Etika Kerja Menurut Kristen

Eika dan Etos Bekerja yang Baik Sebagai Umat Kristiani

Bersamakristus.org – Etika kerja menurut Kristen. Setiap orang berhak menentukan pekerjaan atau usahanya sendiri, namun jangan sampai mengabaikan etika dan etos kerja.

Pasalnya dengan etika atau etos kerja yang baik, apapun yang kita kerjakan pasti akan membuahkan hasil baik pula. Tidak hanya bagi diri kita, melainkan jgua bagi orang-orang yang ada di sekitar kita.

Dalam renungan rohani Kristen tentang pekerjaan juga telah kami bahas mengenai hal tersebut. Dan mungkin, masih ada beberapa orang Kristen yang tidak tahu bagaimana menerapkan etika kerja yang baik.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan membahas serta menjelaskan kepada Anda mengenai etos kerja yang baik menurut agama Kristen. Simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Etika Kerja yang Baik Menurut Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap tentang etika kerja yang baik dalam agama Kristen. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Adil

Tentunya kita harus beperilaku adil dalam melakukan pekerjaan kita, terhadap semua rekan kerja. Jangan pernah berlaku ucrang dan tidak adil terhadap teman di tempat kerja.

Sebab dengan berbuat adil, maka kita bisa mendapatkan banyak kebaikan dibanding hal negatif. Di antaranya yaitu akan lebih banyak rekan kerja yang menyukai kita dan menyenangi keberadaan kita di sekitar lingkungan kerja.

2. Jujur

Kita juga harus selalu bersikap jujur karena ini berkenaan dengan Allah. Mengutamakan kejujuran adalah etika yang sangat dijunjung tinggi di setiap perusahaan dan bukan merupakan kebiasaan buruk umat Kristen.

Dengan mengutamakan sikap jujur, kita bisa menjadi contoh atau teladan yang baik, nama Tuhan pun akan langsung dimuliakan. Maka dari itu kita harus jujur sesuai dengan renungan Kristen tentang kejujuran.

3. Kerja Keras

Etika kerja menurut Kristen berikutnya yaitu bekerja keras. Selalulah mengucap doa syukur Kristen setelah selesai melakukan pekerjaan atau mencapai penghargaan tertentu.

Cara mengucapkan syukur juga menjadi salah satu bentuk berterima kasih karena pekerjaan yang diberikan Tuhan merupakan berkat bagi kita. Melalui kerja keras, Tuhan juga akan membantu pekerjaan kita menjadi semakin berhasil.

4. Taat

Selain itu yang tak kalah penting menjadi etos kerja adalah taat. Entah itu kepada perusahaan secara langsung, di sekitar masyarakat, kepada atasan, atau bawahan kita harus menerapkan sikap ini.

Dengan menjunjung ketaatan, tentu saja kita akan memuliakan nama Allah. Sebab, setiap umat Kristen yang taat pasti menunjukkan imannya. Secara otomatis akan tunduk serta taat yang ada di pekerjaannya.

5. Setia

Sebagai karyawan atau pegawai, kita tentu saja harus setia terhadap perusahaan. Hal ini merupakan perbuatan yang begitu baik dan perlu dijunjung tinggi oleh semua karyawan yang tengah bekerja.

Dengan berlaku setia, hasil kerja yang kita peroleh juga akan dipandang baik oleh atasan. Sehingga secara tidak langsung itu juga akan mengharumkan nama Allah dan Tuhan kita.

6. Santun

Kita haruslah selalu berperilaku santun kepada semua rekan kerja dan klien. Firman Tuhan telah banyak menyebutkan bahwa manusia harus berlaku santun dan memiliki tutur kata yang halus.

Dengan menjujung prinsip kasih menurut Alkitab, maka akan menjadi semakin mudah bagi kita untuk melakukan sikap santun tersebut. Karena, itu utamakanlah Roh Kudus yang akan selalu menuntun kita untuk selalu santun dalam lingkup pekerjaan.

7. Hormat

Dalam pekerjaan, kita juga sebaiknya selalu bersikap hormat kepada atasan, karena itu menunjukkan sikap hormat kita kepada Allah juga. Dengan sikap hormat, akan sesuai kehendak Allah dalam hidup kita untuk berperilaku yang baik di pekerjaan.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu penjelasan dan pembahasan dari kami mengenai etika dan etos kerja menurut kristen. Jangan lupa untuk mengaplikasikan etos dan etika kerja tersebut agar apa yang kita kerjakan bisa membuahkan hasil maksimal.

Baca: