Letak Surga Menurut Alkitab

Di Mana Lokasi Surga Kristen?

Bersamakristus.org – Letak surga menurut Alkitab. Surga dalam agama Kristen didefinisikan sebagai rumah atau tempat, bukan keadaan pikiran sebagaimana banyak sarjana dituntut untuk percaya.

Lalu sebagai tempat, surga menggambarkan sebagai tempat tinggal Yesus dan tempat yang indah untuk semua orang percaya. Di sana kita bisa benar-benar seperti Kristus dan menikmati hadirat Allah.

Kunci Kerajaan Surga bagi umat Kristen adalah percaya bahwa Yesus adalah bagian dari Allah atau bisa dikatakan jelmaan Allah dalam bentuk manusia. Perbuatan baik dan menghindari dosa juga menjadi penentu kita masuk surga.

Ketika kita tidak mengindahkan perintah Tuhan dan memperbanyak dosa di dalam agama Kristen, maka kta bisa masuk neraka. Artinya, orang Kristen telah mengganti imannya kepada iman di luar Yesus.

Pertanyaannya adalah di mana sebenarnya letak surga Allah menurut pandangan Alkitab? Bagi yang belum mengetahuinya, Anda bisa menyimak ulasannya pada pembahasan berikut ini.

Letak Surga Allah Menurut Pandangan Alkitab

Berikut beberapa pandangan tentang letak surga menurut pandangan agama Kristen. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Ajaran Katolik

Gereja Katolik menjelaskan jiwa-jiwa orang yang benar pada saat kematian akan bebas dari dosa, di sana memanfaatkan bahasa roh dalam kesehariannya. Surga merupakan tempat sempurna dan bahagia yang sudah dilakukan dari penyaliban Yesus yang diperoleh dari penglihatan Tuhan karena kasih-Nya kepada kita.

Dalam Alkitab tak dijelaskan secara eksplisit di mana letak surga itu, meski demikian kita bisa menyimpulkan sendiri bahwa surga tidak terdapat di dunia tetapi, terdapat di luar dunia, dan tidak di dalam batasan dunia dan juga tempat para orang kudus, malaikat, dan penghuni Kerajaan Allah berkumpul.

Salah satu ciri dari surga di dalam alkitab yang lebih tepatnya tertera di dalam 1 Korintus 2:9 yakni yang tidak dilihat oleh mata, tidak didengar oleh telinga, dan tidak dulu ti mbul di dalam hati seutuhnya di sajikan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.

2. New Catholic Encyclopedia

Dalam New Catholic Encyclopedia, dinyatakan bahwa surga adalah tempat paling baik untuk orang yang setia sampai akhir hidupnya. Banyak orang Kristen pun menyetujui pendapat ini.

3. Yudaisme

Yudaisme, oleh Rabi Bentzion Kravitz dinyatakan bahwa kehidupan sekarang lebih mutlak dibandingkan dengan kehidupan sehabis kematian tetapi, juga berpendapat bahwa di surga jiwa bakal meraasakan kesenangan, lebih tahu Allah, dan dekat dengan Allah. Meski pun begitu, Kravitz mengakui bahwa Yudaisme yakin bakal terdapatnya surga tetapi, hal ini tidak dicatat di dalam kitab taurat.

4. Hindu dan Budha

Orang Hindu dan Budha yakin bahwa surga membawa banyak tingkatan. Menurut ajaran mereka surga adalah tempat perhentian sementara. Seseorang yang dilahirkan kembali atau bereinkarnasi atau meraih nirwana adalah keadaan yang mereka anggap lebih mulia dibandingkan dengan surga.

5. Orang Awam

Banyak pula orang awam yang beranggapan bahwa surga itu tidak nyata alias hanya omong kosong belaka. Padahal ini bertentangan sesuai yang telah dijelaskan dalam Ayat Emas Alkitab Tentang Masuk Surga.

6. Dilihat dari Bahasa Ibrani

Dalam bahasa Ibrani surga bisa diumpamakan sebagai langit yang tinggi, artinya tempat yang mulia dan istimewa. Langit sanggup disimpulkan jadi atmosfer bumi tapi terkait pada konteksnya, surga sanggup disimpulkan jadi langit atau ruang angkasa.

7. Tempat Tinggal Allah

Alkitab menyatakan bahwa surga adalah tempat tinggal Allah dan terdapat para malaikat di sana. Di dalam 1 raja-raja 8 : 30 menuliskan bahwa surga adalah tempat kediaman Allah dan di dalam matius 18 : 10 di surga terdapat para malaikat.

Alkitab tidak mengajarkan bahwa bumi adalah tempat tinggal saat untuk manusia atau tempat untuk tunggu giliran meninggal kemudian naik ke surga. Alkitab meyakinkan Allah tidak dulu inginkan manusia binasa. Kenapa?

8. Beranak Cucu

Adam dan Hawa oleh Allah dijadikan pasangan manusia pertama yang beranak cucu supaya bumi jadi penuh. Bumi diciptakan untuk jadi tempat tinggal permanen bagi manusia dan mereka sanggup hidup untuk selamanya tetapi, jika manusia tidak taat kepada Allah maka mereka bakal binasa.

9. Tidak Taat

Roma 5:12 menuliskan bahwa dosa sudah masuk ke dunia gara-gara satu orang dan maut sudah menjalar kepada semua orang karena semua orang sudah berbuat dosa. Lalu karena manusia ppertama tidak taat maka keturunan mereka mengalami kematian.

10. Harapan

Dalam 2 Petrus 3:13 Allah menjanjikan langit baru bumi baru yang mana terdapat kebenaran. Melalui Kerajaan Allah, Ia inginkan mengembalikan keadaan bumi cocok dengan obyek awal.

Lalu pada Yohanes 5:28-29 dijelaskan bahwa orang yang mati dalam kebenaran bakal dibangkitkan dan peroleh hidup yang kekal tetapi, mereka yang berbuat jahat bakal bangkit untuk dihukum.

11. Neraka

Surga merupakan tempat yang digambarkan memiliki suasana damai, namun neraka penuh dengan api yang menyala-nyala. Saat Yesus mati di kayu salib, Ia pergi ke alam maut yang akitab jelaskan terdapat di bagian paling dasar bumi.

12. Tempat Tinggal

Di dalam yohanes 14 : 2-3, Yesus menyatakan Ia sedia kan tempat tinggal bagi kami gara-gara di rumah BapaNya banyak tempat tinggal dan Ia bakal kem bali untuk membawa orang yang yakin kepadaNya tinggal berbarengan dengan Dia.

13. Di Luar Jangkauan

Keberadaan surga sangat di luar akal asumsi dan jangkauan manusia. Manusia tidak sanggup berpikir mengenai hal-hal ilahi dengan logika tanpa dibimbing dengan roh kudus.

14. Menurut Yesaya

Yesaya menggambar surga dengan mendirikan rumah-rumah lantas mendiaminya, menanami kebun-kebun anggur, dan memakan buahnya gara-gara orang pillihanNya sepanjang umur pohon dan mereka nikmati pekerjaan tangannya.

Mereka tidak wajib bersusah payah dengan percuma dan tidak bakal melahirkan anak yang mati menadadak gara-gara keturunan mereka diberkati Tuhan dan anak cucu mereka dengan mereka. Sebelum mereka memanggil, Ia sudah menjawabnya dan mereka sedang berbicara, Ia sudah mendengarkannya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat mengenai letak surga kristen menurut alkitab. Semoga menjawab pertanyaan kita terkait surga yang selama ini dibayangkan saja.

Baca: