Unsur Unsur Liturgi

Unsur-unsur Liturgi dalam Gereja

Bersamakristus.org – Unsur unsur liturgi dalam gereja. Liturgi merupakan istilah yang ada dalam bahasa Yunani, yakni leitourgia yang berarti kerja berama. Kerja bersama ini mengandung makna peribadatan.

Dalam agama Kristen dan kehidupan ibadah di gereja tentu saja peribadatan ini merujuk pada penyembahan terhadap Allah dan pelaksanaan kasih.

Pada umumnya istilah liturgi lebih banyak digunakan dalam trdisi Kristen, antara lain umat Katolik. Seperti tata liturgi tahbisan imamat yang sebelumnya pernah kami bahas di lain kesempatan.

Liturgi tentu saja memiliki unsur-unsur yang mendasarinya, sehingga dengan unsur tersebut terjadilah peribadatan yang bertujuan untuk menyembah dan memuji Allah.

Nah pada kesempatan ini kami ingi mengulas tentang unsur unsur liturgi di dalma gereja Kristen. Anda bisa langsung menyimak ulasannya di bawah berikut ini.

Unsur Unsur Liturgi di dalam Gereja Kristen

Tanpa banyak basa basi kembali langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang unsur-unsur liturgi di dalam gereja Kristen. Simak pembahasannya berikut dirangkum dari berbagai sumber.

1. Votum

Votum adalah deklarasi dimulainya ibadah yang dibaca oleh liturgis atau pemimpin ibadah bahwa Tuhan sudah ada di tengah-tengah jemaat untuk membimbing jemaat dalam laksanakan ibadah.

Ini berbeda dengan doa pembukaan ibadah Kristen, pasalnya doa pembukaan ibadah dibaca setelah votum berlangsung. Biasanya, votum berbunyi: ‘Ibadah ini diawali dalam penyertaan Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus’.

2. Pengakuan Dosa

Kita sadar bahwa manusia di dunia ini tak pernah luput dari dosa. Di dalam sebuah kebaktian, jemaat perlu memohon pengampunan dosa berasal dari Tuhan serta mengakui dosa-dosa yang sudah diperbuat selama ini.

Pada saat pernyataan dosa, bisa melalui doa pengakuan dosa Kristen atau nyanyi lagu rohani pengakuan dosa, jemaat perlu merendahkan hati dan dirinya di hadapan Tuhan yang sudah hadir dalam ibadah untuk memohon pengampunan dosa.

3. Pemberitaan Firman atau Khotbah

Unsur liturgi berikutnya, yakni pemberitaan firman kebanyakan terbagi atas 2 jenis, yaitu Epistela (Mazmur) dan Evangelium.

Epistel atau Mazmur

Epistel atau mazmur adalah ayat yang menjadi pengantar khotbah pada Hari Minggu. Ayat ini dibacakan oleh unsur-unsur Liturgi bersama bersama jemaat dan bakal dijadikan sebagai tidak benar satu bahan khotbah yang bakal dibawakan oleh Pendeta atau Gembala saat ibadah.

Evangelium

Evangelium merupakan ayat yang menjadi bahan utama khotbah. Ayat ini bakal dibacakan oleh pendeta atau gembala. Bahan khotbah ini bakal disinkronisasikan bersama ayat epistel.

Pendeta, gembala, atau mengkhotbah dalam evangelium bukan membaca pesan yang disampaikan oleh pengkhotbah, melainkan firman Tuhan yang disampaikan lewat pengkhotbah lewat perantaraan Roh Kudus kepada jemaat.

Gembala yang menyampaikan firman Tuhan tak bisa sembarangan. Tujuannya supaya pesan Tuhan sanggup tersampaikan bersama baik dan benar kepada jemaat.

4. Jawaban Umat

Firman Tuhan yang sudah diperantarai oleh gembala perlu direspon oleh jemaat. Respon jemaat pada pesan Tuhan itu terbagi atas bagian utama, yaitu pengakuan iman dan persembahan.

Pengakuan Iman

Iman Kristen jemaat diakui melalui pengakuan iman rasuli yang sudah disepakati di Konsili Nicea pada abad ke-4. Pengakuan iman ini diucapkan oleh semua jemaat yang hadir dan diarahkan oleh liturgis dan dipimpin oleh karunia Roh Kudus.

Persembahan

Persembahan syukur diberikan melalui doa ucapan syukur Kristen serta memberi tambahan harganya kepada Tuhan (persepuluhan). Harta selanjutnya kebanyakan dipakai untuk pengurusan gereja.

Persembahan syukur tidak cuma bersifat materi saja, sanggup saja bersifat lagu pujian, janji untuk melayani di dalam gereja, dan janji untuk melayani di dalam masyarakat.

5. Penerimaan Berkat

Setelah ibadah selesai, jemaat perlu menerima berkat berasal dari Roh Kudus yang diberikan lewat perantara gembala yang memimpin ibadah. Penerimaan berkat adalah bukti bahwa jemaat sudah mendengar firman Tuhan dan diutus untuk bersaksi perihal kebenaran Kristus. Dari sini, kita sanggup menyimpulkan bahwa ibadah adalah pendidikan bagi umat manusia untuk menyampaikan berita kebaikan kepada umat di dunia.

Akhir Kata

Mungkin cukup sampai di sini pembahasan mengenai unsur unsur liturgi di dalam gereja. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda terkait unsur-unsur yang ada di dalam liturgi gereja Kristen.

Baca:

Tinggalkan komentar