Organisasi yang Menyebarkan Agama Kristen Protestan

Kelompok Penyebar Protestan di Indonesia

Bersamakristus.org – Organisasi yang menyebarkan agama Kristen Protestan. Dahulu Kristen Protestan menjadi satu di bawah naungan gereja Katolik, tapi sejak reformasi bergulir, Protestan menjadi keyakinan sendiri.

Latar belakang reformasi gereja menyebabkan terpisahnya gereja Protestan dan Katolik. Kemudian kepercayaan Protestan yang baru muncul disebarkan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Perlu diketahui ada organisasi-organisasi khusus yang berperan meyebarkan agama Kristen Protestan di Indonesia. Sehingga penyebarannya merata sampai sekarang masih banyak penganutnya.

Lantas, siapa saja pihak-pihak yang memiliki peran dalam penyebaran agama Kristen Protestan dan Indonesia? Di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda secara lengkap, silahkan disimak.

Masa Penjajahan Belanda

Pada abad ke-17 Belanda mengganti agama resminya dari Katolik menjadi Protestan. Perubahan ini juga berpengaruh pada negara jajahannya yaitu Indonesia. Pemerintah Belanda me;larang aktivitas Katolik di Indonesia dan menyebarkan agama Protestan di bumi Tanah Air.

Penyebaran agama Protestan kemudian tidak dilakukan begitu saja, melainkan ada beberapa organisasi khusus yang berfungsi melakukan penyebaran. Untuk memperkuat pengaruhya, VOC mendaangkan para zending dari Belanda.

Tokoh-tokoh zending yang ada di Indonesia saat itu adalah Dr. Nomensem, Hernius, serta Sebastian. Mereka berjasa dalam penyebaran Protestan sehingga agama ini semakin dikenal masyarakat luas di berbagai daerah dan mereka juga membentuk organisasi-organisasi khusus di berbagai daerah.

Organisasi yang Menyebarkan Agama Kristen Protestan di Indonesia

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, silahkan simak pembahasan lengkap mengenai organisasi yang menyebarkan agama Kristen Protestan di Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Nederlands Zendeling Genootschap

Nederlands Zendeling Genootschap (NZG) yaitu sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengabarkan pengertian Kitab Injil dan berusaha menyebarkan agama Protestan.

2. Pembentukan Organisasi Gereja di Indonesia

Pembentukan Organisasi Gereja di Indonesia, seperti Gereja Protestan Maluku (GPM), Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), dan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW). GPM merupakan sebuah organisasi yang menjadi wadah untuk menampung penganut-penganut Protestan di Maluku.

3. Ordo Herlege Hart

Ordo Herlege Hart merupakan sebuah organisasi yang memiliki tanggung jawab penuh atas wilayah Papua.

4. Societeit van het Goddelijk Woord

Societeit van het Goddelijk Woord menjadi organisasi penyebar Protestan yang bertanggung jawab atas wilayah Flores dan Timor.

5. Kelompok Kapusin

Kelompok Kapusin bertanggung jawab di daerah Sumatera dan Kalimantan dalam penyebaran agama Protestan.

Kemudian seiring dengan perkembangannya, Kristiani juga mulai berbaur dengan unsur-unsur lokal seperti di Jawa. Contohnya dengan munculnya gereja-gereja seperti Pasumahan Kristen Jawa Merdika (PKJM), Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Kristen Sunda (GKS), dan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW).

Selain di Jawa, hal serupa juga terjadi di Sumatera, yaitu dengan munculnya berbagai organisasi HKBP untuk menampung masyarakat Batak yang menganut agama Protestan.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami mengenai organisasi yang menyebarkan kristen protestan. Mudah-mudahan bisa menjelaskan kepada Anda mengenai siiapa saja organisasi dan kelompok yang berperan dalam penyebaran agama Protestan di Tanah Air.

Baca: