Tujuan Kebudayaan Menurut Pandangan Kristen

Fungsi Budaya dalam Pandangan Alkitab

Bersamakristus.org – Tujuan kebudayaan menurut pandangan Kristen. Manusia tidak bisa melepaskan kehidupan masa sekarang dengan kebudayaan, apalagi dengan ajaran agama.

Memang benar, ada hubungan iman Kristen terhadap kebudayaan, dan hubungan ini terdiri dari dua macam. Yaitu hubungan positif yang bisa dimanfaatkan dan negatif dan harus dihindari.

Namun ada tujuan kebudayaan menurut pandangan agama Kristen. Tujuan dari kebudayaan tersebut haruslah kita pahami sehingga bisa menyikapinya dengan baik dalam kehidupan beragama.

Tapi mungkin masih banyak yang belum tahu apa tujuan dan fungsi dari kebudayaan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskannya secara rinci kepada Anda.

Tujuan Kebudayaan Menurut Pandangan Agama Kristen

Langsung saja di bawah ini ada beberapa penjelasan dan pembahasan mengenai tujuan kebudayaan menurut pandangan agama Kristen. Simak langsung ulasanny di bawah ini.

1. Memuliakan Allah

Tujuan kebudayaan dalam pandangan agama Kristen yaitu untuk memuliakan Allah atas kuasa serta kasih-Nya kepada manusia berdosa. Pada saat Allah menciptakan manusia pertama kali, tidak hanya memberikan sesuatu spesial yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan lain. Melainkan, Dia juga memberi hayat serta akal budi.

Tuhan ingin manusia bisa seturut kehendak-Nya dan menyenakgna Allah. Pada saat manusia jatuh ke dalam dosa, Allah juga tidak langsung meninggalkan mereka di dunia untuktersiksa, kemudian diberikannya kemampuan bercocok tanam sehingga mereka bisa mempertahankan hidup.

Seluruh pengetahuan diberikan supaya membantu memudahkan pekerjaan dunia yang dilakukannya. Selain itu juga untuk menjadikan manusia lebih bijak dalam mengambil keputusan. Dari sini kita bisa melihat awalnya Allah ingin supaya kebudayaan yagn tercipta bertujuan untuk memuliakan Tuhan.

Pemuliaan tersebut terjadi sesama manusia untuk saling mengasihi. Tapi seiring berjalannya waktu, tujuan awal ini berubah menjadi sarana untuk saling menunjukkan kelebihan tiap diri manusia secara individu atau kelompok. Secara tidak sadar sifat asli manusia yang harus memuliakan penciptanay malah berubah ke hal duniawi.

2. Membantu Pelayanan Gereja

Tujuan kebudayaan menurut pandangan Kristen sebelumnya yaitu untuk memulikan Allah, seiring berjalannya waktu pada saat Tuhan Yesus turun ke maut dan bangkit, kebudayaan memiliki fungsi tambahan. Fungsi tersebut adalah untuk membantu pelayaan kepada gereja.

Tuhan berfirman kepada manusia, pada waktu itu, ketika Dia terangkat ke surga untuk memberitakan Injil sampai ke seluruh dunia dan semua orang bisa mengetahui berita keselamatan ini. Kebudayaan yang ada di hidup manusia sehari-hari juga dipakai oleh Tuhan untuk membantu pelayanan gereja-Nya.

Tuhan mau kemajuan yang ada di dunia ini bisa memudahkan serta mempersingkat waktu untuk memberitakan Injil. Bahkan bila mungkin, Injil diberiakan sampai ke seluruh pelosok-pelosok dunia.

Tugas pelayanan tersebut dialkukan kaum beriman berdasarkan firman Tuhan, tidak hanya berhenti sampai orang-orang di dunia mengetahui janji keselamatan yang Tuhan berikan. Sebab Tuhan sudah melalui penyaliban untuk menebus dosa manusia, namun juga membuat mereka mendengarnya menjadi percaya.

3. Mengasihi Sesama

Berikutnya, tujuan kebudayaan lainnya dalam agama Kristen yaitu untuk mengasihi sesama manusia. Tuhan mau kita sebagai manusia mengasihi sesama, seperti kita mengasihi drii sendiri. Kebudayaan yang ada jika dilihat dengan seksama merupakan sarana yang menjadi ajang selisih satu dengan yang lain.

Pasalnya, mereka mengelompokkan dan membedakan dirinya dengan yang lain, sehingga kasih tidak bisa mereka berikan secara cuma-cuma ke yang bukan kelompoknya. Persaingan ini menunjukkan siapa yang lebih hemat dari yang lainnya juga bisa kita lihat dari berkembangnya teknologi, antar perusahaan, dan lainnya.

Sebagai manusia, hal tersebut bukan perkara yang mudah dilakukan, yaitu dengan menghindari kebudaaan yang tidak sesuai dengan firman Tuhan. Atau menjadi bijak dalam melihat kembali mana yang harusnya dipertahankan.

Semua itu kembali ke diri ktia sendiri, jangan mengandalkan diri sendiri untuk menghadapi segala perkara. Tapi, libatkanlah Tuhan dalam pergumulan dan kita bisa berserah kepada-Nya. Tuhan pasti akan menuntun kita bahkan ketika di jalan yang gelap.

Pengharapan manusia yang harus kita terapkan yaitu menyerahkan segala sesuatu ke tangan Tuhan. Sehingga Tuhan akan menggenggam tangan kita serta menuntut kita ke jalan yang baik, sesuai dengan janji Tuhan.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami mengenai tujuan kebudayaan dalam pandangan kristen. Mudah-mudahan bisa memberikan kita tambahan wawasan yang bisa bermanfaat bagi pendewasaan rohani.

Baca: