Asal Mula Dosa Menurut Alkitab

Awal Munculnya Dosa Berdasarkan Alkitab

Bersamakristus.org – Asal mula dosa menurut Alkitab. Manusia bukan makhluk yang suci, mereka pasti dalam sebuah kehidupan pernah melakukan keaslahan yang menimbulkan kerugian.

Kesalahan yang menimbulkan kerugian, terutama menyakiti diri sendiri maupun orang lain dinamakan dosa. Dalam agama Kristen, dosa ini sangat dilarang dan kalau bisa dihindari.

Tapi pada kenyataanya dalam beberapa momen kita tidak bisa menghindari dosa. Saat kita menyadarinya, kita pun dianjurkan untuk memanjatkan doa pengakuan dosa kristen.

Doa tersebut dipanjatkan kepada Tuhan untuk meminta maaf atas perbuatan salah yang kita lakukan. Selain itu juga berharap agar kita dijauhkan dari sifat mendekati dosa yang merugikan.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih asal usul dosa tersebut? Siapa yang memulainya dan bagaimana umat Kristiani bisa banyak yang terjerumus ke dalam perbuatan dosa? Berikut ulasannya.

Asal Mula Dosa dalam Kristen Menurut Alkitab

Meski sebenarnya akan lebih baik bagi Anda untuk jelas asal mula dosa menurut Alkitab seperti yang telah dipaparkan di atas, tapi tetap tersedia saja sebagian versi pengertian dosa asal atau asal mula dosa yang beredar dikalangan penduduk kita. Berikut ini akan menjabarkan sebagian versi tersebut:

1. Berasal dari Adam dan Hawa

Manusia memiliki dosa bahkan ketika baru pertama lahir ke dunia, dosa ini dbawa oleh Adam dan Hawa. Hal ini kearna mereka berdua adalah manusia pertama di bumi dan melakukan perbuatan dosa yang terus menurun. Manusia dianggap mewarisi doa dari Adam dan Hawa.

Mungkin sebagian orang yang memiliki pemikiran seperti ini seringkali lupa akan target kehadiran Yesus ke dunia. Penebusan dilaksanakan oleh Yesus dan bersama kehadiranNya, Ia mengembalikan interaksi manusia dan Allah yang telah terputus akibat perbuatan dosa Adam dan Hawa.

Penebusan dosa kerap disalahartikan banyak orang, pasalnya banyak yang mengira penebusan dosa sama seperti dosa dihapus. Padahal, penebusan berarti bahwa dosa Anda akan diampuni tapi sudah pasti tersedia sebagian perihal yang mesti Anda laksanakan sebagai bahan penebusan dosa Anda itu.

Lebih gampangnya, ibaratnya seperti penitensi yang Ada dapat setelah menyatakan dosa, selain melalui doa juga bisa melalui lagu rohani. Penitensi adalah salah satu cara yang mesti Anda laksanakan agar dosa Anda terampuni, tak sekedar itu Anda termasuk mesti mengupayakan sebaik kemungkinan agar dosa yang serupa tidak terulang kembali.

2. Berasal dari Orangtua

Pemahaman dosa juga bisa berasal dari orangtua. Dosa ii dikenal dengan dosa keturunan, karena kedua orangtua lahir memiliki dosa, maka dosa itu menurun atau melekat pada diri kita ketika dilahirkan ke dunia.

Meskipun dosa itu sendiri sanggup diwariskan baik itu berasal dari orang tua sang bayi ataupun berasal dari Adam dan Hawa, tapi Yesus sendiri telah berkunjung ke dunia dan menambahkan dirinya untuk berkorban bagi manusia untuk menebus dosa–dosa manusia itu sendiri.

Mungkin untuk menolong Anda jelas definisi dari dosa asal ini akan lebih baik termasuk bagi Anda untuk mempelajari dan jelas penjelasan akan pengampunan dosa di dalam kristen.

Fungsi Adanya Pembatisan

Anda perlu memahami pengertian dosa yang dijelaskan dalam Alkitab, silahkan baca lebih lanjut mengenai ayat Alkitab tentang dosa. Asal mula dosa menurut alkitab bermula terhadap selagi Hawa menentukan untuk memakan buah terlarang yang berada ditengah–tengah taman.

Hal ini menandakan bahwa Hawa tidak mempercayai akan niat dan konsep Bapa yang baik yang telah dipersiapkan untuknya. Ada banyak sekali contoh tingkah laku dosa didalam kristen yang seringkali kita lakukan.

Ada juga persepsi salah tentang dosa keturunan dalam Kristen, banyak yang menyebut dosa keturunan dari orangtua atau lebih kepada Adam dan Hawa. Tapi pada dasarnya bayi lahir secara suci dan tidak membawa dosa siapapun.

Pembaptisan memiliki fungsi mendukung bayi dalam pertumbuhannya menjadi manusia dewasa. Sehingga, si bayi tersebut bisa terhindar dari bisikan iblis yang sanggup menjatuhkan seseorang kedalam lubang dosa berkali–kali.

Bayi yang lahir ke dunia memiliki kecenderungan berbuat dosa, karena keadaan dunia yang telah berdosa pada saat ini. Manfaat sakramen baptis sebagai sakramen yang pertama kali diberikan adalah untuk mendukung mengikat hubungan antara manusia dengan Tuhan.

Bisa juga dikatakan bahwa kalau Anda menerima sakramen ini, Anda telah mengakui dan menerima keberadaan Tuhan didalam diri Anda.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat mengenai asal mula munculnya dosa dalam Alkitab. Semoga dapat menjadi penambah wawasan rohani tentang asal mula dosa dalam agama Kristen.

Baca: