Buah-buah Sakramen Krisma

Buah Sakramen Krisma Menurut Katolik

Bersamakristus.org – Buah-buah sakramen krisma. Dalam kepercayaan agama Katolik, terdapat beberapa macam sakramen yang dikenal, salah satunya adalah sakramen Krisma.

Sakramen krisma diharapkan bisa dimiliki oleh anak yang beranjak dewasa. Jenis sakramen ini merupakan sakramen pendewasaan, diberikan untuk memberi tanda bahwa seseorang anak sudah mulai menginjak usia tertentu.

Tapi di sini yang paling penting adalah peneguhan iman rasuli seorang anak pada saat dia sadar memilih mengikuti Kristus. Pada saat itu, seorang anak harus yakin pada keteguhannya untuk tidak meninggalkan iman.

Maka dari itu ada banyak buah-buah yang dihadapkan ketika seroang anak memutuskan menerima sakramen tersebut. Bagi yang masih belum tahu, berikut ini beberapa buah-buah sakramen krisma.

Buah-buah Sakramen Krisma dalam Katolik

Langsung saja ini dia beberapa buah-buah sakramen krisma dalam pandangan agama Katolik. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

1. Dewasa Iman

Sakramen krisma memang diperuntukkan bagi anak yang berusia 13 tahun, karena iman seorang anak berubah menjadi yang tidak mengerti konsep mengerti keyakinan yang dipilihnya. Sehingga, diharapkan seseorang memenuhi syarat menerima sakramen krisma.

Seorang anak pada saat itu diminta untuk mengakui Tuhan Yesus dengan sepenuh hati dan mulai mengalami pendewasaan iman. Sehingga, kepercayaan kepada Tuhan Yesus bukan hanya percaya karena sejak lahir demikian saja, melainkan dia dengan sadar memilih untuk menjadi pengikut Kristus.

2. Pertobatan

Ketika menerima sakramen Krisma, anak sudah cukup memahami konsep keyakinan yang dia pilih. Maka dari itu dengan sakrmen tersebut, dihadapkan seorang anak mulai mengeerti akan contoh perbuatan dosa Kristen.

Bertobat menjadi hal yang penting untuk memperbaharui iman. Dengan tobat, orang mengakui seluruh dosa yang pernah di aperbuat dan membiarkan dirinya menuju lahir baru dalam Tuhan Yesus. Di sini, iman agama Kristen diperbaharui secara nyata.

3. Keselamatan

Buah-buah sakramen krisma berikutnya yaitu termausk memahami konspe keselamatan yang ditawarkan iman Kristen. MAka dari itu dengan menerima sakramen ini, seorang anak diharapkan memahami bahwa dia sudah diselamatkan lewat kayu salib.

Ini merupakan inti meyakini iman dalam agama Kristen. Keyakinan tersebut merupakan keselamatan yang akan diperoleh karena kasih karunia dari Tuhan Yesus.

4. Mengasihi

Dengan menerima sakramen yang mendewasakan ini, seorang anak remaja diharapkan memahami amanat Tuhan, yaitu karena sudah menerima keselamatan maka sebaiknya kabarkan keselamatan itu melalui kasih kepada sesama.

Lewat tindakan mengasihi ini, hukum kasih dalam Alkitab yang diperintahkan Tuhan akan terpancar pada kehidupan umat Kristiani. Ini yang membedakan umat Kristiani dengan lainnya, yaitu rasa kasih begitu besar karena Tuhan lebih dulu mengasihi kita.

5. Pemberitaan Injil

Dengan menerima sakramen krisma, bukan hanya keslematan dan janji Tuhan saja yang diperoleh, namun juga ada kewajiban yang perlu dilaksanakan. Salah satunya yaitu sesuai amanat agung penginjilan.

Sudah menjadi kewajiban semua orang untuk memberitakan kabar baik Injil. Melalui pemberitaan itu, Allah dimuliakan, karena lewat pemberitaan ini kasih karunia dan keselamatan Allah bisa diketahui oleh semua orang, bukan hanya diri sendiri saja.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami mengenai buah-buah sakramen krisma katolik. Semoga dengan artikel ini, kita bisa menjalani sakramen krisma dengan lebih baik serta mendapatkan buah-nya.

Baca: