Memukul Anak Menurut Alkitab

Memukul Anak dalam Pandangan Firman Tuhan

Bersamakristus.org – Memukul anak menurut Alkitab. Di masa sekarang kita menemukan banyak sekali kasus eksploitasi anak, salah satunya memukul anak kecil dan menyiksanya.

Sudah jelas bahwa hal tersebut bukan perbuatan yang baik. Sebaliknya, orang tua harusnya selalu memanjatkan doa Kristen untuk anak, supaya mereka beriman, selamat, dan sukses.

Ada banyak sekali hukum yang menjelaskan larangan memukul anak dalam agama Kristen berdasarkan Alkitab. Bila jarang membaca firman Tuhan, mungkin kita takkan pernah tahu.

Maka dari itu pada kesempatan ini akan kami jelaskan kepada Anda apa saja hukum memukul anak menurut pandangan Alkitab. Simak ulasan serta penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ajaran Memukul Anak

Kita akan memahami bahwa memang ada ayat yang membolehkan memukul anak. Tapi kita tidak bisa menelan ajaran itu mentah-mentah. Kita perlu analisa dan memahami secara keseluruhan, berikut beberapa ajarannya.

Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.

Amsal 13:24

Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.

Amsal 29:15

Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya.

Amsal 22:15

Di bibir orang berpengertian terdapat hikmat, tetapi pentung tersedia bagi punggung orang yang tidak berakal budi.

Amsal 10:13

Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Efesus 6:4

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Amsal 22:6

Hukum Memukul Anak Menurut Alkitab

Ini dia hukum memukul anak menurut pandangan Alkitab dan agama Kristen. Silahkan simak dan renungkan dalam hati masing-masing agar kita tidak melanggarnya.

1. Anak Jadi Tawar Hati

Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

Kolose 3:21

Memukul anak menurut Alkitab sangat rawan membuat mereka tawar hati. Sakit hati ini bisa menyebabkan mereka jadi terlalu takut dan melakukan kesalahan. Mereka akan menjadi terlalu takut untuk melangkah maju ke depan.

Bahkan mereka bias menjadi orang yang takut untuk bersosialisasi, hal ini tentu saja bukan merupakan hal yang baik bagi kehidupan anak. Jika seseorang anak menjadi tawar hati, ini malah akan menyulitkan orangtua.

2. Anak Semakin Memberontak

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Amsal 22:6

Orangtua perlu berkhikmat dalam memilih pola didikan anak, jika memang memukul anak tidak sesuai dengan kepribadian anak itu maka jangan dilakuakn. Hal itu akan membuat anak semakin kesal dan memberontak, bukan malah menjadi pribadi yang lebih baik.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai memukul anak menurut pandangan alkitab. Mari kita jauhi perbuatan kekanak-kanakan tersebut, sebagai orangtua harusnya kita memberi contoh yang baik.

Baca: