Wisata Rohani Kristen di Israel

Destinasi Wisata Religi Kristen di Israel

Bersamakristus.org – Tempat wisata rohani Kristen di Israel. Israel adalah negara yang sangat penting bagi umat Kristen, khususnya ibu kotanya, yakni Yerusalem. Pasalnya di sana ada banyak kejadian bersejarah bagi umat Kristiani.

Di sana Yesus datang untuk menyebaarkan ajaran Kristen. Lalu kemudian Yesus dielu-elukan masyarakat setempat hingga pada akhirnya Yesus disalib di Bukit Golgota, dekat Yerusalem.

Tak mengherankan bila di sana ada banyak lokasi bersejarah yang layak dikunjungi. Dengan mengunjunginya, niscaya kita bisa lebih mengenal dekat apa yang Yesus alami selama masa hidupnya di muka bumi.

Sungguh beruntung orang-orang yang berkesempatan berwisata di Israel, melihat pemandangan bersejarah, belajar Kristen lebih mendalam, dan merasakan langsung suasana di mana Yesus hidup,

Kemudian di sini, kami akan memberikan rekomendasi daftar tempat destinasi wisata rohani tujuan yang ada di Israel. Anda bisa langsung menyaksikan ulasannya pada pembahasan di bawah ini.

Tempat Wisata Rohani Kristen di Israel

Langsung saja tanpa banyak berbasa basi kembali, berikut adalah kumpulan daftar tempat destinasi wisata rohani tujuan yang ada di Israel. Anda bisa menyimaknya pada ulasan berikut.

1. Tembok Ratapan

Tembok Ratapan

Tembok Ratapan atau Tembok Barat di Yerusalem, dipercayai oleh banyak orang sebagai sisa-sisa dari salah satu dinding sebuah kuil Yahudi besar atau dinding yang mengitari halaman kuil tersebut.

Tembok Ratapan merupakan dinding batu yang menjulang sekitar 18,9 m dari atas tanah. Di Tembok Ratapan, setiap tahunnya orang Yahudi dan ribuan orang berziarah serta berdoa di sana.

2. Church of the Holy Sepulchre

Church of the Holy Sepulchre

Church of the Holy Sepulchre merupakan gereja yang ada di Kota Tua Yerusalem dan menjadi salah satu situs ziarah paling kudus di sana. Situs tradisional Golgota, di dalam ‘Gereja Makam Kudus’. Situs ini dipercaya oleh banyak umat Kristiani sebagai Golgota, tempat Yesus disalibkan.

Gereja ini menjadi target peziarahan Kristen sejak abad ke-4, sebagai tempat wafat dan kebangkitan Yesus. Ada cerita menarik di baliknya, yakni penjaga gereja adalah seorang pemeluk kepercayaan nonkristiani sejak ratusan tahun yang lalu. Ketika Anda berziarah ke Israel, jangan lupa mengunjungi Church of the Holy Sepulchre.

3. The Church of All Nations

The Church of All Nations

The Church of All Nations berada di kaki Bukit Zaitun, dibangun oleh arsitek Italia, Antonio Barluzzi pada tahun 1919-1924. Gereja ini dibangun di atas gereja pertama yang bergaya byzantium yang dibangun pada abad ke-4 masehi, dan setelah itu dihancurkan oleh bangsa Persia pada tahun 614. Kemudian, gereja ini sering dibangun dan dihancurkan lagu.

Di dalamnya ada batu yang dipercayai sebagai tempat Yesus berdoa di Taman Getsemani, tepat sebelum Dia dikhianati oleh Yudas Iskariot. Gereja ini diberi nama Gereja Segala Bangsa karena pembangunannya dibiayai oleh 12 negara di dunia, ditandai dengan lambang di kubah gereja. Selain itu gereja ini juga dikenal sebagai Gereja Agony yang berarti penderitaan, sehingga interior gereja ini terkeasn agak gelap disesuaikan dengan maknanya.

4. Via Dolorosa

Via Dolorosa

Via Dolorosa berasal dari bahasa latin yang berarti ‘jalan kesengsaraan’ atau ‘jalan penderitaan’, merupakan sebuah jalur di Kota Tua Yerusalem yang dilewati Yesus sambil memanggul salib menuju Kalvari. Jalan ini ditandai dengan 14 stasi, 5 stasi salib paling akhir ada di dalam Gereja Makam Kudus atau Holy Sepulchre.

Jalan ini menjadi target utama para peziarah sebelum memasuki Makam Kudus. Para peziarah bisa bergantian memanggul salib di sepanjang jalur ini. Mereka bisa benar-benar khidmat merasakan prosesi jalur salib serta penderitaan yang dialaminya.

5. Dome of The Rock

Dome of The Rock

Kubah Shakhrah atau Dome of The Rock adalah tempat suci umat Yahudi, Kristiani, dan Islam sekaligus menjadi tanah utama yang ada di tengah-tengah tembok kompleks Al-Haram asy-Syarif. Kompleks ini sendiri berada dalam tembok Kota Lama Yerusalem. Dome of The Rock adalah tempat yang benar-benar ramai dikunjungi oleh para peziarah dari ketiga agama tersebut.

Batu Ash-Shakhrah ini dipercayai oleh umat Yahudi dan Kristiani adalah batu di mana Abraham mengorbankan anaknya Ishak. Sedangkan dalam ajaran umat Muslim dipercaya sebagai tempat Nabi Ibrahim AS mengurbankan Ismail dan tempat di mana Nabi Muhammad SAW dikirim ke surga.

6. Dominus Flevit

Dominus Flevit

Dominus Flevit diterjemahkan dari bahasa latin yang berarti ‘Tuhan Menangis’ dibangun dan didesain dengan bentuk mirip seperti air mata Tuhan Yesus. Bangunan ini dibangun dan didesain pada tahun 1953 and 1955 oleh arsitek Italia bernama Antonio Barluzzi.

Menurut pasal 19 berasal dari Injil Lukas, Yesus ketika memasuki kota Yerusalem, menjadi terkesan oleh keindahan Bait Allah dan menubuatkan depan Kota Yerusalem bisa hancur.

7. Chapel of Ascention

Chapel of Ascention

Chapel of Ascention adalah tempat yang ada di Bukit Zaitun. Kapel ini dipercayai sebagai tempat di mana Yesus naik ke surga empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya. Di dalam kapel ini ada sebuah batu di mana dipercayai terdapat telapak kaki Tuhan Yesus sebelum terangkat ke surga.

Kapel Kenaikan ini udah mengalami lebih dari satu kali renovasi. Bangunan pertama dibangun di situs kapel ini dikenal sebagai Imbomon atau dalam bahasa Yunani adalah ‘Di Atas Bukit’ pada abad ke-3.

8. Garden Tomb

Garden Tomb

Garden Tomb adalah salah satu dari situs ziarah yang diakui oleh banyak orang sebagai lokasi makam Yesus. Makam itu ditemukan pada 1861 dan memuat area ganda di mana pengunjung dipersilahkan untuk mengeksplorasi. Di sana ada taman yang merupakan tempat yang damai untuk merenung dan berdoa. Komuni juga di sajikan di sana untuk para peziarah yang mengadakan perjamuan kudus.

9. Yad Vashem

Yad Vashem

Yad Vashem adalah peringatan resmi Israel untuk orang-orang Yahudi korban Holocaust yang dibangun pada tahun 1953 melalui Undang-undang Peringatan yang disahkan oleh Knesset, parlemen Israel.

Museum Sejarah Holocaust yang baru dibangun dengan susunan segitiga mirip prisma. Bentuk segitiga bangunan ini mewakili potongan bagian bawah dari Bintang Daud, karena masyarakat Yahudi di seluruh dunia berkurang setengahnya sebagai akibat Holocaust.

10. Gereja St Anna dan Kolam Bethesada

Gereja St Anna dan Kolam Bethesada

Dua situs ini ada di Kota Tua Yerusalem. Tak terlalu jauh dari Pintu Gerbang Domba di sebelah kanan kita bisa menjumpai pintu masuk dari kompleks gereja ini. Memasuki kompleks gereja ini kita seperti di bawa ke dalam sebuah lingkungan biara luas dengan taman yang indah dan di bagian ujung utara kompleks gereja ini ada reruntuhan Kolam Bethesda yang disebut dalam Alkitab.

Di dalam gereja Santa Anna, Anda bisa bernyanyi bersama. Kualitas tata suara dalam gereja ini tidak ada duanya. Para peziarah tentu penasaran mengapa dinamakan Gereja St. Anna? Padahal kan di sini adalah tempat di mana Bunda Maria dilahirkan? Ketika sampai di sana, Anda bisa menemukan jawabannya.

Akhir Kata

Demikian itu pembahasan mengenai tempat wisata rohani kristen di israel. Semoga apa yang kami bagikan di sini dapat memberi referensi tempat religi tujuan mana yang akan dikunjungi ketika berlibur ke Israel atau Yerusalem.

Baca: