Perbedaan Nasrani dan Kristen

Bedanya Agama Nasrani dengan Kristen

Bersamakristus.org – Perbedaan Nasrani dan Kristen. Mungkin banyak yang menganggap kepercayaan agama Nasrani dan Kristen Protestan atau Katolik itu sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Pada dasarnya Nasrani adalah sebutan bagi penganut Kristen, sama seperti muslim yang merupakan penganut Islam. Sedangkan agama orang Nasrani adalah Kristen Protestan dan Katolik.

Sampai di sini harusnya kita sudah dapat membedakna apa Nasrani dan Katolik. Karena keduanya jelas-jelas berbeda berdasarkan pengertian dasarnya saja kita bisa membedakannya.

Namun untuk lebih jelasnya di kesempatan ini kami ingin menjelaskan lebih lanjut mengenai asal-usul Nasrani dan Kristen. Anda bisa melihat pada uraian di bawah ini secara lengkap.

Asal-usul Nasrani

Nasrani dalam Kisah Para Rasul 25:5 dijelaskan sebagai sekte Yahudi yang ada sebelum Yesus lahir. Sekte ini menganut mistik gnostik. Bil akita melihat manuskrip-manuskrip Nag Hamadi, maka kita kaan tahu bahwa di sana ada banyak tulisan tentang sekte gnostik.

Sekte gnostik adalah sekte yang percaya bahwa tubuh adalah penjara jiwa dan memisahkan dengan roh. Pemahaman ini dipengaruhi filsafat Platonis, yang sebenarnya orang Kristen di Arab pada masa awal juga menganut ini dan percaya Yesus hanya luarnya manusia tapi manusia pura-pura.

Dengan kehadiran Kristen, tidak aneh juga orang-orang dari sekte ini kemudian menganut ajaran Yohanes pembabtis yang mungkin sesuai dengan paham mereka. Tapi kekristenan mereka berbeda dengan kekristenan yang menganut Yesus Kristus. Orrang Yahudi juga menyamakan smeua Kristen dengan sebutan Nasrani.

Di sekte Yahudi juga ada sekte lain yang mirip-mirip dengan Nasrani, yaitu sekte NAzorea. Sekte ini dikenal sebagai suatu kelompok yang sangat menjaga ketat tradisi Yahudi, berbeda dengan Nasrani yang cenderung gnostik. Makanya mereka tidak percaya ada kehidupan setelah mati.

Ini juga alasan ada salah satu di antara kelompok sekte tersebut bertanya kepada Yesus bila orang menikah 7 kali, lalu siapa yang menjadi suaminya di surga. Tapi Yesus menjawab manusia memang kawin di dunia namun di surga mereka tidak, melainkan akan hidup seperti malaikat yang senantiasa memuji Allah.

Zaman dahulu juga ada sebutan Nazarios, yaitu orang yang berasal dari Nazareth. Sebenarnya sebutan ini adalah ejekan untuk mereka karena Nazareth merupakan tempat yang kurang terkenal. Dari sinilah orang-orang menghubungkan kara Nazareth dan Nasrani karena kemiripannay.

Padahal Nasrani sudah ada jauh sebelum Nazareth terkena. Denagn kata lain, Nasrani muncul lebih dulu sebelum lahirnya Kristus. Tentu saja pandangan ini sudah merupakan sesuatu yang salah kaprah.

Asal-usul Agama Kristen

Asal mula agama Kristen terbagi menjadi berdasarkan pandangan Alkitab, penyebutan kata Kristen, hingga sebuan sumber Kristen pada masa sekarang.

1. Asal Kristen dalam Alkitab

Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhilah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
Kisah Para Rasul 11:26

Kata Kristen pertama kali muncul dalam Alkitab. Dari ayat tersebut bisa kita ambil kesimpulan gagasan Kristen baru dikenal dalam Perjanjian Baru.

Kata Kristen juga menjadi julukan yang diberikan kepada murid Yesus di Antiokhia, bukan julukan yang berasal dari murig-murid itu atau tulisan Rasul Paulus. Sebab, jemaat Antiokhia sudah lama ada sebelum adanya tulisan Rasul Paulus.

2. Asal Mula Penyebutan Kristen

Kata Kristen berasal dari Khristianos yang artinya serdadu-serdadu atau pengikut Kristus. Tapi ada juga yang menyebut bahwa kara Khristianos adalah bentuk dimutive dari kata Khristos, secara umum berarti Kristus kecil yang merupakan ejekan.

Pada dasarnya julukan ini kerap dilontarkan kepada pengikut Kristus mula-mula, kemudian nama itu dikenal sebagai sebutan bagi mereka yang mengikut Yesus. Setelah itu kara Kristus menjadi kata baku pada tahun 60 Masehi, digunakan oleh Herodes untuk menyindir Paulus.

Pada masa itu Petrus berkata bahwa mereka yang percaya yang tinggal di Asia kecil agar jangan malu untuk mendapat julukan Kristen, jangan takut juga untuk menderita karena ejekan tersebut. Pada saat itu Kaisar Nero juga memberikan tuduhan kepada masyarakat yang menyebut dirinya sebagai Kristen.

3. Sumber Sebutan Kristen Masa Kini

Dulu kata Kristen memang sebuah ejekan, tapi di masa sekarang kata KRisten adalah identitas yang membedakan denan agama lain. Tentu saja sebagai orang Kristen kita harus bangga ketika orang tanya apa agama kita. Karena hal itu mebawa nama Juru Selamat yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami mengenai perbedaan agama nasrani dan kristen. Mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai apa bedanya Nasrani dengan Kristen Protestan atau Katolik.

Baca: