Hukum KB dalam Agama Kristen

KB Menurut Pandangan Kristen Boleh atau Tidak?

Bersamakristus.org – Hukum KB dalam agama Kristen. Maksud KB (keluarga berencana) adalah program nasional untuk menekan angka kelahiran dan mengendalikan pertambahan penduduk di Indonesia.

Caranya dengan mengonsumsi pil KB, yakni pil harian yang mengandung hormon untuk mengubah cara kerja tubuh agar bisa mencegah kehamilan. Biasanya program ini diikuti oleh mereka yang sudah memiliki anak.

Tapi bagi yang sulit hamil, itu justru merupakan sebuah program pantangan. Mereka terus berusaha keras agar bisa memiliki keturunan sembari memanjatkan doa Kristen agar cepat hamil sepanjang hari.

Bicara mengenai KB, sebenarnya apa sih pandangan agama Kristen tentang program tersebut? Sebenarnya boleh atau tiadk program KB dilakukan? Di sini kami akan menjelaskan kepada Anda secara lengkap.

Ini Hukum KB dalam Agama Kristen

Berikut langsung saja mari simak bersama-sama tentang hukum KB yang ada dalam agama Kristen berdasarkan ayat-ayat Alkitab. Simak selengkapnya pada ulasan dan pembahasan berikut.

1. Bukan Kompromi Dosa

Menggunakan KB jangan sampai terjadi karena alasan untuk kompromoi dosa, terutama jika digunakan supaya bisa melakukan pergaulan bebas. Tentu hal tersebut tidak disukai oleh Allah karena merupakan salah satu bentuk dosa.

KB merupakan keputusan yang harus digumulkan, karena jika niatnya untuk pergaulan bebas sudah jelas itu menjadi dosa yang wajib dihindari. Maka dari itu tegaskan diri untuk menolak KB yang sifatnya hanya bertujuan untuk kesenangan semata.

2. Solusi Kesehatan

Keputusan menggunakan KB sebaiknya digunakan untuk alasan yang tepat, misalnya keseharan. Dengan mencoba cari tahu apa yang Tuhan ingini dalam hidup kita, tentu akan sangat mudah memutuskan perlunya menggunakan KB atau tidak.

Di luar sana ada kasus seperti kehamilan berisiko atau penyakit kandungan dan lainnya, sehingga mengharuskan mereka untuk memutuskan menggunakan KB. Dengan alasan itulah Tuhan akan memahami serta memberikan izin kepada anak-Nya.

Bagaimanapun juga, cinta Allah kepada manusia sungguhlah besar untuk tidak membuat manusia terluka. Maka dari itu, jika menghadapi permasalahan ini sebaiknya tanyakan dulu kepada Allah pada saat teduh ataupun ketika berkomunikasi secara pribadi.

3. Cara Mengucap Syukur

Salah satu cara mengucap syukur yakni dengan menerima keadan apa adanya. Maka dari itu jika kesehatan tidak ada masalah, maka KB untuk kepentingan yang lain bisa ditangguhkan.

Terutama bila Anda hanya ingin menunda kehamilan bersama pasangan. Hal tersebut tentu saja bisa menjadi perilaku yang tidak bisa dianggap mengucap syukur. Tuhan pun memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang kurang baik.

4. Ketaatan

Menjalani KB sebenarnya adalah program pemerintah, sementara di dalam Alkitab dijelaskan orang Kristen harus tunduk pada pemerintahan yang ada. Maa dari itu jika melakukan KB adalah bentuk ketaatan, itu tidak dilarang.

Pastikan juga mempunyai keuntungan sebelum memutuskan atau memakai KB maupun tidak. Dengan bantuan Roh Kudus, kita akan menjadi semakin mudah menentukan mana yang baik dan mana yang tidak.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu mengenai hukum kb dalam agama kristen. Mudah-mudahan bisa membantu menjadi renungan bagi Anda sebelum benar-benar mengikuti program tersebut.

Baca: