Wisata Rohani Katolik di Bali

Destinasi Wisata Religi Katolik di Bali

Bersamakristus.org – Tempat wisata rohani Katolik di Bali. Bali, Pulau Dewata, merupakan sebuah tempat yang sangat terkenal karena ada banyak destinasi wisata menarik dan menakjubkan di sana.

Salah satu yang paling terkenal ialah pantainya. Ada banyak pantai laut biru dengan pasir putih yang sangat indah dan bikin takjub. Budaya masyarakat setempat juga tak kalah bikin hati meleleh.

Namun dari sekian gemerlap indahnya alam Bali, ada banyak spot wisata tersembunyi religi Kristen yang layak untuk dikunjungi. Mungkin banyak yang tidak tahu pasalnya masyarakat Bali didominasi umat Hindu.

Namun ketika kita mencari tahu informasi lebih lanjut, kita akan mengetahui bahwa di sana ada banyak tempat wisata rohani Katolik yang luar biasa. Mulai dari gereja, katedral, hingga gua maria untuk ziarah.

Di sini, pada kesempatan yang baik ini kami ingin memberikan sebuah daftar lengkap tentang tempat wisata religi rohani Katolik yang ada di Bali. Anda bisa menyimaknya di pembahasan di bawah berikut.

Tempat Wisata Rohani Katolik di Bali

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar kumpulan tempat wisata rohani Katolik di Pulau Dewata. Simak ulasan lengkapnya ini.

1. Goa Maria Palasari

gereja hati kudus yesus palasari

Goa Maria Palasari berlokasi di Banjar Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali, menjadi salah satu kasawan di Bali Barat yang sangat suci. Area wisata ini juga dikenal dengan Gua Maria ‘Palinggih Ida Kaniaka Maria’, pertama kali dibangun pada tahun 1962.

Gua Maria di Palasari ini diberkati oleh Uskup DenpasarMgr. Vitalis Djebarus, SVD (alm) dan Bapa Uskup Mgr. DR. Benyamin Yosep Bria, PR (alm). Tr Bali yang singgah ke tempat ini. Ini adalah gua Maria tertua di bali sehingga tak heran banyak yang berkunjung ke sini, desain tempatnya juga cantik serta pintu gerbangnya diperindah oleh pahatan-pahatan patung malaikat.

2. Goa Maria Air Sanih

gua maria air sanih

Goa Maria Air Sanih berlokasi di Desa Bukti, Kecamatan Kubu Tambahan, Kab. Buleleng, Bali Utara. Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Gomas yang merupakan singkatan dari Goa Maria Air Sanih. Goa ini menjadi tujuan ziarah dan rekreasi yang populer di kalangan umat Kristen dan Katolik Bali.

Dulu, pembangunannya digagas oleh Romo Willy M. Batuah CDD sekitar tahun 1991 di lahan seluas 3 hektare. Dengann tempat yang luas, Gomas sukses dibangun, tidak hanya ada gua Maria dan jalur salib, namun juga ada taman-taman tertata rapi yang menjadikan tempat ziarah ini begitu menyenangkan.

3. Goa Maria Bunda Karmel Bedugul

rumah retreat gua maria bunda karmel

Goa Maria Bunda Karmel Bedugul lokasinya di Desa Batunya, Kecamatan Baturuti, Kabupaten Tabanan. Berada di jalur raya Baturiti-Bedugul, satu jalur perjalanan menuju objek wisata Danau Beratan Bedugul, jarak keduanya kurang lebih 6 km. Untuk menuju Goa Maria Bunda Karmel Bedugul yang berada di kawasan Bali Utara Buleleng ini perlu ditempuh kurang lebih 1,5 jam berkendara.

Lokasinya berada di dataran tinggi pegunungan dengan hamparan perkebunan berwarna hijau, dan juga segarnya serta sejuknya hawa alam pegunungan, menjadi tempat mengasyikkan untuk tempat ziarah dan rekreasi. Para peziarah yang singgah ke Goa Maria Bunda Karmel Bedugul juga disediakan tempat menginap. Alam yang tenang, halaman luas, wilayah jalur salib tertata rapi bersama taman-taman yang indah semua ada, terdapat juga laboratorium penelitian tanaman-tanaman beriklim sejuk.

4. Goa Maria Selabih

gua maria selabih

Goa Maria Selabih di Tabanan Bali ada di desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan. Lokasinya berada di dalam jalur menuju kawasan Bali Barat atau tujuan Goa Maria Palasari. Goa Maria Selabih ini tergolong jauh dari jalur raya utama, sehingga Anda harus menyusuri jalur perkampungan dan masuk ke wilayah hutan yang dipenuhi tanaman sawo.

Berada di atas lahan 18 hektar, bersama panorama hutan dan rindangnya pepohonan, menjadikan tempat ini benar-benar menyejukkan, benar-benar sesuai untuk menemukan ketenangan dan kedamaian hati. Patung Bunda Maria dibangun di bawah lindungan goa dan rindangnya pohon di sekitarnya, ditambah hembusan angin yang segar dan jauh dari keramaian menyebabkan perenungan kehidupan ketika melakukan ziarah dapat makin khusyuk.

5. Goa Maria Gumrih

gua maria gumrih

Goa Maria Gumbrih Jembrana Bali bertempat di Desa Gumrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Masuk ke kawasan Bali Barat, satu jalur bersama Desa Selabih dan Palasari. Gua Maria ini bisa ditempuh dalam sehari perjalanan. Berada di wilayah pedesaan bersama alamnya yang tenang dan masih asri, keramah-tamahan warga menjadi identitas bagi desa ini dalam menyambut para peziarah.

Akhir Kata

Demikian itu pembahasan mengenai tempat wisata rohani katolik di bali. Semoga daftar kumpulan tempat wisata religi yang kami rekomendasikan ini bisa menjadi referensi tujuan liburan Anda berikutnya di Bali.

Baca: