Tanggung Jawab Setelah Menerima Sakramen Krisma

Kewajiban Sesudah Mendapatkan Sakramen Krisma

Bersamakristus.org – Tanggung jawab setelah menerima sakramen krisma. Krisma merupakan sakramen yang terdapat dalam kepercayaan Katolik, dan biasanya dilakukan saat masih muda.

Sakramen krisma bertujuan untuk menjadi simbol kedewasaan iman akan Tuhan Yesus yang siap menyebarkan kerajaan Allah. Oleh karena itu penerimaannya tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ada banyak syarat menerima sakramen Krisma yang harus dipenuhi. Bila tidak, seseorang tak bisa melaksanakan pemenuhan sakramen krisma tersebut yang dipimpin oleh seorang pendeta.

Tapi selain syarat sebelum menerima, ada juga tanggung jawab umat Katolik setelah meneriam sakramen Krisma. Tanggung jawab ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi insan percaya.

Tanggung Jawab Umat Katolik Setelah Menerima Sakramen Krisma

Apa saja tanggung jawab yang harus dilakukan seseorang ketika sudah menerima sakramen krisma? Bagi yang masih belum mengetahuinya, bisa menyimak ulasan berikut ini.

1. Jadi Saksi Kristus

Setelah menerima sakramen krisma, orang diharapkan bisa lebih giat mnejaid saksi Kristus. Bukan cuma lewat perkataan, melainkan melalui perbuatan, sikap, tingkah laku, karya, dan cara hidupnya.

Dengan kekuatan roh kudus, penerimaan sakramen krisna diharapkan bisa membuat orang lebih mencintai Allah, makin dewasa rohani, dan sadar akan tanggung jawab gerejanya. Orang juga diharapkan untuk aktif memajukan dan mengembangkan gereja dan pelayanannya.

2. Memperhatikan Kristus

Umat Katolik juga dituntut untuk lebih dewasa rohani, salah satunya terlihat dalam kasih kepada Kristus. Diharapkan dia memiliki kasih yang membuatnya ingin memberikan dirinya bagi Kristus, serta ikut dalam karua keselamatan-Nya. Dia memusatkan perhatian kepada Kristus, bukan keinginan sendiri.

3. Memberikan Diri untuk Pekerjaan Allah

Tanggung jawab setelah menerima sakramen krisma berikutnya diharapkan dia rela memberikan diri untuk pekerjaan Allah di dunia, mewartakan karya-Nya. Dia juga harus menjadi garam dan terang dunia. Penerimaan sakramen ini mempunyai tanggung jawab untuk melayani, mewartakan Injil, dan mengambil bagian dalam msi menyelamatkan manusia dari dosa.

4. Memikul Salib

Tuhan mengizinkan kegagalan dan duka datang kepada kita, sebab hal itu serupa dengan salib yang akan membuat umat-Nya bertumbuh dalam iman. Penerimaan sakramen krisma diharapkan membuat orang rela memikul salib, sehingga dia bisa terus tumbuh dan semakin serupa dengan Kristus.

5. Mengikuti Seluruh Kehendak Tuhan

Penerima sakramen krisma juga bertanggung jawab memiliki kedewasaan rohan dalam ajaran dan kehendak Tuhan. Tidak lagi egois mengikuti ajaran atau kehendaknya sendiri saja.

Semua ajaran dan kehendak Allah, termasuk memberi ampun orang bersalah, mendoakan orang yang jahat kepada kita, menjahkan diri dari nafsu dunia, dan sebagainya. Semuanya harus diikuti, meski hal tersebut sulit untuk dilakukan.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai tanggung ajawab katolik setelah menerima sakramen krisma. Semoga kita bisa menjadi bertanggung jawab setelah menerima salah satu sakramen dalam Katolik tersebut.

Baca: