Hukum Rentenir dalam Agama Kristen

Penjelasan Hukum Rentenir Menurut Alkitab

Bersamakristus.org – Hukum rentenir menurut Kristen. Kita tahu bahwa ekonomi masyarakat itu berbeda-beda, ada yang mampu dan ada yang kurang mampu sesuai dengan penghasilannya masing-masing.

Meski membantu dengan memberikan pinjaman merupakan perbuatan baik, namun jangan sampai kita menjadi rentenir. Yaitu orang yang memberi pinjaman uang dengan bunga yang sangat tinggi.

Kita harus ketahui betapa sulitnya mereka membayar hutang pokok, apalagi bunganya. Bekerja siang malam, memanjatkan doa Kristen untuk melunasi hutang setiap saat, dan upaya pelunasan hutang lainnya.

Selain itu dalam ayat Alkitab atau firman Tuhan juga sudah banyak disebutkan betapa bahayanya menjadi rentenir. Akan ada banya keburukan yang bisa kita terima ketika berperilaku demikian.

Hukum Menjadi Rentenir Menurut Agama Kristen

Di bawah ini ada beberapa penjelasan tentang rentenir dan hukumnya menurut agama Kristen. Langsung saja simak hukum rentenir menurut agama Kristen yang dirangkum dari berbagai sumber berikut.

1. Tidak Sesuai firman

Dikatakan dalam Alkitab bahwa mereka yang menjadi rentenir merupakan mereka yang tidak menerapkan ajaran dalam firman Tuhan. Sebab pada prinsipnya praktik tersebut adalah perbuatan yang ditak boleh dilakukan.

Hanya saja, karena banyakumat Kristiani yang masih belum paham kehendak Allah, mereka tetap melakukannya sehingga mendatangkan kesusahan pada sesama. Maka dari itu, kita perlu selalu minta karunia Roh Kudus untuk menunjukkan jalan mana yang benar.

2. Tak Mengenal Kasih

Sebenarnya, menjadi rentenir kepada sesama juga merupakan tindakan yang bertentangan dengan prinsip kasih dalam Alkitab. Di mana hukum terbesar yang dikatakan dalam firman Tuhan yaitu melakukan kasih kepada sesama.

Menghindari praktik rentenir kepada orang lain juga merupakan salah satunya. Dengan menghindari praktik buruk tersebut, secara langsung kita bisa melakukan hukum kasih dalam Alkitab yang diberikan oleh Tuhan Yesus Kristus.

3. Harus Meminta Pertobatan

Setiap umat Kristiani yang sudah terlanjut melakukan praktik rentenir harus segera bertobat dengan doa pengakuan dosa Kristen. Diceritakan pada Perjanjian Baru, Allah mengampuni mereka yang bertobat dari rentenir.

Maka dari itu, kita harus memahami bahwa dosa menjadi rentenir akan diberikan kesempatan untuk bertobat. Maka dari itu segeralah bertobat dan jangan pernah diulangi lagi kesalahan yang sama.

4. Perbuatan Dosa

Menjadi rentenir juga merupakan perbuatan dosa yang tidak disukai oleh Allah. Maka dari itu sebaiknya segera doakan dan pergumulkan hanya kepada-Nya, mengakui kesalahan atas apa yang kita perbuat.

Sehingga, kita tidak melakukan hal-hal yang dibenci Allah. Dengan berdoa dan meminta pimpinan Roh Kudus, tentu akan menjadi lebih mudah bagi kita untuk menjauhi dosa.

5. Dijauhi dan Didoakan

Sebaiknya jauhi perbuatan rentenir dan doakan pelakunya.Hindarilah praktik menjadi rentenir kepada sesama karena jelas itu merupakan perbuatan yang. buruk.

Alangkah baiknya kita mendoakan mereka yang masih mencari uang dengan cara tersebut. Karena rentenir bukan hal yang berkenan di hadapan Allah, melainkan perbuatan yang dianjurkan untuk dihindari.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu penjelasan dan pembahasan dari kami mengenai hukum rentenir menurut kristen. Mari kita sebisa mungkin jangan mendekati sifat rentenir, dan jauhi saja apa yang menurut Alkitab buruk.

Baca: