

Mencuri adalah salah satu contoh perbuatan dosa dalam Alkitab. Dan jelas dikatakan bahwa setiap orang percaya harus berusaha untuk menghindari bersikap buruk seperti demikian.

Dalam ayat Alkitab atau firman Tuhan juga sudah banyak dijelaskan bahwa mencuri itu bukan sesuatu perbuatan positif. Bahkan ada banyak contoh dampak buruk dari mencuri.

Mencuri juga tidak hanya ditujukan pada pengambilan secara fisik. Contohnya, mencuri waktu, kesempatan orang lain, dan sebagainya juga bisa dikatakan sebagai tindakan pencurian.

Ayat Emas Alkitab Tentang Pencuri dan Mencuri

Di bawah ini kami memiliki beberapa kumpulan ayat emas Alkitab tentang pencuri dan mencuri. Anda bisa langsung menyimaknya semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi.

Jangan mencuri.

Keluaran 20:15

“Apabila seseorang berbuat dosa dan berubah setia terhadap TUHAN, dan memungkiri terhadap sesamanya barang yang dipercayakan kepadanya, atau barang yang diserahkan kepadanya atau barang yang dirampasnya, atau apabila ia telah melakukan pemerasan atas sesamanya… apabila dengan demikian ia berbuat dosa dan bersalah, maka haruslah ia memulangkan barang yang telah dirampasnya atau yang telah diperasnya atau yang telah dipercayakan kepadanya atau barang hilang yang ditemuinya itu, atau segala sesuatu yang dimungkirinya dengan bersumpah dusta. Haruslah ia membayar gantinya sepenuhnya dengan menambah seperlima; haruslah ia menyerahkannya kepada pemiliknya pada hari ia mempersembahkan korban penebus salahnya.

Imamat 6:2, 4-5

“Apabila seseorang mencuri seekor lembu atau seekor domba dan membantainya atau menjualnya, maka ia harus membayar gantinya, yakni lima ekor lembu ganti lembu itu dan empat ekor domba ganti domba itu. Jika seorang pencuri kedapatan waktu membongkar, dan ia dipukul orang sehingga mati, maka si pemukul tidak berhutang darah; tetapi jika pembunuhan itu terjadi setelah matahari terbit, maka ia berhutang darah. Pencuri itu harus membayar ganti kerugian sepenuhnya; jika ia orang yang tak punya, ia harus dijual ganti apa yang dicurinya itu. Jika yang dicurinya itu masih terdapat padanya dalam keadaan hidup, baik lembu, keledai atau domba, maka ia harus membayar ganti kerugian dua kali lipat.

Keluaran 22:1-4

Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.

Efesus 4:28

Jika engkau sampai mengambil jubah temanmu sebagai gadai, maka haruslah engkau mengembalikannya kepadanya sebelum matahari terbenam.

Keluaran 22:26

Kumpulan Ayat Emas Alkitab Lainnya

Selain ayat-ayat di atas kami juga masih punya beberapa kumpulan ayat firman Tuhan lainnya yang tak kalah menarik. Anda bisa menyimaknya pada artikel-artikel berikut.

Akhir Kata

Itu saja beberapa ulasan singkat dari kami mengenai ayat emas alkitab tentang pencuri. Mari kita hindari sikap buruk tersebut dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus melalui doa.

Baca: