Ciri-ciri Munafik Menurut Kristen

Karakteristik Munafik dalam Pandangan Alkitab

Bersamakristus.org – Ciri-ciri munafik menurut Kristen. Tak dapat dipungkiri bahwa di masa sekarang ada banyak sekali orang yang berperilaku munafik alias beda di depan dan belakang.

Munafik adalah orang yang menampakkan sesuatu yang sejalan dengan kebenaran di hadapan orang banyak. Namun padahal kondisi batin atau perbuatan yang terdapat dalam hatinya sebenarnya tidak demikian.

Ciri-ciri orang munafik ada banyak. Contohnya ingkar janji, suka berbohong, berkhianat, malas beribadah, bersumpah palsu, suka pertikaian, dan gamar menyombongkan apa yang dimiliki dirinya kepada orang lain.

Dalam pandangan agama Kristen, ciri-ciri munafik tersebut haruslah dihindari. Setidaknya, kita juga harus mengetahui masing-masing penjelasan detail dan contoh dari karakteristik tersebut.

Ciri-ciri Munafik Menurut Pandangan Kristen dan Alkitab

Di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai ciri-ciri munafik menurut pandangan agama Kristen dan Alkitab. Anda dapat melihat ulasan lengkapnya pada penjelasan di bawah berikut ini.

1. Suka Bersandiwara

Munafik memiliki arti suka bertindak ata sdasr kepalsuan. Bila kita buka lagi Alkitab, ktia bisa melihat bahwa Adam merupakan manusia pertama yang bersikap munafik dan dia juga yang menurunkan gen munafik kepada keturunannya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa dosa dasar manusia adalah bermain sandiwara dengan Allah. Mungkin kita bisa bertanya kepada masing-masing, apa pernah bersikap seolah Allah tidak ada? Pernah kita membodohi Allah seakan Allah tidak tahu maksud kita?

2. Menutupi Jati Diri

Kita bisa lihat juga contoh orang munafik yang menurupi jati dirinya dengan kepura-puraan pada sosok Yudas. Sebelum Yesus ditangkap, Yudas menghampiri sekaligus mencium tangan Yesus. Mungkin orang yang melihat sikap Yudas akan mengira bahwa dia sangat mengasihi Yesus.

Sebaliknya, Yudas sebenarnya yang menyerahkan Yesus untuk ditangkap. Yugas juga tega mengorbankan Yesus untuk memperoleh pundi-pundi uang. Tindakannya merupakan sikap yang munafik karena menyembunyikan motif buruknya dengan pura-pura.

3. Egois

Yesus diceritakan berkata kepada banyak orang, termasuk murid-Nya untuk menuruti dan melakukan segala hal yang diajarkan ahli Taurat serta orang Farisi. Namun jangan menuruti perbuatan mereka karena mereka mengajarkan namun tidak melakukan. Mereka menyerahkan beban berat kepada orang lain, namun sendirinya tak mau menyentuh.

4. Suka Mencari Muka

Ciri-ciri munafik menurut Kristen berikutnya suka mencari muka. Cotohnya melakukan pelayanan dan pekerjaan hanya untuk terlihat baik di mata orang lain. Yesus mengatakan kepada orang banyak supaya hendaklah dia menjadi pelayan. Karena siapa yang suka sombong, dia akan direndahkan. Siapa yang merendahkan diri, dia akan ditinggikan.

5. Menghalangi Orang Datang ke Tuhan

Yesus mengatakan celakalah orang yang menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Mereka tidak masuk, melainkan merintangi orang lain untuk masuk. Mereka tiadk melakukan kewajiban dan hal benar, namun mereka menghalangi orang lain melakukannya.

Mereka juga tidak memberitakan firman, justru menyalahgunakannya untuk menjadikan topeng supaya bisa menutupi niat buruk mereka. Yesus mengatakan tindakan tersebut sebagai contoh sikap munafik.

6. Tidak Ada Kepedulian

Ahli Taurat dan orang Farisi menelan harta janda dan orang yang tak mampu demi memperkaya harta sendiri. Mereka mengelabui dan menutupi kedok buruknya dengan hal rohani, sehingga orang-orang percaya kepada mereka.

Sebenarnya orang farisi ini sangat cermat, mereka memperhatikan hukum sampai butir-butirnya, tapi emreka mengabaikan kasih. Kata-kata mereka berbeda dengan apa yang mereka lakukan. Dari luar tampak suci, namun di dalam, mereka sangat dipenuhi oleh keburukan.

7. Motif Tidak Tulus

Yeus mengajarkan mereka supaya tidak melakukan kewajiban agama hanya untuk dilihat orang lain. Sebab jika demikian, kita tidak akan pernah memperoleh upah dari surga.

Seperti yang dilakukan orang munafik di rumah ibadah, mereka memberikan sedekah hanya untuk memperoleh pujian. Bila kita melakukannya dengan sembunyi-sembunyi, Bapa akan membalas perbuatan tulus kita.

8. Tidak Menuruti Kebenaran

Ciri-ciri orang munafik menurut agama Kristen terakhir yaitu mereka mengetahui kebenaran, tapi tidak menurutinya. Mungkin banyak yang sudah mengakui Yesus sebagai Tuhan, namun tidak mengikuti-Nya.

Sikap ini sama seperti para ahli Taurat dan orang Farisi yang memiliki banyak pengetahuan soal hukum Taurat. Tapi, mereka tidka melakukan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari yang nyata.

Akhir Kata

Itu saja yang mungkin dapat kami sampaikan pada kesempatan ini mengenai ciri-ciri munafik menurut agama kristen. Semoga bisa menjelaskan kepada Anda tentang ciri-ciri munafik menurut pandangan agama Kristen dan Alkitab.

Baca: