Cara Menjadi Pribadi Menurut Kristen

Jadilah Pribadi yang Baik dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara menjadi pribadi menurut Kristen. Setiap agama tentu saja mengajarkan umatnya untuk menjadi orang yang baik dan menjauhi perbuatan jahat atau buruk.

Tidak terkecuali dalam Kristen Protesan dan Katolik, kita juga dianjurkan untuk menjadi pribadi atau orang yang baik. Mulai dari perbuatan, pikiran, hati, hingga jiwa jangan sampai ada yang negatif.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang perbuatan baik, akan ada banyak hal positif yang mengelilingi kita bila bersikap baik. Sebaliknya, akan ada banyak hal buruk yang menimpa jika kita mengutamakan sifat tercela.

Tapi mungkin banyak orang Kristen yang masih belum paham bagaimana cara menjadi pribadi yang baik. Oleh karena itu di sini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang cara jadi pribadi yang baik dalam agama Kristen.

Cara Menjadi Pribadi yang Baik Menurut Agama Kristen

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, simak pembahasan dan penjelasan berikut mengenai cara menjadi pribadi yang baik menurut agama Kristen. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Buah Roh Kudus

Pertama-tama kita harus memastikan bahwa ada buah-buah Roh Kudus dalam kehidupan sehari-hari kita. KArena itu, maka kita perlu memiliki kasih, sukacita, sabar, kebaikan, murah hati, setia, dan damai sejahtera.

Dengan memilikinya, niscaya kehidupan pribadi kita juga akan menjadi lebih baik serta semakin berkenan di hadapan Allah. Berbeda jika kita tidak memilikinya, maka kehidupan kita akan semakin sulit menjadi pribadi yang berkenan di hadapan-Nya.

2. Taat

Pastikan untuk selalu berusaha taat kepada Allah. Karena hal tersebut menjadi jalan agar kita bisa dapat melangkah mengubah diri menjadi pribadi yang lebih berkenan di hadapan Allah.

Dengan taat, maak akan lebih mudah bagi kita untuk menjauhi risiko dosa dalam Kristen serta mengutamakan kehendak Allah dalam kehidupan. Hidup kita kemudian pun akan semakin dekat dengan Allah dan secara otomatis akan melakukan perbuatan yang sesuai kehendak-Nya.

3. Hidup Kudus

Cara menjadi pribadi yang baik dalam agama Kristen berikutnya yaitu berusaha untuk hidup kudus sekaligus mengutamakan peran Roh Kudus serta berkenan kepada Allah. Ingat, tidak ada manusia yang sempurna.

Maka dari itu, sebaiknya kita berdoa dan meminta petunjuk dari Tuhan dalam kehidupan agar bisa melakukan sesuai kehendak Roh Kudus. Dengan demikian maka kehidupan kita akan semakin dekat dengan Allah dan terhindar dari perbuatan dosa.

4. Rajin Berdoa

Bila ingin menjadi pribadi yang baik, maka sebaiknya kita selalu menyempatkan waktu untuk memanjatkan doa Kristen. Dengan memiliki waktu spesifik untuk berdoa, akan semakin mudah bagi kita untuk melihat apa yang ingin Tuhan kerjakan dalam hidup kita.

Kita juga perlu berserah diri kepada Tuhan atas segala kehendak-Nya untuk bisa mengetahui apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita. Sebab jika hati kita keras, maka akan sulit bagi kita untuk menerima maksud Tuhan terhadap tujuan hidup kita.

5. Mendegarkan Firman Tuhan

Menjadi pribadi yang baik yaitu bisa memaksimalkan firman Allah. Maka dari itu usahakan untuk tidak hanya mendengarkan atau membaca firman saja. Melainkan, kita juga perlu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya dengan mengasihi sesama, menolong orang yang membutuhkan, dan sebagainya. Maka dari itu sebaiknya bacalah firman Allah lebih rutin dan lakukan apa yang Tuhan perintahkan lewat firman-Nya.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu penjelasan dan pembahasan dari kami mengenai cara menjadi pribadi yang baik menurut kristen. Semoga kita bisa meniru tips-tips di atas agar bisa menjadi orang yang lebih baik lagi ke depannya.

Baca: