Cara Melunasi Hutang Secara Kristen

Cara Membayar Hutang Menurut Kristen

Bersamakristus.org – Cara melunasi hutang secara Kristen. Karena beberapa alasan, mungkin seseorang lebih memilih meminjam uang kepada orang lain dan melunasinya suatu saat nanti.

Cara melunasi hutang secara Kristen haruslah dilakukan dengan baik dan bertanggung jawab. Jika Anda berniat membayar pada hari Senin, lakukanlah pada hari Senin juga.

Pelunasan hutang juga harus dilakukan dengan ramah. Hal tersebut sama seperti pada saat kita meminjam hutang berupa harta atau benda kepada orang lain yang dipinjami.

Selain memanjatkan doa Kristen ketika terlilit hutang pada saat kesulitan melunasinya, ada banyak cara bayar hutang lain secara agama Kristen yang patut dipahami. Berikut ulasannya yang dirangkum dari banyak sumber.

Cara Melunasi Hutang Secara Agama Kristen

Langsung saja mari kita simak pembahasan lengkap mengenai cara melunasi hutang secara agama Kristen. Kita bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya dari berbagai sumber berikut.

1. Berikan Jaminan

Apabila engkau meminjamkan sesuatu kepada sesamamu, janganlah engkau masuk ke rumahnya untuk mengambil gadai dari padanya. Haruslah engkau tinggal berdiri di luar, dan orang yang kauberi pinjaman itu haruslah membawa gadai itu ke luar kepadamu.

Ulangan 24:10-11

Alkitab mengajarkan kita harus membawa gadai kepada orang yagnsudah memberikan pinjaman kepada kita. Artinya, ketika kita berhutang, kita harus memiliki jaminan. Berikanlah jaminan yang pantas untuk menjadi bukti bahwa kita akan bertanggung jawab akan pinjaman itu.

2. Lunasi dengan Kerja Keras

Seseorang yang bekerja kerasa adalah berkenan di hadapan Tuhan, kerja keras akan memberikan hasil yang baik jika kita bergantung kepada Allah. Tapi jika kerja keras tak memenuhi kebutuhan kita, hutang bisa menjadi pilihan terakhir, sayangnya kembali berhutang bukanlah pilihan.

Allah tidak mau kita tutup lubang gali lubang, Dia ingin kita menyeleasikan tanggung jawab sebelumnya, yaitu hutang yang sudah ada. Artinya kita harus bekerja keras dengan usaha kita sendiri agat hutang bisa lunas, bukannya berhutang kembali.

3. Tetap Menabung

Allah mau kita memiliki kebijaksanaan dalam penggunaan uang, menghabiskan uang yang dimiliki untuk melunasi hutang hanya akan membuat kita berhutang lagi. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan kehendak-Nya.

Berikanlah beberapa persen uang kita untuk melunasi hutang, namun tetap sisihkan sekian persen untuk kita tabung. Tabungan tersebut akan sangat berguna untuk melunasi kebutuhan kita di masa yang akan datang.

4. Lunasi Hutang Secara Bertahap

Cara melunasi hutang secara Kristen adalah melunasinya secaa bertahap. Kita harus bisa bernegosiasi sehingga tidak merugikan diri sendiri, salah satunya ialah dengan melakukan pelunasan hutang sedikit demi sedikit.

Contohnya setiap bulan atau setiap tenggat waktu yang kita bisa penuhi. Kita mengenal istilah ini dengan melakukan cicilan. Dengan menyicil, akan terasa sedikit lebih panjang memang, namun juga akan terasa lebih ringan.

5. Mengakui Keadaan Keuangan Sendiri

Hal yang cukup sering kita lupakan adalah mengakui kondisi keuangan sendiri. Kadang kita selalu merasa cukup, tidak berani mengakui bahwa sedang kesulitan. Tidak ada pengakuan tersebut membuat kita jatuh ke dalam kesulitan.

Kenalilah bagaimana kondisi kita dan akuilah hal tersebut. Pada saat kita kesulitan melakukan pelunasan, katakan saja sejujurnya kepada orang yang sudah meminjamkan. Lakukan negosiasi ulang dan cari cara lain yang lebih baik untuk menyelesaikannya.

6. Mohon Pertolongan Allah

Terakhir kita tidak boleh lupa untuk memohon pertolongan Allah. Kita adalah manusia biasa yang penuh kelemahan dan keterbatasan, hanya Allah yang bisa menyempurnakan kita. Menjadikan segala yang kita kerjakan berhasil.

Kita harus selalu memohon pertolongan Allah dalam melunasi hutang. Caranya dengan memanjatkan doa Kristen untuk melunasi hutang. Kita juga memohon supaya terus bisa dimampukan untuk bekerja keras.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara melunasi hutang dalam kristen. Intinya jangan pernah berhutang, dan jika terpaksa maka Anda bisa mengikuti cara melunasi hutang yang sudah dijelaskan di atas.

Baca: