Wisata Rohani Kristen di Jawa Timur

Destinasi Liburan Umat Kristiani di Jawa Timur

Bersamakristus.org – Tempat wisata rohani Kristen di Jawa Timur. Luasnya Jawa Timur bukan hanya diisi oleh alam yang indah saja. Tidak pula diisi hanya rumah-rumah megah, pabrik, jalan raya, atau tempat publik.

Melainkan, di Jawa Timur juga ada banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Mungkin Anda belum tahu, tapi di Jawa Timur juga ada banyak tempat wisata rohani Kristen yang sangat terkenal.

Mulai dari gua maria yang cocok untuk berziarah, hingga gereja terkenal dan bersejarah yang bisa dijadikan tempat ibadah. Semuanya ada di Jawa Timur dan Anda bisa mengunjunginya kapan saja.

Apalagi ketika libur Natal, Misa, atau Pakah, tempat-tempat tersebut akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Baik lokal, luar provinsi, atau bahkan mancanegara.

Di sini, kami ingin merekomendasikan beberapa daftar tempat wisata rohani Kristen terbaik yang ada di Jawa Timur. Anda bisa langsung menyimaknya pada pembahasan di bawah ini.

Tempat Wisata Rohani Kristen di Jawa Timur

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja berikut adalah rekomendasi daftar tempat wisata rohani Kristen yang ada di Jawa Timur. Simak dalam pembahasan berikut.

1. Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria Surabaya

Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria Surabaya

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Kota Pahlawan adalah Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria Surabaya. Gereja ini juga dikenal sebagai Gereja Kepanjen dan digadang-gadang menjadi gereja tertua yang ada di Surabaya serta menjadi Gereja Katolik pertama di sana.

Arsitektur bangunannya membuat pengunjung serasa ada di luar negeri, sebab mmeiliki gaya gotik jika dilihat secara detail. Aksen cantiknya terdapat pada setiap detail gereja, mulai dari jendela, pintu, langit-langit, hingga atapnya. Arsitektur kuno inilah yang menarik perhatian para wisatawan.

2. Gereja Kristen Indonesia Ngagel Surabaya

Gereja Kristen Indonesia Ngagel Surabaya

Gereja Kristen Indonesia Ngagel (GKI Ngagel) berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Utara 81, Kota Surabaya. Gereja ini dilengkapi dengan gedung pertemuan, kantor gereja, perpustakaan, dan area pendeta yang berada dalma sebidang tanah seluas 950 meter persegi.

Di sana juga ada gedung serba guna sebanyak 4 lantai, dan secara teratur digunakan untuk ruangan kelas sekolah minggu, serta ada dua tempat tinggal di samping gedung gereja. Ada banyak kegiatan yang bisa dikerjakan di gereja ini, seperti kebaktian Minggu, doa pagi Kristen, persekutuan doa lansia, pemahaman Alkitab, latihan pemusik pemandu kebaktian Minggu, persiapan pelayan jemaat anak (PJA), persiapan pendamping pra remaja, dan persekutuan remaja.

3. Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat Maranatha

Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat Maranatha

Di Surabaya, terdapat pula gereja yang dijadikan sebagai cagar budaya, yakni Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat ‘Maranatha’. Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat ‘Maranatha’ ini terdapat di Jalan Yos Sudarso 2- 4, Kelurahan Ketabang, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Bangunan gereja ini punya arsitekturkhas Belanda Kolonial berciri Art Deco. Kondisi bangunan ini sanggup diamati dari atapnya yang besar dan rendah, dan juga tipe jendela serta pintu khas Belanda yang dimiliki.

Menariknya lagi, Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat ‘Maranatha’ ini sudah dijadikan sebagai cagar budaya pada tahun 2013 sesuai SK Wali Kota Surabaya No. 188.45/573/436.1.2/2011 oleh Pemerintah Kota Surabaya.

4. Gua Maria Lourdes Kediri

Goa Muria Lourdes di Kediri

Tempat wisata religi umat Kristiani yang sanggup Anda kunjungi pada saat berada di Jawa Timur adalah Gua Maria Lourdes. Tempat wisata religi yang lebih dikenal dengan nama Gua Maria Lourdes Pohsarang.

Gua ini merupakan salah satu tempat ziarah agama Katolik yang terdapat di kompleks Gereja Pohsarang, Desa Puhsarang, Semen, Kediri, Jawa Timur. Gua ini merupakan replika Gua Maria Lourdes di Prancis yang terkenal sebagai tempat penampakan Bunda Maria kepada St Bernadette.

Bukan cuma menampilkan patung Bunda Maria yang berdiri di dalam gua, di sini pengunjung juga sanggup melihat patung-patung yang melukiskan kisah-kisah rohani.

5. Gereja Kristen Jawi Wetan Jombang

gereja kristen jawi wetan

Gereja Kristen Jawi Wetan adalah salah satu tempat wisata religi yang berada di Kecamatan Mojowarno , Kabupaten Jombang , Jawa Timur. Gereja ini merupakan gereja tertua di Jawa Timur.

Walaupun Jombang dikenal sebagai Kota Santri, namun kawasan Mojowarno justru dihuni oleh mayoritas umat Kristen. Salah satu buktinya adalah dengan adanya Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang merupakan salah satu gereja kuno yang dibangun sejak Februari 1879.

Akhir Kata

Demikian itu pembahasan mengenai tempat wisata rohani kristen di jawa timur. Semoga apa yang kami bagikan di bawah ini bisa menjadi referensi Anda yang ingin berkunjung ke Jawa Timur untuk menuju destinasi religi Kristen di sana.

Baca:

Tinggalkan komentar