Contoh Etika Kristen dalam Kehidupan Sehari Hari

Etika Kekristenan dalam Menjalani Hidup

Bersamakristus.org – Contoh etika Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Ketika menjalani hidup sebagai orang Kristen kita harus paham etika untuk menunjukkan bahwa Kristen adalah agama yang baik.

Etika tersebut dapat dilihat pada Alkitab, betapa banyak pembahasan yang menjelaskan tentang berbagai hal yang menunjukkan cara kita untuk beretika baik dalam kehidupan sehari-hari.

Bila tidak menerapkan etika Kekristenan, bukan tidak mungkin masalah akan datang silih berganti. Masalah tersebut mungkin juga dapat menyulitkan kehidupan Anda yang damai.

Tapi mungkin di sini masih banyak yang malas membaca Alkitab dan lebih suka mencari pembahasan ringkas. Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa contoh etika Kristen dalam kehidupan sehari-hari.

Namun ingat bahwa membaca Alkitab itu sangat penting, karena mungkin masih banyak petunjuk lain yang tak sempat tersampaikan di sini. Langsung saja berikut ulasannya.

Contoh Etika Kristen dalam Kehidupan

Di bawah ini ada penjelasan contoh etika Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Simak ulasan dan pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Iman

Citra Allah merupakan potret atau bayangan yang punya karakter yang sama. Kecitraan manusia bersama dengan Tuhan yang berkenaan bersama dengan tugas manusia menjadi satu yang harus dimengerti dan menjadi target hidup orang kristen.

Tuhan dan manusia sebetulnya segambar namun tidak bersama dengan karakter atau keadaannya serta tabiat yang imanen di dalam diri manuia namun kedudukan manusia yang didapatkan dikarenakan berhadapan bersama dengan Tuhan atau dikarenakan ada hubungannya bersama dengan Tuhan.

Citra Allah dimiliki manusia yang merupakan suatu persekutuan bersama dengan Tuhan sebagai suatu berkat dan karunia agar sikap dan tabiat manusia dapat sama bersama dengan gambaran Tuhan. Pada dasarnya manusia mencerminkan dan memantulkan sinar kemuliaan yang dimiliki Tuhan Allah mengajarkan perihal kegunaan berdoa bagi orang kristen.

Sehingga manusia membawa tugas untuk menguasai dan memerintah dunia bersama dengan segala isikan makhluknya. Menguasai dan memerintah punya makna yang berarti pelihara , menjaga, berusaha dan membangun dunia menjadi daerah yang baik (Kej 1:28; 2:15).

2. Pengakuan Manusia

Asal atau titik pangkal Etika Kristen adalah punya Iman. Karya Tuhan dan pemeliharaan-Nya terhadap semua makhluk. Sehingga berasal dari sini etika Kristen dapat memperhatikan tindakan manusia dikarenakan terhadap hakikatnya

… dikarenakan segala sesuatunya adalah berasal dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Dia adalah kemuliaan sampai selama-lamanya.

Roma 11:36

3. Manusia dan Tingkah Lakunya

Etika merupakan bagian berasal dari kehidupan manusia yang tidak mungkin terpisahkan bersama dengan segala tingkah lakunya. Manusia dapat dinilai berasal dari bagaimana dia beretika bersama dengan jalankan tindakan beserta tingkah lakunya.

Di dalam etika jawa ada sebutan dora sembada yang membawa makna berbohong namun tetap baik atau kata lain hal ini merupakan kejahatan kecil yang menyelamatkan.

Sebagai umat Kristen harus berkompromi terhadap problem di zaman moderen layaknya sekarang, contohnya perang, penindasan, diskriminasi, politik dan ada lebih dari satu masalah lainnya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai contoh etika Kristen dalam kehidupan. Semoga bisa memberikan wawasan tambahan tentang contoh etika Kristen dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca: