Doa Katolik Untuk Membuka Mata Batin

Doa dan cara untuk membuka mata batin secara katolik dalam diri

Bersamakristus.org – Doa katolik untuk membuka mata batin. Mungkin sebagian orang masih beranggapan negatif mengenai mata batin. Sebab kebanyakan pandangan masyarakat Indonesia mengenai mata batin hanya terfokus pada makhluk yang tidak terlihat saja.

Namun lebih dari itu, terbukanya mata batin merupakan salah satu keuntungan bagi manusia sebab ia akan lebih mudah memahami orang lain , lebih peka terhadap rangsangan dari sekitar.

Contohnya apabila orang sedang marah, maka ia akan lebih cepat mengerti bahwa orang tersebut harus didiamkan atau ditenangkan. Jika ada orang bersedih, ia akan lebih paham bahwa orang tersebut harus dihibur.

Membuka mata batin bukanlah perkara yang mudah, peka dengan keadaan sekitar pun demikian, berbagai cara dapat dilakukan, termasuk salah satunya adalah cara-cara membuka mata batin secara rohani Kristen.

Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa cara serta doa yang dapat dipanjatkan kepada Tuhan agar Tuhan membantu membuka mata batin agar terbuka lebar. Silahkan disimak.

Cara Membuka Mata Batin Menurut Katolik

Mmeiliki mata batin yang terbuka adalah suatu karunia yang tidak dimiliki semua orang. Hanya orang tertentu dan istimewa yang dapat memilikinya. Berikut adalah beberapa cara untuk membuka mata batin secara Katolik.

1. Rajin Berdoa

Cara paling mudah untuk membuka mata batin menurut agama Kristen yang pertama adalah dengan membiasakan diri berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah, Bapa di Surga.

2. Membaca dan Menghayati Alkitab

Kemudian kita juga bisa memahami dan memaknai setiap kandungan ayat-ayat yang terdapat pada Alkitab. Karena Firman Allah itu nyata dan tentunya Alkitab merefeksikan dan membuat renungan tentang hidup.

3. Berpuasa

Berpuasa juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu membuka mata batin menurut Kristen karena hal tersebut dapat membantu kepribadian orang menjadi lebih baik.

4. Meditasi

Meditasi secara rutin juga dapat menunjang usaha Anda untuk mendapat karunia mata batin yang terbuka. Dengan meditasi, dapat membantu Anda untuk lebih dapat mengoreksi diri.

5. Minta Petunjuk Tuhan

Segala cara di atas tidak akan berguna apabila Tuhan tidak berkenan memberikan Anda kemampuan yang berupa karunia ini. Lakukan segala cara dengan maksimal serta kembali serahkan semuanya kepada Allah.

Baca:

Contoh Doa Katolik Untuk Membuka Mata Batin

Berikut adalah beberapa contoh doa untuk membuka mata batin, melebarkan mata jiwa dan hati seseorang agar lebih peka dan lebih paham situasi serta kondisi sekitar.

1. Doa Katolik Membuka Mata Batin

Tuhan yang maha baik, terimakasih telah memberi kami banyak penyertaan dalam hidup, segala macam kebaikan dan keburukan yang saya alami dapat membuat saya lebih mengerti akan kepedulian terhadap orang lain.

Namun akhir-akhir ini saya kadang merasa salah bertindak hingga membuat orang lain bersedih karana saya tanpa saya ketahui. Mungkin karena mata batin saya belum cukup terbuka untuk memahaminya.

Maka dari itu Tuhan, dengan segala kerendahan hati bantulah saya untuk membukakan mata batin dalam hati saya. Biarlah saya menjadi manusia yang lebih peduli dan peka serta dapat bertindak sesuai kondisi. Melalui perantara Roh Kudus, doa ini saya panjatkan. Amin.

2. Doa Katolik Bebaskan Mata Batin

Bapa yang maha baik, terimakasih telah memberi saya kesempatan dalam hidup untuk bertemu dengan banyak orang yang begitu baik dan begitu antusias untuk menyembah dan memuliakan nama-Mu.

Ya Bapa, dalam pergaulan sosial, saya bukanlah orang yang baik. Kadang saya bertindak sesuka hati sehingga menyebabkan orang lain merugi atas perbuatan saya. Maka dengan segala kerendahan hati, bimbinglah saya agar dapat menjadi manusia yang lebih baik.

Bantulah saya dalam setiap langkah mengambil keputusan. Jadikanlah saya agar tidak salah menanggapi perasaan orang lain, dan bukakanlah pintu hati serta mata batin saya agar dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepannya. Amin.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang contoh doa katolik untuk membuka mata batin, mudah-mudahan dengan doa tersebut dapat membantu kita agar mata batin terbuka Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar