Doa Kristen Untuk Orang Meninggal

Contoh doa kristen katolik protestan untuk orang yang meninggal atau doa penghiburan bagi keluarga meninggal

Bersamakristus.org – Doa kristen untuk orang meninggal dunia. Setiap yang datang pasti akan kembali. Setiap yang lahir pasti akan meninggal dunia, itulah manusia. Suatu saat, akan ada masa di mana seseorang berhenti dari kehidupan.

Sebagai orang yang masih hidup, ketika ada saudara, kerabat, teman, orang tua, atau rekan kerja yang meninggal dunia pasti kita akan merasa sedih, suasana akan diliputi duka dan berkabung.

Bersedih ketika kehilangan seseorang yang disayangi bukanlah sebuah perbuatan yang buru. Justru itu bagus karena menunjukkan rasa kehilangan terhadap orang yang kita cintai.

Namun jangan terlalu larut dalam kesedihan. Tangisan sebaiknya berbatas. Rasa sedih sebaiknya tidak membuat aktifitas normal sehari-hari kita menjadi terhambat. Selain itu, kesedihan juga akan membuat upacara doa kepada orang yang meninggal menjadi terganggu.

Bagi yang kerabat keluarganya meninggal dunia, jangan lupa doakan mereka agar tenang di alam sana, supaya bahagia di Surga Allah dan agar mendapat pelukan hangat serta tuntunan dari Tuhan Yesus menuju Surga.

Di bawah ini kami memiliki beberapa contoh teks kalimat doa kristen untuk orang yang telah meninggal dunia, doa penghiburan yang berduka, mendoakan orang mati, dan sebagainya.

Contoh Doa Kristen Untuk Orang Meninggal

Di bawah ini merupakan beberapa contoh doa kristen untuk orang yang telah meninggal dunia secara singkat, pendek, dan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

1. Doa Penghiburan Bagi yang Berduka

Bapa, berkat-Mu selalu menyertai manusia di mukabumi tanpa pandang apakah ia manusia suci atau berdosa. Bapa, kami berterimakasih atas segala yang Engkau berikan dalam hidup kami.

Selama hidup, kami akan terus mendapat berkat dari-Mu. Biarlah itu menjadi pendekat diantara kita, agar hati dan jiwa kami lebih mengenal keberadaan Bapa, Tuhan secara personal.

Ketika meninggal, pertolongan Tuhan tak lantas berhenti. Melainkan Dia terus membimbing kami agar mampu melewati jalan menuju Surga-Mu, Ya Bapa. Maka biarlah kami yang berkumpul pada hari ini menyadari akan itu.

Cinta Api Kristus tak akan pernah padam, bahkan semakin membesar setiap saat. Pertolongan Tuhan tak akan berhenti, bahkan hingga akhir zaman kelak. Termasuk untuk saudara kami yang telah meninggal dunia.

Ya Tuhan, bimbinglah saudara kami agar dapat menuju Surga Bapa yang Indah. Ya Bapa, ampunilah dosa yang selalu diperbuat saudara kami dan buatkanlah ia rumah di Surga dengan indah.

Sehingga pikiran kami menjadi lebih tenang, kesedihan yang ada menjadi reda, dan hati kami menjadi lebih terhibur. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa memohon pertolongan. Amin.

2. Doa Penghiburan Kristen Protestan

Tuhan Yesus, baru saja kami kehilangan salah satu orang yang paling kami sayangi. (sebut nama) telah meninggalkan banyak kenangan dan kebaikan untuk kami. Dia pun telah mengajarkan kami untuk mengenal-Mu lebih dekat.

Dengan segala kerendahan hati, kami mohon kepada-Mu selamatkanlah dia di sana. Bimbinglah dia agar dapat menuju Surga Bapa yang mulia. Hapuskan segala dosa dan penyesalannya semasa hidup.

Kemudian, berkatilah kami agar lebih ikhlas menerima, supaya hati dan jiwa kami tak lagi bersedih. Agar kami dapat kembali menjalani rutinitas sehari-hari dengan normal.

3. Doa Kristen Untuk Orang Meninggal

Yesus yang baik, terimakasih telah memberikan berkat kepada kami sehingga dapat berkumpul pada acara pemakaman salah satu kerabat kami yang baru saja meninggal dunia beberapa hari yang lalu.

Bapa, (sebut nama) adalah orang yang sangat baik. Almarhum selalu membantu kami ketika ada kesulitan, menciptakan keseruan ditengah kegundahan, dan mengingatkan kami untuk selalu rindu berdoa dan beribadah kepada-Mu.

Hingga saat ini, kami masih belum menyangka bahwa (sebut nama) telah pergi dari hidup kami untuk lebih dekat dengan-Mu. Kepergiannya memicu duka dan kesedihan. Meninggalkan istri, anak, keluarga, dan orang-orang yang sayang terhadapnya.

Ya Bapa, ampunilah dosa yang telah ia perbuat. Berkatilah dia agar dapat masuk ke surga-Mu karena kebaikannya. Buatkanlah rumah yang indah untuk ia tinggali di sana.

Terakhir, berkatilah kami yang ditinggalkan, agar ikhlas dan menerima keputusan dari-Mu. Hilangkan sedih dan bangkitkan sukacita. Karena keputusan-Mu, adalah yang terbaik untuk semua makhluk. Haleluya, Amin.

Baca:

Contoh Doa Katolik Untuk Orang Meninggal

Di bawah ini adalah beberapa contoh doa katolik untuk orang yang sudah meninggal dunia, wafat, atau semacamnya. Silahkan simak contoh teks kalimat doa katolik di bawah ini.

1. Doa Untuk Orang Meninggal Katolik

Yesus Kristus, puji Tuhan, terimakasih Engkau telah mempertemukan kami dengan (sebut nama). Seorang teman yang sangat dekat dengan kami bahkan kami telah menganggapnya sebagai seperti keluarga sendiri.

Ya Tuhan, (sebut nama) adalah orang yang sangat baik dan bijaksana. Dia selalu membantu ketika kami dirundung kesulitan, dia selalu mengulurkan tangan ketika kami membutuhkan pertolongan.

Engkau pun tahu segala kebaikannya terhadap kami. Oleh karena itu, dengan kuasa-Mu kami mohon agar seluruh dosanya diampuni, sehingga ia dapat diterima di sisi Bapa yang baik.

Berkatilah dia untuk menerima apa yang pantas sesuai dengan perbuatannya di dunia. Berkatilah pula kami agar dapat mewarisi ilmu dan kebaikannya. Kami yakin, Engkau Tuhan yang maha baik. Haleluya. Amin.

2. Doa Untuk Arwah Katolik

Bapa di Surga, cinta api Kristus takkan pernah padam, penyertaan dan pertolongan Tuhan pun tak akan pernah berhenti. Namun hidup manusia memiliki keterbatasan waktu.

Bapa, kami tahu bahwa seluruh manusia di muka bumi ini akan meninggal di waktu yang telah Engkau tentukan. Maka biarlah meninggalnya (sebut nama) menjadi keputusan yang tepat oleh-Mu.

Biarlah dia tenang di alam sana, biarlah kerabat kami untuk mendapat apa yang layak dia dapat sesuai dengan perbuatannya di dunia. Segala kebaikan dan ketulusannya takkan pernah kami lupakan sepanjang hidup.

Ya Bapa, kami mohon penuhilah hari-harinya di surga dengan sukacita. Begitupun dengan kami, penuhilah hari kami dengan kegembiraan. Kiranya Engkau membuka hati kami agar lebih ikhlas sehingga dapat mewarisi kebaikan dan ketulusannya. Amin.

3. Doa Katolik Untuk Orang yang Sudah Meninggal

Allah, Bapa Surgawi kami, Engkau telah memanggil (sebut nama) di tengah kehidupan kami agar dia lebih dekat bersama-Mu. Sekarang, dia telah bersama-Mu namun perasaan kami masih menyatu bersamanya.

Kami yakin kehidupannya hanya diubah, bukan dihancurkan, diubah menjadi kehidupan yang bahagia dan abadi. Sebab sebagai anak-Mu, kami merasa sama-sama berada dalam tubuh Kristus.

Bapa, tolong ampunilah segala dosa yang ia perbuat. Ia telah meninggal secara Kristus, maka biarlah ia pun bangkit seperti Kristus. Sebab kebaikannya selama didunia tak terbatas.

Kami pun berdoa untuk orang-orang yang lebih awal mendahului kami, agar Engkau berkati dengan belas kasih kerahiman-Mu, supaya mereka mendapat kebahagiaan di tengah kudus-Mu.

Ya Bapa, seluruh pergumulan ini kami sampaikan bersama perantara Yesus Kristus, dalam persekutuan Roh Kudus, saat ini, nanti, dan selamanya. Haleluya. Amin.

Akhir Kata

Demikian beberapa contoh doa kristen untuk orang meninggal. Mudah-mudahan dengan berdoa, arwah atau roh kerabat dan keluarga yang tellah meninggal dunia dapat diampuni dosanya dan ditempatkan di Surga Bapa.

Baca:

Tinggalkan komentar