Kehidupan Yusuf dalam Alkitab

Kisah Hidup Yusuf Menurut Alkitab

Bersamakristus.org – Kisah kehidupan Yusuf dalam Alkitab. Cerita dan kisah Yusuf dalam Alkitab selalu menarik untuk dibahas, pasalnya dalam setiap masa lalunya ada hikmah baik yang dapat kita ambil sebagai pelajaran.

Seperti diketahui Yusuf merupakan putra pertama Yakub dari istrinya, yaitu Rahel. Yusuf merupakan putra kesebelas Yakub, dan dia hidup di masa kekuasaan Raja Fir’aun di Mesir yang begitu terkenal.

Salah satu yang menarik dari cerit Yusuf adalah harus menghadapi cobaan dan penderitaan. Tapi karena ketabahannya maka ia justu berhasil menjadi penguasa, sehingga kita diminta mencontoh dengna tetap tabah, jujur, dan setia pada jalan Tuhan.

Nah di bawah ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai kehidupan Yusuf dalam Alkitab. Anda bisa menyimak langsung ulasan dan uraian lengkapnya di bawah berikut ini.

Kisah Kehidupan Yusuf dalam Ayat Alkitab

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja mari simak penjelasan berikut tentang kisah dan cerita kehidupan Yusuf yang dijelaskan dalam ayat Alkitab di bawah ini.

1. Yusuf Lahir

Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki. Berkatalah ia: “Allah telah menghapuskan aibku.” Maka ia menamai anak itu Yusuf, sambil berkata: “Mudah-mudahan TUHAN menambah seorang anak laki-laki lagi bagiku.”

Kejadian 30:23-24

Akibat jebakan Laban, Yakub akhirnya punya dua istri yaitu Lea dan Rahel. Tapi Yakub lebih mengasihi Rahel sehingga Allah membuka kandungan Lea supaya Yakub juga mengasihinya. Ini membuat rahel sedikit bersedih, tapi kemudian Allah mengabulkan doa Rahel dan memberinya anak laki-laki bernama Yusuf.

Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.Setelah dilihat oleh saudra-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah.

Kejadian 37:3-4

Dibanding sebelas saudara lainnya, Yusuf menjadi anak yang palig dikasihi Yakub (kemudian dikenal dengan nama Israel). Tapi hal ini membuat saudara-saudaranya menjadi benci.

2. Mimpi Yusuf

Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya.

Kejadian 37:5

Lalu ia memimpikan pula mimpi yang lain, yang diceritakannya kepada saudara-saudaranya.

Kejadian 37:9a

Maka iri hatilah saudara-saudaranya kepadanya, tetapi ayahnya menyimpan hal itu dalam hatinya.

Kejadian 37:11

Di suatu malam Yusuf mendapat mimpi, pertama tentang cerita berkas gandum milik Yusuf tegak berdiri dan yang lain bersujud menyembah berkas miliknya. Mimpi kedua adalah ada matahari, bulan, dan sebelas bintang bersujud menyembah Yusuf.

Saat Yusuf menceritakan mimpi tersebut kepada saudara-saudaraya, rasa benci mereka kepada Yusuf pun semakin bertambah.

3. Yusuf Menjadi budak

Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.

Kejadian 37:28

Para saudaranya pun berniat jahat, mereka memasukkan Yusuf ke dalam sumur dan berniat membunuhnya. Tapi pada akhirnya mereka berubah pikiran dan menjualnya ke orang Ismael untuk menjadi budak, mereka menipu Yakub dengan mengatakan Yusuf telah dimakan binatang buas.

4. Yusuf Difitnah

Adapun Yusuf, ia dijual oleh orang Midian itu ke Mesir, kepada Potifar, seorang pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja.

Kejadian 37:36

Yusuf kemudian menjadi budak bagi pegawai istana Fir’aun, Potifar setelah dibeli dari orang Ismael. Tapi Tuhan sangat menyertai Yusuf sehingga membuat semua pekerjaannya berhasil dilakukan dna membuat Yusuf sangat dikasihi Potifar dan diberi kuasa atas segala miliknya.

Perkataan itu jugalah yang diceritakan perempuan itu kepada Potifar, katanya: “Hamba orang Ibrani yang kaubawa ke mari itu datang kepadaku untuk mempermainkan aku. Tetapi ketika aku berteriak sekeras-kerasnya, ditinggalkannya bajunya padaku, lalu ia lari ke luar.”

Kejadian 39:17-18

Karena ketampanan Yusuf, istri Potifar menggodanya, tapi Yusuf selalu menolak. Pada akhirnya Yusuf difitnah karena disebut telah meninggalkan bajunya di tangan istri Potifar. Ini membuat Potifar marah dan memenjarakan Yusuf id tempat tahanan raja. Tapi Tuhan memberkati Yusuf dan membuatnya dikasihi oleh kepala penjara.

5. Yusuf Menerjemahkan Mimpi

Kepala juru minuman itu dikembalikannya ke dalam jabatannya, sehingga ia menyampaikan pula piala ke tangan Firaun; tetapi kepala juru roti itu digantungnya, seperti yang ditakbirkan Yusuf kepada mereka.

Kejadian 40:21-22

Juru minum dan juru roti Fir’aun ditahan dalam penjara. Suatu hari keduanya bermimpi dan mereka menjadi resah karena tak seorangpun bisa menerjemahkannya. Saat itu juru minum ingat Yusuf dan memberi tahu Fir’aun.

Yusuf kemudian dipanggil untuk mengartikan mimpi Fir’aun itu. Dengan tafsirannya Yusuf menyeleamatkan Mesir dari bencana kelaparan, kemudian Yusuf diangkat menjadi orang kedua di Mesir.

7. Yusuf Mengampuni Saudara-saudaranya

Lalu kata Yusuf kepada saudara-saudaranya itu: “Marilah dekat-dekat.” Maka mendekatlah mereka. Katanya lagi: “Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir. Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu.

Kejadian 45:4-5

Karena butuh makanan, saudara-saudara Yusuf datang ke Mesir dan beretemu Yusuf. Mereka tidak kenal Yusuf tapi Yusuf mengenali mereka. Setelah banyak hal terjadi, Yusuf memperkenalkan dirinya kembali.

Tapi Yusuf tidak mengatakan dirinya dendam atau apa. Dia mengampuni dan mengerti bahwa segala yang terjadi dalam hidupnya adalah rancangan Allah. Dia memiliki iman dan kepercayaan yang sangat kuat.

Akhir Kata

Cukup sekian uraian yang kami bahas mengenai kehidupan yusuf dalam ayat alkitab. Mari kita mencontoh kisah-kisah teladan kehidupan Yusuf sebagaimana yang dijelaskan dalam Alkitab agar dapat diimplementasikan di kehidupan kita.

Baca: