Syarat Pemberkatan Nikah di HKBP

Ketentuan Pemberkatan Pernikahan pada HKBP

Bersamakristus.org – Syarat pemberkatan nikah di HKBP. Pernikahan sejatinya harus disaksikan dan diberkati oleh Allah, untuk itulah dilaksanakan pemberkatan nikah di gereja.

Pemberkatan nikah ini biasanya dilakukan kedua mempelai laki-laki dan perempuan. Dibantu oleh pendeta, mereka menyatakan ikrar janji suci di hadapan Tuhan Yesus.

Setiap gereja memiliki tata cara atau syarat yang harus dipenuhi pengantin bila ingin melakukan pemberkatan. Termasuk di gereja HKBP atau Huria Kristen Batak Protestan juga menerapkannya.

Lalu apa saja syarat pemberkatan nikah di gereja HKBP? Bagi yang masih penasaran, di bawah ini akan kami sampaikan beberapa ketentuan yang melandasinya.

Syarat Ketentuan Pemberkatan Nikah di Gereja HKBP

Simak langsung penjelasan lengkap mengenai syarat dan ketentuan pemberkatan nikah di gereja HKBP. Berikut ulasan dan panduan lengkapnya untuk Anda.

1. Beri Tahu Sekretariat Gereja

Pertama yang harus dilakukan adalah memberi tahu pihak gereja bahwa calon pasangan pengantin hendak melaksanakan pernikahan di gereja HKBP. Biasanya hal ini tidak dilakukan tiba-tiba, melainkan dalam beberapa bulan sebelumnya.

Sehingga, persiapan akan bisa menjadi lebih matang lagi nantinya. Karena upacara pemberkatan pernikahan tentu harus diatur sebaik mungkin supaya tidak menghalangi atau bentrok dengan berbagai macam aktivitas atau kegiatan gereja lainnya.

2. Melakukan Perjanjian Nikah

Setelah itu calon pengantin harus menyediakan waktu untuk melakukan perjanjian nikah, biasanya dilakukan dua minggu sebelum pernikahan. Calon pengantin juga harus mengiis formulir pernikahan lengkap dulu sebelumnya.

Sehingga akan diperoleh keyakinan dari calon suami dan istri untuk serius melaksanakan upacara pernikahan. Mereka pun bisa hidup berkeluarga serta menjalani hubungan suami istri dalam Kristen sesuai kehendak Tuhan.

3. Konseling Pranikah

Syarat pemberkatan nikah di HKBP dilanjut dengan melakukan konseling, kedua calon pengantin wajib memberikan informasi kepada pelayan Tuhan akan seluk-beluk kehidupannya. Maka dari itu jangan lupa berdoa saat menjalani prosesi ini agar bisa tetap membesarkan dan menguatkan hati untuk terus konsisten menjalani pernikahan.

4. Lengkapi Administrasi Catatan Sipil

Urusan administrasi juga tidak bisa dikesampingkan, meliputi berbagai surat dan kelengkapan yang harus diserahkan ke pihak gereja sebagai bahan untuk pencatatan sipil nantinya. Dengan demikian kelengkapan syarat yagn berkaitan dengan pernikahan membuat pernikahan disahkan negara.

5. Persiapan Pemberkatan

Terakhir pasangan perlu melakukan persiapan pemberkatan niakh sebelum melangsungkan pemberkatan di gereja. Calon pengantin jadi tidak akan merasa bingung pada hari pemberkatan dan memahami apa saja yang harus dilakukan.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai syarat pemberkatan nikah dalam gereja hkbp. Siapkanlah segala syarat dan ketentuan yang berlaku di HKBP agar perkawinan kita bisa berjalan dengan lancar.

Baca: