Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Percaya

Fungsi dan Manfaat Roh Kudus bagi Umat Kristen

Bersamakristus.org – Peran roh kudus dalam kehidupan orang percaya. Sebagai orang yang telah menerima Kristus menjadi Tuhan dan juruselamat, tentunya kita juga harus mengundang Roh Kudus untuk masuk ke dalam kehidupan kita.

Setelah adanya pembaptisan yang berarti menghapuskan kita dari segala dosa dan bangkit menjadi pribadi yang baru, orang tersebut akan mengalami baptisan kedua. Baptisan ini dinamakan dengan baptisan Roh Kudus.

Roh Kudus berperan berbeda dari Yesus dan Bapa. Bila ada yang bertanya apa saja peran Roh Kudus, Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut.

Peran Roh Kudus bagi Kehidupan Orang Percaya

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di pembahasan berikut.

1. Roh Penghibur

Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

(Yohanes 14:26)

Roh Kudus sering diartikan sebagai roh penghibur, maksudnya, pribadi yang diberikan kepada umat-Nya setelah Yesus naik ke surga.

2. Roh Penolong

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.

(Yohanes 14:16)

Roh Kudus menjadi penolong saat kita membutuhkannya,. Suatu saat ketika kita mengalami keadaan mendesak, Roh Kudus akan memberikan solusi yang dapat kita terima melalui pengilhaman, firman Tuhan, mimpi, dan yang lainnya.

3. Roh Kebenaran

Pribadi Roh Kudus adalah penuh dengan kebenaran dan hikmat. Saat kita tak melakukan sesuatu yang sesuai dngan perintah Tuhan, Roh Kudus akan mengingatkan hal itu merupakna kesalaman.

4. Roh yang Lembut

Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.

(Markus 3:9)

Sebagai pribadi yang lembut, tak sepatutnya kita menduakan Roh Kudus yang ada di dalam hati kita. Roh Kudus mengundang-Nya masuk dan mengambil alih hidup kita, tapi bila kita tak menginginkan-Nya, Roh Kudus tidak akan memaksa.

5. Membentuk Sifat Manusia

Roh Kudus yang ada dalam hidup kita mengurangi dan mengubah sikap perbuatan yang tak berkenan di mata Tuhan. Misalnya dulu kita malas baca Alkitab, namun karena kita menerima Rih Kudus maka setiap saat kita akan mendapat pengertian bahwa kita seharusnya membaca Alkitab.

6. Memberi Karunia

Peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya berikutnya adalah memberikan karunia yang dari Tuhan. Karunia tersebut berbahasa roh, mengartikan bahasa roh, mimpi menjadi nyata, dan lainnya. Karunia tersebut diberikan sebagai kunci agar kita bisa berkomunikasi dengan Roh Kudus lebih dekat.

7. Memberi Kekuatan

Roh Kudus ada untuk membeeri kekuatan, entah kenapa saat kita mengalami hal buruk akan ada perasaan yang membuat kita kuat dan tegar dalam menghadapi setiap badai masalah. Roh Kudus hadir membantu kita dan menjadikan kita kuat agar dalam masalah-masalah berikutnya bisa lebih tegar.

8. Memberi Arahan

Dia yang ada dalam diri kita akan terus memberi arahan, bisa berbagai macam. Ini akan disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan kita saat ini. Di bawah pimpinan Roh Kudus, kita bisa tahu apa yang harus kita perbuat, yaitu sesuai dengan kehendak Tuhan.

9. Sebagai Sahabat

Wakaupun dengan segala kekuasaan-Nya tersebut, Roh Kudus tetap mau mendengarkan segala keluh kesah dan curhatan kita. Mungkin tidak segera dijawab, namun seiring berjalannya waktu akan ada suatu peristiwa, ajaran, hingga mimpi yang membuat kita menyadari jawaban Roh Kudus.

10. Roh Pelindung

Roh Kudus menjadi roh pelindung, akan selalu mengingatkan kita bila kita hampir mengalami musibah. Tiba-tiba saja misalnya saat kita berjalan, Roh Kudus mengingatkan untuk kita belok kanan, saat itu memang kita tak tahu apa maksudnya, setelahnya kita akan memahami bahwa kita sedang dihindarkan dari kecelakaan.

11. Membantu Menghasilkan Buah Pertobatan

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

(Galatia 5:22-23)

Roh Kudus membantu kita menghasilkan buah buah Roh Kudus seperti yang tertulis di atas, karena kita hidup harus memperhatikan buah pertobatan pada semua orang agar mereka percaya bhawa Yesus ada di dalam kita.

12. Menumbuhkan Iman Percaya

Roh Kudus akan membantu kita membangkitkan iman percaya kepada Yesus dan Bapa. Melalui Roh Kudus, kita memiliki kepercayaan kembali akan Tuhan sebagai Tuhan yang bisa melakukan segala sesuatu meskipun mustahil.

13. Memberikan Pikiran Roh

Peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya yang lainnya adalah agar kita bisa berpikir bukan dengan akal manusia, namun pikiran Tuhan. Sehingga setiap keputusan kita bisa tepat dan sesuai dengan yang Tuhan mau.

14. Memberikan Dorongan

Dorongan akan diberikan untuk kita agar melakukan hal yang baik. Saat kita ragu melakukan kebaikan, Roh Kudus memberi kita dorongan untuk melakukannya. Hal-hal baik muncul di dalam pikiran dan hati kita adalah dorongan Roh Kudus agar kita segera melakukannya.

15. Memberikan Keberanian

Kadang kita merasa tidak mampu melakukan banyak hal, kadang kita merasa takut bahwa yang kita lakukan itu salah atau tidak sempurna. Peran Roh Kudus ini yang akan muncul untuk memberikan setiap kita keberanian dalam melakukan segala sesuatu.

16. Membantu Berdoa

Berdoa merupakan hal yang sulit dilakukna jika kita tidak mengandalkan Roh Kudus. Roh Kudus akan membantu kita menyusun kata-kata yang digunakan saat berdoa. Tinggal kita minta saja saat berdoa agar Roh Kudus bekerja dan menyusun kata-kata, pasti tanpa kita sadari doa keluar begitu saja dari mulut kita.

17. Roh Pengajar

Pribadi Roh Kudus dicurahkan dengan tujuan memberi amnusia yagn tidak bertemu dengan Yesus secara langsung sebuah pengajaran mengenai pekerjaan-pekerjaan yang telah Tuhan lakukan. Penghibur memiliki makna bahwa Roh Kudus memberi kedamaian, ketenagnan, dan kesejukan saat kita mengalami kesesakan.

18. Membantu Membangkitkan Manusia dari Dosa

Roh Kudus membantu menolong kita untuk bisa bangkit dari dosa yang telah dilakukan. Bila kita terjatuh dalam dosa, untuk bisa bangkit dan meninggalkan dosa tersebut haruslah dilakukan sendiri, mintalah bantuan Roh Kudus agar kita bisa terlepas dari dosa.

19. Memberikan Pengharapan

Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

(Roma 15:13)

Roh Kudus berperan menjadi sumber pengharapan bagi orang percaya. Saat tada masalah atau kita tengah putus asa, Roh Kudus akan memberikan sebuah pengharapan.

20. Memberikan Sukacita

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

(Filipi 4:4)

Tuhan memerintahkan kita untuk bersukacita, sebab sukacita hadir dari dalam hati dan itu sebenarnya diberikan Roh Kudus.

21. Menyebarkan Kasih

Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

(Roma 5:5)

Manusia yang telah dipenuhi Roh Kudus akan meninggalkan segala bentuk kebencian dan menerapkan kasih yang telah diberikan oleh Roh Kudus. Peran Roh Kudus dalam kehiudpan orang percaya sehingga kasih yang ada di dalam hati kita akan terpancar melalui sikap kita kepada sesama.

22. Memberikan Fakta Ilahi dari Tuhan

Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

(1 Korintus 2:11)

Roh Kudus mengenal dan mengetahui segala rahasia Tuhan. Dengan kita bergaul karib dengan Roh Kudus, satu per satu fakta ilahi tersebut akan dibagikan kepada kita.

23. Menyatukan Manusia dengan Bapa

Roh Kudus menyatukan kita dengan Bapa. Melalui doa yang kita panjatkan atas tuntunan Roh Kudus, membuat kita semakin dekat dengan Bapa. Tanpa Roh Kudus, kita tidak akan memiliki perantara untuk makin dekat dengan Bapa.

24. Membentuk Manusia Memiliki Pribadi Seperti Yesus

Syarat agar peran ini bisa terjadi dalam hidup kita setelah menerima Roh Kudus adalah melibatkan Roh Kudus dalam kehidupan sehari-hari kita. Maka Roh Kudus akan mengarahkan kehidupan kita seperti pribadi Yesus.

25. Memberi Hikmah dan Wahyu

Roh Kudus suatu saat akan hadir dan memberikan beberapa hikmah dari setiap kejadian yang terjadi di dalam hidup kita. Selain itu Roh Kudus juga memberikan kita perwahyuan tentang segala sesuatu agar kita memahami dan bisa menyalurkannya pada orang lain.

26. Memberi Kemerdekaan

Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

(2 Korintus 3:17)

Maksud dri merdeka di sini adalah kemerdekaan dari dosa. Roh Kudus akan melepaskan kita dan memerdekakan kita dari segala keterikatan dosa.

27. Menguatkan Roh Manusia

Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu.

(Efesus 3:16)

Roh Kudus menguatkan jiwa kita saat terguncang, sehingga kita bisa cepat bangkit dan tak berlarut dalam kesedihan.

28. Mengajarkan Pembaharuan dalam Kita

Pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus.

(Titus 3:5)

29. Memimpin dalam Kebenaran

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

(Yohanes 16:13)

30. Memimpin Sebagai Anak Allah

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!” Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

(Roma 8:14-16)

Akhir Kata

Demikian informasi singkat mengenai peran dari roh kudus dalam kehidupan orang percaya. Semoga informasi ini menjelaskan kepada Anda mengenai peran dan kegunaan Roh Kudus yang hadir dalam kehidupan orang percaya.

Baca:

Tinggalkan komentar