Alat Peraga Sekolah Minggu

Alat Peraga Rohani untuk Mengajari Anak-anak

Bersamakristus.org – Contoh alat peraga sekolah minggu. Seorang guru sekolah minggu harus memiliki kemampuan mengajar yang baik, terutama dalam mengajak anak-anak agar mau memahami agama Kristen.

Sebab kadang seorang anak enggan untuk belajar dan hanya ingin bermain-main, apalagi jika mereka masih berusia di bawah lima tahun. Butuh strategi dan taktik ekstra untuk membuat mereka mau belajar dengan lebih baik.

Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah penggunaan alat untuk memeragakan materi pada saat mengajar anak sekolah minggu. Alat peraga, khususnya yang berupa mainan tentu akan menarik perhatian anak-anak.

Sambil bermain sambil belajar, mereka pasti akan semangat untuk mendengarkan apa yang guru katakan. Tidak hanya itu, mereka juga akan rindu untuk terus datang ke sekolah minggu bahkan tanpa disuruh orangtua sekalipun.

Di kesempatan yang baik ini kami ingin membagikan daftar kumpulan contoh alat peraga yang bisa digunakan untuk anak sekolah minggu. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Fungsi Alat Peraga untuk Sekolah Minggu

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan memakai alat peraga sebagai media mengajar anak-anak sekolah minggu. Silahkan disimak.

  • Mempermudah guru dalam memberikan firman Tuhan.
  • Mempermudah murid dalam jelas pengajaran yang diterima
  • Melalui alat peraga pengajaran firman Tuhan dapat dijalankan lebih menarik
  • Anak bakal lebih tenang dan fokus sepanjang mendengarkan firman Tuhan (catatan: sepanjang alat peraga dibikin dan disajikan semenarik mungkin).
  • Menolong anak sekolah minggu mengingat pengajaran dalam saat yang memadai lama apalagi dapat seumur hidupnya.
  • Bila manfaatnya sedemikian besar, maka setiap guru sekolah minggu kudu dapat menyiapkan firman Tuhan dengan sunggu-sungguh. Maksud dari betul-betul ialah guru tidak cuma memadai membaca firman Tuhan, membuat materi firman Tuhan cuma dalam garis-garis besar pengajaran, tetapi terhitung mengembangkan kreatifitas pengajaran sehingga makna pengajarannya dapat di terima dengan jelas.

Ide Alat Peraga Sekolah Minggu

Lalu, alat peraga apa saja yang dapat digunakan untuk sekolah minggu? Berikut ulasan lengkapnya.

  • Diri andalah alat peraga yang efektif dan ampuh. Kita diberi mulut, tangan, kaki, tubuh, asumsi dengan segala potensi yang ada dari Tuhan. Sudah banyak ilmu yang dibagi di internet bagaimana bercerita dengan mimik wajah yang berbeda, memakai intonasi yang berbeda, mendongeng, dsb.
  • Gunakan alam kurang lebih kamu untuk dijadikan alat peraga. Alam kurang lebih kita dapat tanaman, batu, tanah, pasir, air. Oleh sebab itu baik kalau, sering kadang kelas sekolah minggu itu tidak cuma berada di dalam ruangan, tetapi sekali-kali ajaklah anak-anak untuk menyatu dengan alam; mengajak mereka pergi dan mengetahui alam.
  • Menggunakan bahan-bahan sisa yang dapat di daur ulang. Bahan sisa yang dapat dipakai untuk membuat alat-alat peraga dapat ditemukan disekitar, asal kamu terhitung peka, kreatif dan senang studi hal-hal baru lewat bahan-bahan bekas.
  • Membeli alat peraga yang telah dijual di toko-toko. Kalau yang satu ini tentunya, “asal ada duwit berapapun harga alat peraga bakal terbeli”

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai contoh alat peraga sekolah minggu. Mulai dari diri sendiri, menggunakan apa yang ada di alam, barang yang ada di sekitar, serta membelinya. Semoga bermanfaat.

Baca:

Tinggalkan komentar