Penyebab Terjadinya Air Bah

Sebab Akibat Peristiwa Air Bah di Masa Lalu

Bersamakristus.org – Penyebab terjadinya air bah. Air bah terjadi pada zaman Nabi Nuh, menjadi salah satu peristiwa alam yang luar biasa dan melanda seluruh dunia.

Air tersebut menghancurkan sebagian besar kehidupan darat di permukaan bumi, dan menyisakan hanya 8 manis adan sejumlah binatang yang selamat karena terapung dalam bahtera yang dibuat oleh Nuh.

Disebutkan bahwa bencana tersebut meluap sampai 150 hari dan menutupi semua puncak-puncak gunung di kolong langit. Kemudian air tersebut surut dalam waktu 150 hari dan bahtera yang ditumpangi orang selamat terdampar di pegunungan Ararat.

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih penyebab terjadinya air bah menurut Kristen? Di sini kami akan menjelaskannya dirangkum dari berbagai sumber terpercaya serta Alkitab.

Penyebab Terjadinya Air Bah Menurut Kristen

Berikut beberapa pembahasan alasan terjadinya bencana air bah seperti yang sudah dijelaskan dalam ayat Alkitab atau firman Tuhan. Silahkan simak.

1. Rencana Allah

Berfirmanlah Allah kepada Nuh: “Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi.”

Kejadian 6:13

Dari ayat di atas dijelaskan kenapa Allah merencanakan air bah di bumi. Hal tersebut karnea di zaman itu manusia dianggap sudah melakukan banyak perbuatan dosa dan susah untuk diarahkan kepada Allah.

Maka dari itu Allah murka, Dia merasa kecewa karena umat-Nya melakukan berbagai macam kekerasan dan kejahatan serta melupakan komunikasi atau doa kepada Allah. Akhirnya, Allah hanya menyelamatkan Nuh yang dilihat-Nya sebagai satu-satuya yang masih taat.

2. Menghapus Dunia

Dan jikalau Allah tidak menyayangkan dunia purba, tetapi hanya menyelamatkan Nuh, pemberita kebenaran itu, dengan tujuh orang lain, ketika Ia mendatangkan air bah atas dunia orang-orang yang fasik.

2 Petrus 2:5

Dari ayat di atas dijelaskan salah satu alasan Allah menghapuskan dunia purba dari muka bumi Allah yaitu memandang dunia purba bukan sesuatu yang baik. Sehingga, Allah menyelamatkan hanya yang terpilih saja di bahtera Nuh dan membiarkan air bah terjadi.

Sebaiknya umat Kristen berdoa dan bersyukur untuk kasih Allah melalui kebijakan yang sudah Allah lakukan di masa lalu. Melalui tuntunan Roh Kudus, Allah mau agar umat manusia tidak lagi berpaling dari-Nya.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu penjelasan dan pembahasan dari kami mengenai penyebab terjadinya bencana air bah. Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin mengetahui apa sebab terjadinya air bah dalam pandangan agama Kristen.

Baca: