Ayat Alkitab Tentang Sombong

Ayat Firman Tuhan untuk Orang yang Sombong

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang sombong. Kesombongan, berasal dari kata sombong, disebut juga dengan angkuh, arogan, congkak, dan tinggi hari atalah perasaan yang berasal dari emosi dalam hati yang mengacu pada dua makna umum.

Makna pertama adalah konotasi positif mengacu pada perasaan puas diir atas pencapaian yang diraih. Sedangkan makna kedua adalah merendahkan orang lain dan menganggap dirinya lebih hebat dibanding siapapun.

Dalam menjalani kehidupan di dunia, tentu saja sikap sombong dilarang. Sebab jika bersikap sombong terhadap orang lain, maka seseorang tersebut bisa mendapatkan banyak hal buruk, seperti dicemooh, dijauhi, hingga ditinggalkan banyak orang.

Ayat Alkitab pun mewanti-wanti pada semua orang agar tidak bersikap sombong di mana saja dan kapan saja. Bahkan dalam kondisi seperti apapun, janganlah bersikap sombong meski hanya dalam keadaan bercanda.

Untuk lebih jelas mengenai pembahasan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang jangan bersikap sombong dan menjauhi kesombongan. Simak pembahasan selengkapnya pada ayat-ayat yang ada di bawah berikut ini.

Daftar Ayat Alkitab Tentang Bersikap Sombong

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pemabahasan lengkap mengenai daftar kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang larangan bersikap sombong.

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.”

1 Korintus 13:4

“Mata yang congkak dan hati yang sombong, yang menjadi pelita orang fasik, adalah dosa.”

Amsal 21:4

“Orang yang sembunyi-sembunyi mengumpat temannya, dia akan kubinasakan. Orang yang sombong dan tinggi hati, aku tidak suka.”

Mazmur 101:5

“Manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan direndahkan; hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.”

Yesaya 2:17

“Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji.”

1 Samuel 2:3

“Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi TUHAN; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman.”

Amsal 16:5

“Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.”

Amsal 16:18

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Simak pula berbagai ayat emas Alkitab tentang hal-hal menarik lainnya dalam kehidupan ini. Simak pembahasan lengkapnya pada artikel di bawah berikut ini.

Akhir Kata

Itu saja pembahasan singkat mengenai ayat alkitab tentang sikap sombong. Semoga setelah membaca kumpulan ayat Alkitab tentang jangan bersikap sombong ini bisa membuat kita sadar dan mau untuk meninggalkan sikap yang tidak terpuji tersebut.

Baca: