Wisata Rohani Katolik di Jogja

Destinasi Wisata Katolik di Jogja Favorit

Bersamakristus.org – Wisata rohani Katolik di Jogja. Tidak hanya kaya akan tempat-tempat instansi pendidikan kenamaan nasional dan dunia, Jogja juga merupakan salah satu surganya wisata di Indonesia.

Pasalnya, di Yogyakarta masih memiliki alam yang asri, sejarah yang terus dijaga, dan hingga kini pun terawat dengan baik oleh pemerintah setempat. Jogja merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di negeri ini.

Bagi umat Kristiani, Jogja juga bisa menjadi tempat untuk tujuan liburan sekaligus belajar agama. Pasalnya ada banyak tempat wisata rohani Katolik di Yogyakarta yang mungkin belum Anda ketahui.

Dengan berwisata di tempat rohani, seperti gua maria hingga gereja, kita bisa bersenang-senang sekaligus memperdalam kedewasaan rohani melalui pengetahuan dan wawasan baru.

Di kesempatan ini, kami ingin memberikan beberapa daftar rekomendasi tempat wisata rohani Katolik yang ada di Jogja. Anda bisa langsung menyimak ulasannya pada pembahasan lengkap di bawah berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Rohani Katolik di Jogja

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar kumpulan tempat wisata rohani Katolik terbaik di Yogyakarta. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Sendangsono

Goa Maria Sendangsono di Yogyakarta

Lokasinya berada di Bukit Menoreh, Sendangsono, mejadi salah satu alternatif terbaik menjalankan ziarah dan perenungan. Seabb, di sini Anda akan menemukan ketenangan batin dan pikiran, apalagi daerahnya didukung suasana bukit serta air sungai yang mengalir.

Ada banyak rintangan yang mungkin Anda temui di sepanjang jalan, namun ketika berdoa di kaki Bunda Maria, Anda bisa langsung lebih tenang dan merasa lebih bersyukur sekaligus lebih sering memanjatkan doa ucapan syukur Kristen. Anda juga bisa menikmati arsitektur Sendangsono yang dibangun oleh Pastor mangun.

2. Gua Maria Lawangsih

Gua Maria Lawangsih

Gua Maria Lawangsih adalah kawasan wisata spiritual dan ziarah agama Katolik di Yogyakarta. Sementara sebagian besar gua Maria di kawasan wisata ini adalah karya-karya tangan manusia, selebihnya gua Maria Lawangsih adalah gua alami. Di Yogyakarta itu sendiri, ada dua gua Maria alami, yaitu Gua Lakangsih di Kulon Prago dan Gua Trisis di Gunungkidul. Ukuran gua Maria Lawangsih juga cukup besar dan luas.

Di sini Anda akan bertemu sungai kecil yang mengalir di gua dan juga ornamen gua seperti stalaktit dan stalakmit lengkap dengan suara tetesan mereka. Lokasi yang ada di Perbukitan Menoreh dan jauh dari hiruk-pikuk kota membuat situasinya begitu tenang dan segar. Anda dapat berdoa di gua dengan mendengarkan tetesan air yang berasal dari stalaktit. Berada di daerah ini akan membuat Anda tenang dan dapat berterima kasih atas karya alam semesta yang indah.

3. Gua Maria Jatatih

Gua Maria Jatiningsih

Gua Maria Jatatih memiliki nama lain Gua Maria Jatiningsih, merupakan sebuah tempat ibadah dan kawasan wisata rohani Katolik Yogyakarta di Sleman, tepatnya di Sungai Prago. Di sini Anda bisa mengabdikan kepada Bunda Maria di bawah hamparan langit biru disertai angin sepoi-sepoi.

Tidak lupa, gemerisik pohon jati dan aliran sungai akan menambah suasana menjadi makin melodius. Setelah berdoa Anda bisa menikmati pemandangan pohon jati serta sungai yagn menenangkan. Sebelum pulang, Anda juga bisa mengambil air sendang yang memberikan kesegaran jiwa.

4. Gua Maria Sendang Sriningsih

Goa Maria Sriningsih di Klaten

Sendang Sriningih berada di puncak bukit dan dikelilingi oleh pohon-pohon yang teduh sehingga suasananya sangat kondusif untuk mendiversifikasi segalanya dengan menenangkan. Untuk mencapai wilayah gua Maria yang satu ini, Anda harus berjalan di sepanjang jalan menuju salib, yang merupakan hutan yang cukup panjang. Tapi tenang, jalan disemennya agar tidak tergelincir.

Bahkan jika itu melelahkan, Anda akan disuguhi keindahan alam dengan pemandangan Gunung Merapi yang jelas, serta desa-desa di kaki bukit. Di sini, ada banyak area yang bisa digunakan untuk bersantai dan beristirahat. Tetapi sebagian besar peziarah memilih untuk berdoa sebelum gua Maria atau di paviliun terbuka dekat Sendang.

5. Gua Maria Tritis

goa maria tritis

Gua Maria Tritis berada di lapangan Jati, di sebelah garis yang menghubungkan pantai-pantai indah Gunungkidul. Demikian pula, dengan gua Maria Lawangsih di Kulon Prago, Maria Trisis, termasuk gua yang benar-benar alami dengan ornamen yang luar biasa. Sebelum digunakan sebagai kawasan wisata spiritual Katolik di Yogyakarta, tempat ini dulunya merupakan gua yang tenang dan berhantu.

Dikatakan bahwa waktu pangeran dari kerajaan Mataram, pernah membuat persinggahan dan area pertapaan. Gua Maria Trisis telah digunakan sebagai bidang yang menjadi perhatian dan ziarah umat Katolik sejak tahun 1974. Sejak masa lalu, banyak variasi fasilitas dukungan dibangun. Di Maria (Mei dan Oktober), gua Maria ini berantakan dengan peziarah. Di daerah ini, Anda dapat merasakan keheningan di pohon jati dan sisa gua alami.

6. Gereja Ganjuran

hati kudus yesus ganjuran

Terletak di wilayah Yogyakarta selatan, tidak jauh dari wilayah pesisir, Gereja Ganjuran dapat digunakan sebagai daerah untuk perenungan dan wilayah telah memulihkan hati Anda yang gugup dan gelisah. Di sini Anda akan dimanjakan dengan arsitektur dan interior Gereja Njawani. Hal yang menarik dari proyek gereja ini adalah keberadaan Kuil Suci Jantung Yesus dengan angka Yesus mengenakan pakaian tradisi Jawa.

Anda dapat berdoa di halaman bait suci atau kurang memanjat di ceruk bait suci. Selain itu, Anda dapat mengikuti perayaan Ekaristi dengan musik gamelan. Bagi pelajar Kristen Jogja, Gereja Shardan salah area favorit untuk melarikan diri dari rutinitas. Gereja ini juga mampu dikatakan sebagai kawasan wisata Katolik populer Yogyakarta.

7. Sumur Kitiran Mas

Sumur Maria Kitiran Mas di Yogyakarta

Tidak seperti gua lain Maria, Gua Kitiran Mas tidak berada di area terbuka, tetapi ada di dalam Gereja Maria Assumpta Pakem, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta.. Sebuah gereja sederhana dan tidak terlalu besar, tetapi penuh dengan cerita yang menarik. Tempatnya tidak ada jauh dari kursi area pemilihan yang mengarah ke Ekaristi, tepatnya di bawah kaki Bunda ibu Maria.

Ada dua sumur, berdiameter pertama 20 cm dan diameter kedua 70 cm. Sumur ini dilengkapi dengan ember dan Timba. Air datang dari bagian dalam sumur bisa diminum bahkan tanpa dimasak terlebih dahulu. Sehingga, Kitiran Mas menjadi salah satu daftar kawasan wisata spiritual Yogyakarta.

8. Gua Maria Giri Wening

Gua Maria Giri Wening

Gua Maria Giri Wening adalah daerah ziarah di Gunungkidul, meskipun paroki memasuki Kabupaten Klaten. Awal dari penciptaan Gua Wening Maria Giri dimulai oleh penduduk setempat bernama Bapak Romanus Pambudi yang memiliki wangsit atau wahyu. Wahyu lebih dapat diterima dalam penurunan cahaya yang menyerupai salib yang mengarah ke taman belakang tempat mereka tinggal.

Pada awalnya, lokasi ini hanya berupa taman doa tetapi oleh penghuni lebih atau kurang berubah menjadi tempat ziarah yang tenang. Destinasi wisata Katolik di Yogyakarta berada di bawah tebing berbatu. Hanya saja, patung Budna Maria tidak sendirian, tetapi bersama dengan putranya. Selain itu, batu itu membuat patung Bunda Maria dan seluruh batu menjadi terhubung.

9. Gereja Katolik Kitab Suci Gunung Sempu

Gereja Katolik Salib Suci Gunung Sempu

Gereja Katolik Kitab Suci Gunung Sempu adalah sebuah gereja dan daerah ziarah yang diasingkan di Gunung Sempu. Para peziarah sering menyebutnya dengan nama Bukit Golgota Yogyakarta. Suasana yang sangat tenang akan membantu Anda mendapatkan Tuhan dan berpikir tentang kesengsaraan Allah. Di kawasan wisata agama Katolik Yogyakarta ini, Anda akan menemukan salib kayu jati yang besar. Anda akan memasukkan untuk dapat memanjatkan doa Kristen dengan disertai dengan angin bukit.

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai tempat wisata rohani katolik di jogja. Mudah-mudahan informasi ini bisa menjadi sebuah referensi ketika Anda mengunjungi Yogyakarta untuk libutan di tempat wisata rohani Katolik.

Baca: