Ayat Alkitab Tentang Hari Sabat

Ayat Firman Tuhan Mengenai Perayaan Sabat

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang hari sabat. Dalam agama Kristen, sabat adalah hari Tuhan. Hari itu ditetapkan setiap hari minggu untuk beristirahat dan beribadat.

Di masa Perjanjian Lama, umat perjanjian Allah sudah menguduskan hari Sabat pada hari ketujuh di setiap minggu. Sebab Allah beristirahat pada hari ketujuh ketika Allah telah selesai menciptakan bumi dan seisinya.

Bicara mengenai sejarah hari sabat, ada banyak sekali penjelasan yang dituliskan di dalam Alkitab. Kita pun bisa mempelajarinya dari ayat-ayat emas yang terdapat di dalam firman Tuhan.

Ayat-ayat ini kemudian bisa dipakai sebagai renungan, saat teduh, maupun pada saat melaksanakan pembacaan firman Tuhan ibadah hari sabat. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Ayat Emas Alkitab Tentang Hari Sabat

Langsung saja, di bawah ini merupakan beberapa ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang hari sabat. Anda bisa menyimak dan menjelaskannya pada uraian pembahasan di bawah ini.

“Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.”

Keluaran 20:8

“Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.”

Lukas 13:10

“Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:”

Kolose 2:13,14

“Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.”

Ibrani 4:9

“Jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat.”

Markus 2:28

“Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.”

Matius 24:20

“Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat.”

Matius 12:12

“Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu , telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.”

Roma 15:4

“Dan karena itu orang-orang Yahudi berusaha menganiaya Yesus, karena Ia melakukan hal-hal itu pada hari Sabat.”

Yohanes 5:16

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Kami juga punya sejumlah ayat-ayat Alkitab yang bisa dijadikan renungan atau saat teduh. Semuanya sudah kami tulis di blog ini, dan bisa Anda simak pada pembahasan berikut.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang ayat emas alkitab tentang hari sabat. Semoga ayat-ayat di atas bisa bermanfaat, untuk memahami arti dan makna perayaan hari tersebut bagi umat Kristen.

Baca: