Cara Berdoa Agar Dikabulkan

Cara berdoa kristen agar dijawab karena tuhan yesus menjawab doa dengan 3 cara

Bersamakristus.org – Cara berdoa kristen agar dikabulkan. Ada banyak alasan yang menyebabkan Tuhan Yesus tidak mau menjawab doa kita, ada pula berbagai alasan yang membuat doa terkabul.

Sebagai manusia, yang bisa kita lakukan hanyalah terus berusaha dengan kerja keras untuk meraih dan menggapai apa yang kita cita-citakan dan apa yang kita harapkan.

Dan jangan lupa selalu berdoa karena doa merupakan pendukung usaha agar membuahkan hasil seperti yang kita inginkan. Ingatlah bahwa Tuhan yang memiliki kuasa atas segala sesuatu, termasuk pengabulan doa kita.

Ketika sebuah doa terkabul, maka ucapkanlah syukur kepada Tuhan dengan cara memanjatkan doa ucapan syukur kristen. Karena tanpa-Nya, apa yang kita miliki saat ini tidak akan kita peroleh.

Selain itu, ketika doa tidak dikabulkan, percayalah bahwa Tuhan dan Allah, Bapa Surgawi kita memiliki rencana yang lebih baik untuk kita dan sepantasnya kita terima karena itu adalah yang terbaik.

Syarat Doa Dikabulkan Tuhan

Terdapat beberapa syarat agar doa dijawab atau dikabulkan oleh Tuhan melalui kuasa kudus-Nya. Setidaknya, ada 3 alasan Tuhan menjawab doa kita. Berikut adalah penjelasannya.

1. Tuhan Mengabulkan Doa

Tuhan tahu mana yang terbaik untuk kita, Tuhan tahu isi hati kita dan apa yang sebenarnya kita inginkan bahkan hal-hal yang tanpa kita sadari sekalipun, Tuhan lebih tahu.

Tuhan akan mengabulkan doa seseorang apabila doa yang dipanjatkan tersebut dapat membawa perubahan positif dalam hidup kita, bukan justru menimbulkan bahaya dan bencana.

2. Tuhan Menolak Doa

Sebaliknya, Tuhan tidak akan mengambulkan permintaan dan permohonan kita apabila doa yang kita panjatkan ternyata bukan pilihan yang terbaik untuk hidup kita.

Maka dari itu, janganlah bersedih ketika ada keinginan yang tidak tercapai. Ketika kita gagal, Tuhan sebenarnya telah menyiapkan sesuatu yang lebih baik untuk diri kita.

3. Tuhan Menunda Doa

Tuhan bisa saja mengabulkan doa kita secara langsung, namun Dia lebih tahu apa konsekuensi jika kita menerima pengabulan doa. Tuhan lebih tahu kapan waktu terbaik untuk kita menerimanya.

Oleh karena itu, teruslah berdoa dengan tekun. Barangkali Tuhan tidak mengabulkan doa kita saat ini, namun Tuhan bisa saja memberikannya besok, lusa, atau beberapa hari ke depan.

Baca:

Cara Berdoa Kristen Agar Dikabulkan

Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa cara atau tips agar Tuhan mengabulkan doa kita. Berikut ini adalah cara berdoa dalam agama Kristen Protestan atau Katolik supaya dikabulkan Tuhan.

1. Dalam Nama Tuhan Yesus

Yang pertama dan paling penting adalah selalu panjatkan doa atas nama Tuhan Yesus sebagai Juruselamat, penolong segala umat, dan perantara sampaian doa kepada Bapa.

Seperti seorang anak kecil yang lemah, apabila menginginkan sesuatu pasti mengatakannya terlebih dahulu ke Ayahnya. Begitu pun dengan kita, sebagai seorang anak Tuhan yang lemah dan penuh dosa, maka doa yang dipanjatkan harusnya hanya kepada Tuhan Yesus.

2. Dengan Iman dan Kepercayaan

Iman artinya percaya kepada hal-hal Surgawi, termasuk Tuhan, malaikat, surga dan neraka, serta Allah, Bapa Surgawi kita yang memiliki kuasa untuk mengabulkan doa siapa saja.

Berdoalah dengan penuh kepercayaan bahwa Tuhan akan mengabulkan dan memenuhi permintaan kita. Percayalah pada doa yang kita panjatkan bahwa setiap kaliamtnya, mencerminkan keinginan terbesar kita.

3. Tulus Dari Hati

Doa bukan sekedar perkataan yang keluar dari mulut saja. Doa juga bukan hanya sekedar rangkaian kalimat indah yang keluar dari mulut kita. Melainkan sebuah pengharapan dan keinginan terbesar yang muncul dari jiwa.

Maka dari itu, ketika berdoa kepada Tuhan kita harus sepenuhnya mengutamakan hati kita. Ikuti kata hati, sadari apa keinginan kita, kemudian jadikan pergumulan dalam ibadah.

4. Sesuai Kehendak Allah

Manusia memiliki rencana, dan kadang kita beranggapan bahwa rencana yang kita miliki merupakan keputusan terbaik untuk kelanjutan hidup kini, nanti, dan selamanya.

Namun jangan pernah melangkahi kehendak Tuhan, jangan memaksakan doa agar terkabul. Melainkan berdoalah, agar doa yang kita panjatkan sesuai dengan kehendak dari Tuhan. Agar Tuhan menyetuji dan mengabulkannya.

5. Menurut Firman-Nya

Setiap perkataan Tuhan merupakan petunjuk bagi kita yang hidup. Segalanya tercantum pada Alkitab dan tertera dalam setiap ayat emas yang ada di dalamnya.

Berdoa mengikuti petunjuk Tuhan, petunjuk untuk kehidupan meruapakan hal yang sangat diutamakan. Karena Tuhan tidak akan pernah memberi petunjuk yang salah kepada manusia.

6. Merendah di Hadapan-Nya

Kita adalah manusia yang lemah, manusia yang penuh dosa, dan manusia yang banyak tidak menyadari akan perbuatan dosanya bahkan kerap mengulangi kesalahan yang sama di waktu yang berbeda.

Maka ketika berdoa, sebaiknya awali dengan permohonan maaf, untuk merendah di hadapan Tuhan karena sebagai manusia yang penuh dosa, sebenarnya kita tidak pantas memohon banyak hal kepada Tuhan.

7. Mendatangkan Kebaikan

Dan yang terakhir adalah berdoalah untuk hal-hal yang membawa kebaikan. Jangan pernah memanjatkan doa yang menimbulkan perpecahan, pertikaian, musibah, atau bencana.

Tuhan pasti tidak akan mengabulkan doa dari orang-orang yang berharap hal negatif. Karena Bapa memiliki rencana sendiri untuk memberikan pencobaan kepada masing-masing manusia.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang cara berdoa agar dikabulkan, mudah-mudahan dengan memahami artikel ini dapat meningkatkan iman kepada Tuhan, memahami diri sendiri dan kedekatan terhadap Tuhan yang kudus.

Baca:

Tinggalkan komentar