Syarat Menerima Sakramen Krisma

Ketentuan Penerimaan Sakramen Krisma

Bersamakristus.org – Syarat menerima sakramen Krisma. Seorang umat Katolik yang hendak menerima sakramen krisma perlu mengetahui beberapa hal yang dipersyaratkan terlebih dahulu.

Syarat dan ketentuan penerimaan sakramen ini perlu dipenuhi. Tujuannya supaya kita benar-benar siap dalam penerimaan, serta tidak mengganggu jalannya kegiatan nantinya.

Seperti diketahui sakramen krisma adalah salah satu sakramen di gereja Katolik. Sakramen ini merupakan tanda kedewasaan seseorang, penguatan iman, dan menerima Kristus secara lebih dewasa.

Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi pada saat penerimaan sakramen krisma? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan ulasannya bisa Anda baca pada pembahasan di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan Menerima Sakramen Krisma

Tanpa banyak basa basi lagi mari langsung saja kita simak pembahasan mengenai syarat dan ketentuan menerima sakramen Krisma. Berikut penjelasan lengkapnya hanya untuk Anda.

1. Sudah Dibaptis

Syarat utama bagi orang untuk bisa menerima sakramen krisma yaitu memiliki iman Katolik. Seseorang juga harus tergabugn dalam kesatuan Katolik serta dibaptis secara Katolik pulsa.

2. Usia Minimal 14 Tahun

Penerimaan sakramen krisma menyempurnakan inisiasi dan melengkapi rahmat pembaptisan. Lewat sakramen ini, umat Katolik menerima karunia Roh Kudus dan diikat secara lebih kuat serta sempurna dengan gereja.

Seseorang yang sudah menerima sakramen krisma dituntut untuk memiliki tanggung jawab iman. Sehingga, mereka harus berada di usia yang cukup untuk bisa mempertanggungjawabkan kedewasaan imannya.

3. Mengikuti Pembinaan Khusus

Sebelum menerima sakramen krisma, seseorang wajib mengikuti pertemuan yang dijadwalkan oleh tim katekese untuk melakukan pembinaan calon penerima sakramen krisma. Umumnya ada 8 tema berbeda yang dibawakan.

Temanya mengenai apa itu sakramen, Krisus sebagai dasar sakramen, 7 sakramen dalan gereja katolik, sakramentali, unsur-unsur sakramen, syarat-syarat menerima sakramen, serta pelaksanaan sakramen- sakramen. Setiap calon penerima sakramen wajib ikuti semua pertemuan agar dapat mengerti tentang sakramen yang akan diterimanya.

4. Dewasa Secara Iman dan Rohani

Seseorang yang sudha dewasa secara rohani bisa menghayati arti sakramen baptis yang sudah diterimanya, serta bertindak menurut dorongan Roh Kudus. Dia bisa melihat dari sudut pandang Allah dalam setiap hal di kehidupannya, mempercayai rahmat, kasih, dan rancangan-Nya yang indah.

5. Mengikuti Sakramen Pengakuan Dosa

Agar bisa menerima sakramen krisma, orang harus berada dalam kondisi rahmat, memiliki sikap hati yang bersih, tidak melakukan dosa berat sebelumnya. Maka dari itu sebelum menerima sakramen krisma, orang Katolik wajib megikuti sakramen tobat sehingga dia berada dalam kondisi yang layak.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai syarat ketentuan menerima sakramen krisma. Semoga artikel di atas menjelaskan kita apa saja syarat yang diperlukan untuk menerima sakramen krisma.

Baca: