Bolehkah Orang Kristen Meditasi

Apa Boleh Umat Kristen Meditasi

Bersamakristus.org – Bolehkan orang Kristen meditasi. Pasti ada yang bertanya-tanya apakah orang agama Kristen boleh melakukan meditasi atau tidak? Sebenarnya hal ini tergantung dari diri Anda.

Semadi atau meditasi dimaknai sebagai praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran. Pelepasan dilakukan dari Segala hal yang menarik, membebani, atau juga mencemaskan dalam hidup sehari-hari.

Adapun makna harfiah melakukan kegiatan meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, dan merenungkannya. Tentu saja umat Kristiani juga mengenal apa itu meditasi.

Bagi yang masih ingin tahu bolehkah orang Kristen melakukan meditasi, ada baiknya membaca beberapa penjelasan berikut terlebih dahulu. Kami sudah merangkumnya dari berbagai sumber.

Bolehkah Orang Kristen Melakukan Meditasi

Di bawah ini merupakan penjelasan dan pembahasan lengkap mengenai apa boleh umat Kristen melakukan kegiatan meditasi? Ini dia pembahasan lengkapnya untuk Anda.

1. Keselamatan Berasal dari Allah

Orang Kristen mungkin berpikir bahwa meditasi bisa menyelamatkan diri kita. Konsepnya adalah kita mendapatkan ketenangan diri dan pencerahan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Lewat meditasi kita berharap mendapat jawaban atas persoalan kita.

🔥 Trending:   Makna Garam dan Terang Dunia

Namun hidup bukan dikuasai oleh diri kita saja, melainkan juga dipegang oleh Allah. Jadi, hanya Allah yang bisa memberikan keselamatan kepada kita. Bagaimanapun kita mengosongkan diri, jika tak dipenuhi kuasa Allah, maka kita tak akan mendapatkan keselamatan itu.

Hanya Allah yang berkuasa bisa mengatasi persoalan dalam hidup kita. Hanya Allah yang punya jawaban segala persoalan kita. Maka dari itu seharusnya kita tidak melakukan meditasi, melainkan mendekatkan diri kepada Allah.

2. Yoga Tidak Berpusat pada Allah

Salah satu bentuk meditasi yang terkenal yaitu yoga, banyak orang Kristen meditasi dengan yoga. Kita juga menganggap yoga sebagai latihan fisik, sehingga merasa tidak masalah melakukannya. Tapi kita harus lebih dulu menilik konsep yoga.

Dalam melakukan yoga, ada berbagai gerakan yang dilakukan, ternyata postur tubuh ini dibentuk sesuai postur untuk penyembahan dewa-dewi. Secara tidak langsung saat melakukan yoga, kita melakukan penyembahan dewa-dewi.

Selain itu dalam yoga, kita juga melakukan pernapasan pranayama. Berdasarkan asal-usulnya, pernapasan pranayama ditujukan untuk membuat kita menjadi mahahadir. Hal ini tentu seakan-akan kita menjadi Allah, berusaha menyaingi Allah, dan semacamnya.

Dengan latar belakang yoga ini, kita tak seharusnya melakukan yoga untuk meditasi. Mungkin itu semua hanya sekedar postur, namun kita bisa saja beraslasan hal yang terpenting adalah tidak fokus pada sasaran itu.

🔥 Trending:   Perbedaan Gereja Karismatik Dengan Protestan

Tapi kita harus berhati-hati, sebab kuasa jahat selalu siap menyerang kita apalagi jika kita memberikan kesempatan. Maka dari itu sebaiknya berhati-hati sebelum melakukannya, berdoa meminta perlindungan kepada Tuhan.

3. Meditasi untuk Mendekatkan Diri kepada Allah

Bagaimanapun ada wkatu ketika kita perlu menenangkan diri. Ktia sering terlalu kuatir tentang masalahkita, terlalu panik sampai kita tak bisa berpikir rasional. Sebenarnya ada bentuk meditasi yang bisa kita lakukan.

Tujuan meditasi orang Kristen adalah mendekatkan diri kepada Allah bukan mengosongkan diri, maka bolehkah orang Kristen meditasi? Jika tujuannya demikian jawabannya adalah boleh. Meditasi Kristen membantu kita mengerti kehendak Allah atas hidup kita.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai bolehkah orang agama kristen meditasi. Mudah-mudahan informasi ini menjelaskan Anda apakah umat Kristiani boleh bermeditasi atau tidak.

Baca: