Makna Sakramen Krisma

Maksud Diadakannya Sakramen Krisma

Bersamakristus.org – Makna sakramen krisma. Sakramen krisma menjadi salah satu liturgi yang dikerjakan pada ajaran Katolik. Tujuannya untuk penguatan iman bagi anak atau remaja.

Ketika menerima sakramen krisma, tentu saja seorang anak atau remaja dihadapkan menerima buah-buah sakramen krisma. Salah satunya ialah semakin memantapkan iman terhadap Tuhan Yesus.

Tidak hanya itu saja, makna atau masud sakramen krisma dalam agama Katolik juga sangat banyak. Bagi yang ingin melakoni sakramen ini, tentu saja harus memahami maknanya terlebih dahulu.

Ketika berhasil memahami sakramen krisma, Anda bisa lebih memiliki niat dan keinginan untuk menjalaninya dengan baik. Buah-buah yang diharapkan pun bisa terwujud di kemudian hari.

Makna Sakramen Krisma dalam Agama Katolik

Di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda apa saja makna sakramen krisma menurut pandangan agama Katolik. Anda dapat melihat uraiannya pada pembahasan di bawah ini.

1. Peneguhan Iman

Dengan menerima sakramen krisma, anak remaja akan diteguhkan hatinya untuk bisa tetap percaya pada Kristus dan memilih memikul salib yang Tuhan tawarkan. Bukan cuma keselamatan dan kasih karunia saja, melainkan juga supaya bisa menjadi bagian untuk memikul tanda salib Katolik.

Ini yang harus dimaknai ketika mulai bertumbuh dewasa. Sehingga, untuk menjadi orang percaya bukan berarti hanya memandang keselamatan saja, melainkan juga mengerjakan keselamatan tersebut.

2. Mengabarkan Injil

Dalam makna sakramen krisma, ketika remaja menerimanya maka dia memiliki kewajiban yang Tuhan tanamkan di hidupnya sebagai balasan kasih karunia Allah. Kewajibannya dengan mengabarkan Injil, ini juga menjadi refleksi orang percaya. Firman Tuhan bukan cuma dimiliki diri sendiri saja, melainkan juga akan menjadi bagian untuk orang lain yang ada di sekitar.

3. Keselamatan

Makna sakramen krisma selanjutnya yaitu berupa keselamatan yang diterima secara pribadi sebagai anugerah dari Tuhan Yesus sendiri. Lewat saktamen ini artinya remaja mengakui Tuhan Yesus sebagai juru selamat pribadi sehingga sudah ditebus dari dosa masa lalu maupun kutuk nenek moyagn, sehingga bercaya bahwa jiwanya telah diselamatkan oleh Tuhan.

4. Pertobatan

Menerima sakramen krisma juga berarti melakukan pertobatan. Karena melalui sakramen ini, kedewasaan imannya akan menuntut untuk bertobat dan mengakui kesalahan di masa lalu. Maka dari itu makna yang dierima remaja pada sakramen ini jauh lebih dalam untuk membawa menuju pertobatan dan mencari jati diri.

5. Lahir Baru

Krisma juga menjadi sakramen ajang bagi anak untuk lahir baru serta menerima Yesus Kristus yang pribadi dalam hidupnya. Ini menjadi poin penting yang perlu dimaknai ketika menerima sakramen tersebut. Anak secara sadar mengakui Tuhan, bukan karena paksaan namun karena pilihan hatinya.

6. Dewasa Iman

Terakhir, mereka yang menerima sakramen ini berarti sudah menjadi lebih dewasa dalam pola pikir dan pandangan imannya. Sesuai dengan usia bertambah maka kedewasaan iman juga bertambah, dari yang belum mengerti menjadi tahu tujua karunia Roh Kudus.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang makna sakramen krisma katolik. Semoga bisa menjelaskan kepada Anda apa saja makna sakramen Krisma menurut pandangan agama Katolik.

Baca: