Asal Usul Kristen Ortodoks Syiria

Asal Usul Perkembangan Kristen Ortodoks Syiria

Bersamakristus.org – Asal usul Kristen ortodoks Syiria. Dahulu Indonesia pernah dihebohkan dengan munculnya Kristen Ortodoks Syiria. Agama ini memiliki kemiripan yang begitu kental dengan Islam.

Mungkin tak banyak yang mengetahuinya bahwa Kristen Ortodoks Syria atau Suriah (KOS) ini sebenarnya sudah ada sejak abad 5 Masehi. Bahkan lebih tua dari agama Islam yang lahir jauh setelah itu.

Sebenarnya, Kristen atau Gereja Ortodoks Suriah merupakan gereja yang berpusat di bagian timur Laut Tengah. Gereja ini didirikan di Antiokhia oleh Rasul Petrus, pemimpin rasul yang dianggap patriarkh pertama dari Tahta Suci Rasuliah Antiokhia.

Karena dianggap ajaran yang tidak sesuai, maka banyak yang mengabaikannya. Namun jika mengetahui informasi asal usul atau sejarahnya saja bukan masalah kan? Dan tentunya ada manfaat dari hal ini.

Salah satunya adalah memberi kita kewaspadaan terhadap munculnya Kristen Ortodoks Syiria, dan kita bisa menghindarinya karena telah mengetahui ciri-cirinya secara lengkap.

Perpecahan Gereja Sebelum Datangnya Ortodoks Syiria

Awalnya, Gereja Alexandria, Gereja Roma, dan Kaisar Konstatin mengalami perpecahan. Perselisihan yang berlangsung di antara ketiga pihak tersebut memicu dibentuknya Konsili Kalkedonia yang mempunyai tujuan untuk membicarakan tentang ketuhanan demi mengembalikan keutuhan gereja dikarenakan terdapatnya perbedaan pendapat dari ketiga belah pihak tersebut.

Konsili ini sayangnya hanya membuat permasalahan tambah runyam, gereja makin sulit dipersatukan kembali bahkan akhirnya muncul dua gereja. Sisi yang pertama adalah Kristen Protestan dan Katolik yang tetap mempercayai bahwa Tuhan Yesus mempunyai dua pembawaan yakni pembawaan keAllahan dan pembawaan manusia (biasanya termasuk dikenal sebagai 100% Allah dan 100% manusia) yang berpusat di Roma dan Bizantium.

Perpecahan yang membuahkan terdapatnya segi kedua di dalam gereja yakni Kristen Ortodoks pada saat itu berpusat di Alexandria dan Antakia maka sudah pasti bangsa-bangsa disekitar kedua area itu secara tidak segera termasuk bakal dipengaruhi dengan terdapatnya aliran agama kristen ortodoks ini. Salah satu bangsa yang dipengaruhi adalah bangsa syria.

Bukti Sejarah:

  • Penganut Kristen Ortodoks termasuk mengklaim bahwa mereka mempunyai bukti histori yang mendukung keberadaan aliran agama mereka.
  • Sejarah mereka sudah pasti berbeda dengan sejarah Gereja Perdana. Penganut kristen ortodoks mengklaim bahwa mereka mempunyai Injil pertama yang mengfungsikan bahasa Arab Syiria.
  • Dan mereka termasuk tidak berkenan menyebut Yesus Kristus sebagai Isa Almasih seperti yang kebanyakan orang Kristen dan Katolik sebutkan, tapi mereka lebih memilih untuk menyebut nama Yesus dengan al- Masih atau Sayyidina Isa Al Masih & Emdash.
  • Bahasa Arab dan Bahasa Syiria sesungguhnya mempunyai kemiripan dan maka dari itu sampai saat ini para pengikut aliran agama ortodoks syiria
  • Tetap mengfungsikan bahasa Arab Syiria pada Injil mereka. Jadi, bisa saja bagi Anda yang tidak mengetahui terdapatnya perbedaan bahasa Arab dan bahasa Syiria bakal berasumsi bahwa penganut aliran agama Kristen Ortodoks ini adalah umat beragama muslim.

Perkembangan Kristen Ortodoks di Indonesia

Di Indonesia, asal usul Kristen Ortodoks bermula dari Bambang Noorsena, awalnya ia ingin mempelajari lebih lanjut tentang alitan Ortodoks Syiria ini. Akhirnya, ia mengambil keputusan untuk melakukan perjalanan ke timur tengah dimana aliran ini sesungguhnya berpusat.

Ia kemudian menceritakan perjalanannya mempelajari Kristen Ortodoks sekembalinya di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa ia mengetahui ada kaitan antara Kristen dengan Islam melalui Ortodoks ini, karena memiliki tata cara ibadah yang sama dengan Islam. Meskipun caranya bisa dibilang sedikit tidak sama dibandingan aliran agama kristiani pada kebanyakan tapi yang terutama adalah kita tetap tetap menerapkan cara berdoa agar dikabulkan.

Cara-cara yang dimaksud merujuk pada suasana batiniah dibanding suasana difik yang dilakukan lewat doa. Bahkan, cara mereka membaca kitab suci para penganut aliran agama kristen ortodoks ini jugamenerapkan cara membaca kitab suci yang mirip seperti dengan umat islam atau yang biasa disebut dengan mengaji.

Karena tersedia banyak kegunaan berdoa bagi orang kristen maka sudah pasti tidak bakal amat dipermasalahkan tentang bagaimana cara mereka berdoa. Mekski, sesungguhnya caranya tidak sama dengan kami tapi yang terutama adalah niatan mereka untuk tetap mengupayakan mendekat kepada Tuhan.

Sama seperti umat muslim yang mempunyai kiblat saat mereka berdoa ataupun salat, para penganut aliran agama kristen ortodoks termasuk mempunyai kiblat saat mereka melakukan salat. Kiblat mereka berada di timur dan mereka termasuk melakukan salat yang lebih-lebih lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan umat bergama muslim yakni sebanyak tujuh waktu.

Pada awalannya cuma tersedia salat tiga saat tapi seiring perkembangannya pada akhirnya kini mereka mempunyai jadwal untuk melakukan salat tujuh waktu.

1. Pengenalan Kristen Ortodoks di Katolik di Dunia

Tidak akan penah habis jika kita berbicara sejarah terbentuknya Kristen Ortodoks dan penerimaan mengenai pluralisme agama Kristen. Mengenai kristen ortodoks sendiri tersedia satu hal ulang yang membawa dampak aliran agama ini mirip dengan aliran agama kristiani yang lebih tepatnya adalah agama katolik.

Kristen Ortodoks sama seperti penganut Katolik, yakni sama-sama mempunyai kepemimpinan yang terpusat di mana tersedia satu jabatan tertinggi yang dipegang oleh satu orang yang merupakan seorang pemimpin dari aliran agama kristen ortodoks itu sendiri.

Dalam Katolik dikenal jabatan Paus, maka pada Kristen Ortodoks dikenal dengan Patriarkh. Untuk jabatan paus sendiri yang merupakan pemimpin agama katolik pada saat ini diisi oleh Paus Fransiskus. Sedangkan, untuk jabatan patriarkh yang merupakan pemimpin agama Kristen Ortodoks syiria sendiri diisi oleh Patriakh Mar Ignatius Zakka I Iwas.

Dalam pembahasan mengenai Kristen Ortofoks Syiria, sudah pasti berkaitan dengan penganut aliran agama ini. Sama seperti umat muslim pada umumnya, para penganut aliran agama kristen ortodoks ini bakal mengfungsikan kerudung bagi yang wanita untuk menutupi rambutnya.

Anda bisa melhatnya pada Alkitab Perjanjian Lama, disebutkan bahwa wanita yang berambut pendek bakal disarankan untuk mengfungsikan penutup kepala sedang wanita berambut panjang tidak kudu mengenakannya dikarenakan rambut panjangnya telah menutupi kepalanya.

Para wanita juga menggunakan buasana yang menutupi seluruh bagian tubuhnya sampai ke mata kaki. Untuk pria, mereka termasuk mengfungsikan kopiah saat menunaikan salatnya. Selain itu formalitas lain seperti berpuasa termasuk tetap dilakukan. Puasa mereka dilakukan sepanjang 40 hari lamanya dengan menerapkan sebagian cara puasa orang kristen dengan benar.

2. Pengenalan Kristen Ortodoks di Indonesia

Dikenal juga puasa Rabu Jumat dalam Kristen Ortodoks, tujuannya untuk mengenang sengsara Kristus sendiri. Selain itu, mereka termasuk melakukan zakat, dan menyisihkan sebagian duit mereka untuk perpuluhan dengan menerapkan sebagian cara mengkalkulasi persepuluhan dengan benar cocok dengan penghasilan yang mereka menerima setiap bulannya.

Di Indonesia Kristen Ortodoks Syiria belum memiliki gedung gereja, karena ada hubungan iman Kristen dan politik yang mengharuskan agama ini menaati ketentuan yang ada di Indonesia. Selain itu, aliran agama ini termasuk tetap tunggu pentahbisan imam yang dilakukan di Singapura sehingga mereka sanggup menunaikan ibadah mereka dengan lancar dan terstruktur.

Karena belum mempunyai gedung gereja yang resmi, maka Bambang Noorsena tengah mengupayakan memperjuangkan izin dari yayasan yang dibuatnya. Yayasan iru bernama Yayasan Kanisah Ortodoks Syria dimana pada saat itu peresmiannya dilakukan disalah satu hotel di Jakarta yang bernama hotel Millenium.

Jadi itulah sedikit Info yang sanggup saya bagikan tentang asal usul kristen ortodoks syiria. Sebagai seorang kristiani yang baik, bakal lebih baik bagi kami untuk berkenan menerima segala perbedaan yang tersedia dan tidak semata-mata menghakimi suatu hal berdasarkan yang kami memandang saja.

Karena, diluar sana banyak sekali hal baik yang sesungguhnya tidak diketahui oleh banyak orang cuma dikarenakan mereka suka menghakimi suatu hal berdasarkan yang mereka memandang saja. Tetaplah mengupayakan untuk menjadi seorang privat yang baik dengan meneladani Yesus.

Terapkan termasuk sebagian contoh etika kristen di dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung kami menjadi umat kristiani yang baik dan disamping itu termasuk bakal mendukung kami untuk menjad privat yang lebih baik lagi. Terima kasih atas kesediaan saat Anda untuk membaca artikel ini.

Semoga, dengan terdapatnya artikel ini kini Anda sanggup mengetahui sedikit lebih jauh tentang kristen ortodoks syiria. Untuk mendukung pertumbuhan iman Anda, Anda termasuk sanggup membaca sebagian renungan singkat kristen di website kami ini. Tuhan Yesus memberkati kami semua.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai asal usul sejarah kristen ortodoks syiria. Semoga bisa menambah wawasan untuk kita agar mengetahui awal mula perkembangan Kristen Ortofoks Syiria.

Baca: