Ciri Ciri Orang Sombong Menurut Kristen

Ciri-ciri Sombong dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Ciri orang sombong menurut Kristen. Kesombongan yang kita kenal secara umum adalah memandang diri berada di atas orang lain. Sombong disebut juga dengan angkuh, takabur, arogan, congkak, besar kepala, atau tinggi hati.

Dalam agama Kristen juga dijelaskan bahwa sikap tersebut merupakan sebuah sikap yang tidak patut ditunjukkan oleh orang percaya. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang kesombongan.

Maka dari itu sebagai orang percaya kita tidak boleh bersikap sombong, harus bisa menahan diri dari gangguan roh jahat. Salah satu caranya dengan mencoba melakukan renungan Kristen tentang kesombongan.

Selain itu kita juga harus bisa menghindari ciri-ciri orang sombong menurut agama Kristen. Sebab bila ciri-ciri tersebut ada dalam diri kita, kita bisa langsung memohon ampun kepada Tuhan Yesus.

Ciri-ciri Orang Sombong Menurut Agama Kristen

Berikut di bawah ini kami ulas mengenai beberapa ciri-ciri orang sombong menurut agama Kristen. Anda bisa menyimak uraian di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Menentang Otoritas di Atasnya

Contoh orang sombong pertama adalah suka menentang otoritas di atasnya, biasanya ditunjukkan dengan menentang otoritas Allah. Lucifer dulunya adalah malaikat, tapi karena ia merasa lebih hebat dan tak mau tunduk kepada Allah, maka ia diberi hukuman dengan dijatuhkan ke bumi.

Begitu juga dengan manusia, bila mulai merasa lebih hebat dan berpikir mampu menandingi Allah, maka Allah akan menjatuhkan dia, karena siapa yang meninggikan dirinya akan direndahkan dan juga siapa yang merenadhkan diri akan ditinggikan.

2. Tinggi Hati

Manusia merupakan makhluk yang sangat rawan dengan kesombongan, apalagi jika mereka baru saja memperoleh pencapaian hebat. Keberhasilan bisa mendorong seseorang untuk lebih berprestasi atapi juga membuat dia berputus asa serta menjadi sombong.

Bila kita tidak menjaga hari dari kesombongan, bukan tidak mungkin kita akan mengalami kejatuhan. Maka dari itu kita harus mengganti rasa sombong dengna rasa bangga, sehingga akan membuat kita lebih bersemangat.

3. Merasa Paling Benar

Mereka yang sombong juga selalu merasa dirinya yang paling benar, mereka tidak mau mengakui kesalahan atau kegagalan. Mereka percaya semua apa yang diraih adalah berkat kerja kerasnya dan dalam setiap konflik biasanya mereka muncul menyatakan diri sebagai orang yang tidak salah.

Ciri-ciri ini terdapat pada ahli-ahli Taurat serta orang Farisi pada zaman Yesus. Kaum itu digambarkan sebagai pengamat serta pelaksana hukum yang sangat cermat terhadap penegakan hukum Taurat. Mereka merasa bahwa mereka merupakan orang saleh dan suci.

Mereka juga merasa Allah mencitai kaum yang taat hukmum, pada dasarnya memang benar demikian. Tapi taat yang dimaksud adalah taat karena niat yang benar, tulus, dan senantiasa mencerminkan karakter Kristen sejari dalam kehidupan sehari-hari.

4. Suka Pamer Pencapaian

Ciri orang sombong menurut Kristen berikutnya adalah mereka juga lebih suka mempromosikan diri pada setiap kesempatan, memamerkan apa yang berhasil diraih. Mereka juga suka sekali membicarakan sederet pencapaian dan tak jarang bertanya mengenai pencapaian orang lain.

5. Menggunakan Firman Tuhan

Tak hanya dalam hal yang kelihatan, sifat sombong juga bisa dilakukan secara terselubung dengan menggunakan berbagai hal yang berbau rohani untuk menutupi motif mereka. Misalnya penipu rohani, orang yang menggunakan Alkitab untuk tujuan mereka sendiri, mereka menggunakan beberapa ayat untuk membenarkan perilaku dan mengabaikan ayat lain yang bertentangan dengan tinadkan mereka.

6. Bicara Tak Mau Mendengar

Sikap ini mungkin sering terjadi ketika kita tengah mengobrol asyik dengan teman. Ketika menyangkut topik yang kita sukai, kita cenderung tak terkontrol dan mengabaikan apa yang dibicarakan orang lain.

Kadang, kiga tiadk pernah peduli teman kita karena kita berpikir komentarnya tidak penting. Sikap semacam ini merupakan salah satu ciri sombong dan egois dan tentu saja harus kita hindari sejauh mungkin.

7. Dekat dengan Rendah Diri

Sombong pada dasarnya adalah sifat yang dekat dengan rendah diri, berbeda dengan rendah hati. Rendah hari adalah hati yang tulus dan kuat, sedangkan rendah diri artinya hati yang lemah. Jika sesorag ada di lingkungan yang menurut mereka berada di bawah levelnya, dia akan merasa sombong.

Tapi jika orang tersebut berada di lingkugnan yang memiliki level lebih tinggi dari dirinya, maka dia akan cenderung untuk rendah diri. Sebab, orang semacam ini akan berusaha membuat dirinya terlihat lebih baik, yaitu dengan cara menyombongkan diri.

8. Pura-pura Rendah Hati

Kadang ada juga orang yang bila dipuji ia sangat merendah, ada beberapa kemungkinan yang dia lakukan untuk hal ini. Bisa jadi mereka memang merasa tidak pantas dipuji, atau sebaliknya karena dia sengaja ingin terlihat rendah hati.

Sebenarnya orang semacam ini merasa sangat senang ketika dipuji, sehingga dia merendah dengan berlebihan serta berharap orang akan memujinya lagi. Tapi di balik itu dia memiliki kesombongan yang terselubung dan sangat menyadari kemampuannya.

9. Tidak Mau Dikritik

Orang yang sombong juga tidak suka dengan didikan, mereka tiadk mau diajari oleh orang lain apalagi bila orang tersebut memiliki keduudkan atau kemampuan yang lebih rendah dibanding dirinya. Bila melakukan kesalahan, mereka juga tidak mau ditegur, mereka merasa sudah tahu segalanya dan bisa memperbaiki kesalahan sendiri.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami mengenai ciri-ciri orang sombong menurut kristen. Semoga bisa menjelaskan kepada Anda mengenai ciri dan karakteristik orang yang sombong dalam agama Kristen.

Baca: