Buah-buah Komuni Sakramen Ekaristi

Buah Komuni dari Sakramen Ekaristi

Bersamakristus.org – Buah-buah komuni sakramen ekaristi. Komuni dalam bahasa Yunani, yaitu koinonia, artinya persekutuan atau persaudaraan dan digunakan sedemikian rupa untuk hubungan umat Kristen.

Komuni juga berlaku pada saat menjalankan sakramen ekaristi. Sakramen ekaristi sendiri merupakan salah satu sakramen gereja Katolik, yang tepatnya merupakan perayaan Misa, liturgi ekaristis, dan sebagainya.

Pada saat menjalankan sakramen ekaristi, seseorang juga akan memperoleh buah-buah komuni. Buah-buah komuni tersebut bertujuan sebagai perwujudan iman agama Katolik.

Apa saja buah-buah komuni sakramen ekaristi? Mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahuinya, maka dari itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskanny secara rinci.

Ini Dia Buah-buah Komuni Sakramen Ekaristi

Tanpa banyak basa basi lagi mari langsung saja kita lihat bersama beberapa penjelasan tentang buah-buah komuni di dalam sakramen ekaristi. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Pewartaan Injil

Pertama yang sangat penting yaitu tanda ucapan syukur menjadi nyata, menjalankan semangat penginjilan yang diharapkan Tuhan. Ini menjadi buah yang cukup penting untuk diterpakan. Amanat agung penginjilan dalam Alkitab menjadi bukti nyata kita memaknai sakramen ekaristi untuk menaati kehendak Allah.

2. Mengucap Syukur

Pada saat menerima sakramen ekaristi, tentunya pencerminan dari keselamatan yang sudah ditawarkan Allah kepada umat-Nya. Sehingga, apabila mendapat kesempatan untuk makan dan minum tubuh darah Kristus, selayaknya kita memahami arti bersyukur menurut Alkitab sebagai kasih karunia yang tak terhingga.

3. Memaknai Keselamatan

Buah-buah sakramen ekaristi berikutnya yaitu memaknai mengapa kita percaya kepada Tuhan. Tentu saja karena ktia sudah diselamatkan melalui tubuh dan darah-Nya di kayu salib. Tidak ada yang lebih dalam daripada iman yang kita miliki kepada Tuhan.

4. Serupa dengan Allah

Menerima sakramen tentu saja artinya kita belajar untuk menjadi serupa dengan Allah. Salah satunya melalui hidup kudus dan berusaha untuk tidak berbuat dosa. Ini menjadi cerminan paling sempurna dari perwujudan sakramen gereja Katolik.

5. Menguduskan Diri

“Kuduslah kamu sebab Aku kudus”

1 Petrus 1:16

Gambaran ayat di atas bisa menjadi gambaran paling sesuai dari perjamuan suci sakramen ekaristi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makna sakramen ekaristi ini berarti kita menjadi satu dengan Allah.

Sementara Allah mau kita bisa tetap hidup kudus, karena Allah sendiri adalah kudus. Sehingga dengan demikian, segala perbuatan dan kelakuan kita setiap hari, apabila kita menerima sakramen komuni ekaristi dengan tulus, harusnya kita berlaku kudus sama seperti Allah.

6. Menjadi Satu dengan Allah

“Ambilah, makanlah, inilah tubuhKu”

Matius 26:26b

Ayat tersebut mengartikan bahwa Tuhan Yesus menghendaki dan mengizinkan rasul-Nya menerima bagian berupa tubuh-Nya. Secara otomatis siapa saja yang menerima bagian tubuh Allah, akan menjadi satu dengan Allah.

Makna yang terkandung di dalamnya bisa dipahami bahwa Tuhan ingin setiap kita yang telah ditebus, adalah milik-Nya dan bisa menjadi satu dengan Dia.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami mengenai buah-buah komuni dari sakramen ekaristi. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan rohani kita agar bisa memperoleh buah-buah komuni.

Baca: