Syarat Masuk Surga Menurut Alkitab

Persyaratan Masuk ke Surga dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Syarat masuk surga menurut Alkitab. Istilah sorga atau surga dalam agama Kristen merujuk pada tempat yang kudus, tempat Allah berada saat ini. Di sana merupakan kehidupan kekal dan sempurna.

Dalam ayat Alkitab tentang masuk surga juga dijelaskan bahwa tempat ini begitu indah. Bahkan jauh lebih indah dibanding tempat terindah yang ada di muka bumi.

Manusia tidak akan pernah bisa membayangkannya, mereka hanya akan takjub jika sudah memasuki surga Allah. Tapi, syarat memasukinya bukan hal yang mudah dilakukan.

Syarat utama masuk surga dalam agama Kristen salah satunya adalah meyakini Tuhan dan Bapa, beriman atau percaya, serta berperilaku baik di dunia dan menghindari dosa.

Namun tu hanya ulasan singkat semata. Sementara menurut pandangan Alkitab, ada banyak sekali penjelasan lebih detail tentang syarat masuk surga dalam agama Kristen. Ulasannya bisa disimak di bawah ini.

Syarat Masuk Surga Menurut Pandangan Alkitab

Berikut beberapa syarat masuk surga menurut agama Kristen dalam pandangan Alkitab.

1. Menyangkal Dirinya

Semua manusia cenderung berbuat dosa, sehingga mereka sering melanggar perintah Tuhan dan mengabaikan pengampunan dosa. Namun manusia yang mengikut Kristus harus berkenan mengubah hidupnya dan meninggalkan kehidupan yang buruk.

Inilah yang disebut dengan menyangkal diri sendiri dan lahir baru oleh roh. Mematikan permohonan daging dan membebaskan Roh Kudus yang berkehendak. Walau begitu, bukan berarti manusia sangat dibatasi dan terkesan mempunyai aturan yang ketat. Yang Tuhan berkenan yaitu manusia berperilaku sesuai dengan dorongan Roh Kudus.

Manusia yang nyatanya mengakui menjadi pengikut Yesus harus menempatkan perintah-Nya di atas kepentingan pribadi. Dijelaskan oleh Yesus, siapa yang mengadihi bapa atau ibunya lebih daripada-Nya, ia tak layak bagi-Nya. Kemudian barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Nya, ia tidak layak bagi-Nya.

Pernyataan ini bukan berarti kita harus meninggalkan keluarga kita untuk mengikut Dia, tetapi yang Dia berkenan adalah agar kita menempatkan Dia di area terbaik di hati kita.

2. Memikul Salib

Dalam syarat berikutnya manusia harus memikul salib, artinya manusia berkenan menjamin bebannya masing-masing. Dalam Matius 10:38, Yesus menjelaskanbahwa barang siapa yang tidak memikul salibnya dan mengikut Dia, maka orang itu tidak layak bagi-Nya.

Tuhan ingin kita berproses dengan memikul beban. Sebab, Tuhan menciptakan manusia dengan suatu objek yang besar dan pasti kita tidak akan bisa hingga ke sana kalau Tuhan tidak mengajarkan dan edukatif kita.

Dengan memikul salib, maka Tuhan ingin kita bertumbuh dan berkembang di dalam-Nya. Tapi tenang saja, Tuhan pasti akan menambahkan beban sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

3. Mengikut Dia

Bukan karena perbuatan buruk, melainkan orang kaya lebih sulit masuk ke surga karena orang kaya lebih sulit menaati perintah yang pertama, yakni menyangkal dirinya. Bisakah dia meninggalkan harta dan mengikuti Yesus? Kemungkinan besar dia akan keberatan.

Karena orang yang mengakui mengikut Yesus harus berkenan meninggalkan kehidupan duniawinya dan lakukan perintah dan juga kehendak-Nya. Mereka harus berkenan hidup selamanya di dalam Yesus.

Meski demikian, bukan berarti orang yakin akan hidup susah selama hidupnya. Bukan itu maksud Allah. Allah mempunyai rencana-rencana besar dan Dia berkenan kita mengorbankan keperluan kita agar rencana Allah bisa terwujud.

Meski demikian, bukan berarti Allah juga menginginkna ktia hidup dalam kelimpahan, seperti yang dikatakan dalam Yohanes 10:10, bila kita melihat tiag konsekuensi tersebut, kita mungkin akan berpikir syarat masuk ke surga sangat sulit karena harus hidup sempurna serta meninggalkan keinginan duniawi.

Namun sebenarnya, Tuhan tidak mau kita berpikir layaknya itu. Tuhan lebih menyaksikan hati dan kesungguhan kita. Seberapa besar kerinduan kita untuk berkenan hidup di dalam-Nya.

Jangan biarkan dosa-dosa yang dikerjakan manusia mengintimidasi kita sehingga kita berpikir tidak layak untuk Dia. Asal kita bersungguh-sungguh, Roh Kudus akan menuntun dan mengajarkan kita untuk jadi lebih baik dan menuju kesempurnaan.

Jika kita melakukan dosa karena kelemahan, maka selamanya akan mendapatkan hukuman di dunia. Namun hukuman itu merupakan wujud kasih Tuhan kepada kita. Supaya kami bisa belajar dan mempertanggungjawabkan apa yang kami lakukan. Tuhan mau yang terbaik untuk kita.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat mengenai syarat masuk surga menurut alkitab kristen. Mari menjalani hal-hal tersebut agar kelak kita bisa masuk ke surga Allah yang luar biasa indah.

Baca:

Tinggalkan komentar