Hukum Operasi Plastik Menurut Agama Kristen

Oplas dalam Kristen Boleh atau Tidak?

Bersamakristus.org – Hukum operasi plastik menurut agama Kristen. Dalam Firman Tuhan sudah banyak dijelaskan mengenai pandangan Alkitab tentang operasi plastik.

Seperti kita ketahui bahwa di masa sekarang kita banyak menjumpai orang-orang yang mengabdikan dirinya untuk melakukan operasi plastik. Tujuannya tak lain adalah supaya wajah mereka menjadi semakin cantik atau tampan.

Tapi jelas-jelas ini bertentangan dalam pandangan agama manapun. Bahwasannya apa yang diberikan oleh Tuhan bagi kita adalah yang terbaik, dengan mengubahnya artinya kita tidak berterima kasih kepada Tuhan.

Untuk lebih jelasnya daripada berasumsi ini itu, di bawah ini kami memiliki ulasan tentang hukum operasi plastik menurut pandangan agama Kristen. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ini Hukum Operasi Plastik Menurut Agama Kristen

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, berikut pandangan dan hukum operasi plastik (oplas) menurut agama Kristen. Berikut ulasan lengkapnya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tubuh Adalah Bait Roh Kudus

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

1 Korintus 6:19

Dari ayat di atas menyatakan bahwa tubuh kita bukan hanya milik kita sendiir, melainkan juga kepunyaan Allah. Maka dari itu jangan sembarangan mengubah tubuh tanpa izin dari Allah. Termasuk operasi plastik karena tujuannya untuk kecantikan belaka.

2. Mengucap Syukur

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

1 Tesalonika 5:18

Menerima apa saja yang diberikan Tuhan secara sadar adalah bentuk ucapan syukur kita yang sangat besar kepada-Nya. Apapun yang Allah berikan dari fisik kita harus kita syukuri.

Kemudian karena operasi plastik bukan hal yang menunjukkan rasa syukur kita, maka kita harus hindari. Kita juga harus berserah menerima diri kita, termasuk dengan tidak melakukan operasi plastik.

3. Jaga Kekudusan

Secara langsung, orang Kristen harus menjaga kekudusan karena tubuh ini merupakan bait Roh Kudus. Artinya, kita menerima semua yang ada di dalam diri kita. Jika melakukan oplas, maka bagian tubuh punya Tuhan akan menjadi cemar.

Kecuali jika terpaksa karena adanya penyakit, maka mintalah hikmat dari Tuhan. Lakukan doa dan puasa yang mendalam agar bisa mendapat jawaban tepat. Oplas pun harusnya hanya diizinkan untuk tindakan kesehatan saja.

4. Dosa yang Berat

Pahami bahwa operasi plastik yang dilakukan tidak sesuai dengan kehendak Allah, sama saja dengan berdosa. Dosa artinya tidak taat untuk menerima kehendak yang telah ditetapkan Tuhan.

Bila kita tetap oplas hanya untuk kecantikan, maka hati kita belum sepenuhnya milik Allah. Sebab kita masih fokus pada hal-hal duniawi. Sementara Roh Kudus meminta kita untuk kembali ke kehidupan yang lebih dekat dengan Allah.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu mengenai hukum operasi plastik menurut agama kristen. Semoga bisa menjelaskan dan menjadikan renungan yang bermanfaat untuk kita semua, umat percaya.

Baca: