Contoh Perbuatan Dosa dalam Kristen

Kumpulan Perilaku Dosa Menurut Agama Kristen

Bersamakristus.org – Contoh perbuatan dosa dalam Kristen. Ketika kita hidup di dunia, ada dua jenis perbuatan berdasarkan sifatnya yang kita lakukan. Yaitu bersifat baik dan tercela.

Perbuatan tercela tentu saja akan mendapatkan dosa, alias hukuman dalam agama Kristen yang dapat kita terima di dunia atau setelah meninggal dunia nantinya dalam kehidupan setelah mati.

Maka dari itu setiap menyadari bahwa kita telah melakukan perbuatan salah kita harus mengucapkan doa pengakuan dosa Kristen yang ditujukan kepada Tuhan yang Kuasa.

Tapi agar dapat menghindari perbuatan dosa tersebut, kita juga harus menyadari beberapa contoh perbuatan dosa yang kerap dilakukan manusia dalam kehidupan beragama Kristen sehari-hari.

Di sini kami akan menjelaskan mengenai contoh perilaku dosa dalam agama Kristen. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan lengkap di bawah berikut ini.

Contoh Perbutan Dosa Kristen dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh perbuatan dosa dalam agama Kristen yang kadang kita lakukan tanpa disadari.

1. Khawatir Akan Esok

Khawatir akan hari esok adalah contoh perbuatan dosa yang sangat sering dilakukan oleh manusia. Ini sama saja kita memiliki rasa cemas akan hari esok. Baik itu kegalauan akan makanan apa yang perlu dimakan besok, bagaimana langkah mendapatkan duwit untuk mencukupi keperluan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Bukan hanya pada kaum dewasa saja, kekhawatiran ini juga muncul pada remaja dan anak muda, misalnya mengkhawatirkan soal nilai ujian atau hasil interview kerja. Berbagai macam kegalauan ini adalah suatu wujud keraguan kita akan janji-janji Tuhan Yesus bagi orang yakin dan kuasa Tuhan.

Pada dasarnya Tuhan yang menyesuaikan segala sesuatu untuk kita, yang sesuai dengan kebutuhan kita, dan yang terbaik untuk keadaan kita. Tetap lakukan saja yang Anda dapat lakukan bersama dengan semaksimal bisa saja dan serahkan sisanya kepada Tuhan.

2. Keserakahan

Meski banyak yang mungkin bersyukur atas berkat Tuhan, namun tampaknya masih banyak orang yang serakah. Buktinya, masih banyak yang tak memperdulikan orang lain meski telah memiliki harta berlimpah. Bahkan, orang seperti ini juga dapat cuma menyembah Tuhan untuk membantunya mendapatkan perihal–perihal yang dia inginkan.

Ingin menjadi yang terbaik dan mendapatkan hal–hal yang baik di dalam hidup sesungguhnya tidaklah salah. Yang keliru adalah misalnya keserakahan Anda telah terlampau tinggi agar Anda cuma memperalat sesama manusia dan lebih-lebih Tuhan untuk mendapatkan perihal yang Anda inginkan.

3. Penyembahan Berhala

Contoh perbuatan dosa di dalam kristen setelah itu adalah menyembah berhala. Artinya, di dalam iman Kristen kita tidak hanya Tuhan atau Allah yang ditinggikan, melainakn ada benda mati yang bisa kita lihat dengan mata, memiliki kedudukan setingkat mereka.

Di masa sekarang, mungkin kita bisa melihat penyembahan berhala menjadi semakin marak meski tak diumbar ke publik secara terbuka. Contoh penyembahan berhala yang nyata pada masa kita adalah penyembahan berhala pada uang.

Banyak pula orang Kristiani yang meragukan kuasa Tuhan, misalnya ketika keadaan mereka kekurangan uang. Hal ini mempunyai mereka untuk mengusahakan menyembah uang dan menjadikan uang hal yang paling utama sebab dengan uang mereka dapat membeli segalanya.

4. Sulit Mengampuni

Tak jarang kita dalam kehidupan sehari-hari merasa kecewa. Rasa kecewa ini juga sering berasal dari orang-orang terdekat. Kekecewan terhadap orang lain membuat kita sulit mengampuni, dan kita perlu membaca lagi renungan Kristen tentang mengampuni.

Kita tentu saja bisa berbuat salah, karena kita adalah manusia yang lemah dan tak berdaya. Tapi misalnya Allah Bapa dapat mengampuni kita dan sudi menerima kita lagi lebih-lebih hingga Ia mengorbankan Putra-Nya yang tunggal, mengapa kita tidak mencoba untuk lakukan hal yang serupa?

Tidak pikirkan apakah orang yang kita ampuni tadi akan tetap ulangi kesalahan yang serupa atau tidak, tapi paling tidak kita secara perlahan belajar untuk menjadi privat yang lebih baik. Dan percayalah Tuhan juga akan makin lama dekat bersama dengan Anda dan mencurahkan berkat-Nya untuk Anda.

5. Menjauhi Perbuatan Baik

Terkadang, cuma untuk kepopuleran belaka, kita lebih menentukan untuk lakukan perihal yang salah. Contoh konkretnya adalah lebih menentukan untuk mencuri duwit orang tua untuk membeli barang–barang high end yang sesungguhnya juga tidak dibutuhkan.

Tetapi, demi tuntutan popularitas Anda tetap melakukannya tanpa perhatikan keadaan keluarga Anda. Contoh lainnya adalah disaat tersedia dua teman Anda yang bertengkar dan Anda lebih menentukan diam dan pergi sebab was-was misalnya pihak yang lebih dominan menjadi membenci Anda dikemudian hari. Lakukanlah perihal yang benar sebab Tuhan dan bukan manusia.

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat yang membahas tentang contoh perbuatan dosa dalam agama kristen. Semoga dapat menambah wawasan kita terhadap beberapa contoh perbutan dosa menurut Kristen.

Akhir Kata

Tinggalkan komentar