Keturunan Nabi Nuh Menurut Alkitab

Anak Cucu Nuh Berdasarkan Alkitab

Bersamakristus.org – Keturunan Nabi Nuh menurut Alkitab. Firman Tuhan banyak menceritakan kisah masa lalu dari Nabi Nuh, dia menjadi salah satu nabi yang namanya sering disebutkan dalam Alkitab.

Terutama karena peristiwa air bah di masa lalu, yang membuat umat manusia tersapu bersih. Lalu bumi hanya menyisakan beberapa manusia yang selamat dengan bahtera Nuh yang terkenal itu.

Pertanyaan yang mungkin ada dalam benak umat Kristiani sampai sekarang mungkin adalah siapa saja keturunan anak cucu Nabi Nuh yang masih selamat menurut Alkitab. Memang ada beberapa penjelasan soal ini.

Bagi yang ingin mengetahuinya, untuk menambah wawasan rohani Kristiani, alangkah baiknya menyimak beberapa penjelasan dan uraian di bawah berikut. Akan kami jelaskan mengenai keturunan Nabi Nuh.

Keturunan Anak Cucu Nabi Nuh Menurut Alkitab

Berikut ulasan lengkap mengenai keturunan Nabi Nuh menurut pandangan Alkitab. Termasuk dengan keteladanan, karakter, dan contoh sikap yang bisa menjadi teladan.

1. Sem

Nama anak-anak Sem yang dituliskan dalam Kejadian 11 adalah Elam, Asyur, Arpakhsad, Lud, dan Aram. KEturunan Sem, lebih tepatnya Arpakhsad, hingga Terah, ayah dari Abram kemudian Tuhan beri nama Abraham.

Tuhan meminta Abraham pergi ke tanah Kanaan dan ketika sampai dekat Sikhem, saat itu masih didiami orang Kanaan, Tuhan berjanji negeri itu akan diberikan kepada keturunan Adam. Setelah puluhan tahun menunggu, Tuhan memberikannya Ishak.

Ishak memiliki dua anak, yaitu Esau dan Yakub. Yakub punya 13 anak, kemudian diganti namanya menjadi Israel. Bangsa inilah yang dipilih Tuhan untuk kelak mendiami tanah perjanjian yaitu Kanaan.

Pada ayat itu dikatakan “terpujilah TUHAN, Allah Sem”, bahwa keturunan Sem, nama Allah akan dipermuliakan. Mungkin saja demikian, karena garis keturunan Sem yang darinya kita dapatkan silsilah Yesus dari Yusuf dan Maria.

2. Yafet

Anak-anak Yafet menurut Kejadian 10 adalah Gomer, Magog, Madai, Yawan, Tubal, Mesekh, dan Tiras. Satu keturunnanya, yaitu Yawan emmiliki nama Tarsis, dipercaya menurunkan namanya kepada kota bernama Tarsis di Spanyol. Kitab Kejadian m enyebut dari keturunan Yafet berperncar bangsa-bangsa di Pesisir.

Alkitab King James Version dalam ayat itu lebih spesifik emnuliskan keturunan Yafet mendiami “isles of the Gentiles” (Gentiles = bangsa non-Yahudi; artinya mereka tinggal di luar wilayah Israel).

Usai runtuhnya menara Babel, keturunan Yafet menyebar ke Eropa Timur dan bagian utara Asia. Ada yang menyimpulkan mereka menyebar ke Yunani tapi ada juga yang menafsirkan kepulauan yang mereka datangi adalah Asia dan Pasifik.

Yafet sendiri dalam bahasa Ibrani memiliki arti luas dan perluasan. Hal ini cukup menarik karena dalam berkat yang diucapkan Nuh pada ayat di atas, Nuh memberkati Yafet dengan perluasan daerah kediamannya.

3. Ham

Anak-anak Ham adalah Kush, Misraim, Put, dan Kanaan. Dalam Kitab Kejadian Ham disebut secara khusus sebagai “Bapa Kanaan”. Dalam konetks perikop, panggilan “Bapa Kanaan” muncul, Ham melakukan kesalahan pada ayahnya, Nuh, seingga Nuh melayangkan kutuk terhadap Kanaan.

Setelah peristiaw the geat flood, Nuh berprofesi sebagai petani anggur. Suatu hari dia minum ait sampai mabuk dan telanjang di kemahnya. Ham melihat itu dan menceritakannya kepada Sem dan Yafet.

Sem dan Yafet pun menyiratkan bentuk penghormatan kepada ayah mereka: sambil berjalan mundur, mereka memasuki kemah Nuh sembari menutupi tubuh telanjang Nuh selimut tanpa melihatnya.

Dalam perikop itu dikatakan bahwa setelah mengetahui perbuatan terpuji yang dilakukan Sem dan Yafet serta perbuatan yang tidak menghormati yang dilakukan Ham, Nuh mengeluarkan kutuk bahwa Kanaan akan menjadi hamba Sem dan Yafet.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai keturunan nabi nuh menurut ayat alkitab. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat khususnya bagi yang ingin tahu keturunan Nabi Nuh.

Baca: