Wisata Rohani Katolik di Jawa Tengah

Destinasi Liburan Katolik di Jateng Favorit

Bersamakristus.org – Wisata rohani Katolik di Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi paling padat di Indonesia, setelah Jawa Barat dan Jawa Timur tentunya.

Provinsi ini beribukota di Semarang, kota yang letaknya di utara Pulau Jawa yang juga merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Jawa Tengah membentang luas, masih banyak alam asri di tengah padatnya penduduk lokal.

Tak heran bila tempat ini punya banyak destinasi wisata populer dan terbaik, bahkan kerap dikunjungi berbagai kalangan. Mulai dari anak muda, keluarga, hingga orang yang taat terhadap agama Katolik.

Ya, Anda tak salah dengar, memang banyak orang yang taat terhadap agama Katolik mengunjungi Jawa Tengah untuk berwisata. Pasalnya di sini banyak daerah destinasi wisata rohani Katolik yang layak dikunjungi.

Bagi yang belum mengetahui informasi tersebut, tak perlu khawatir karena pada kesempatan ini kami akan menjelaskannya untuk Anda. Di sini kami akan menjelaskan tentang tempat-tempat terbaik untuk berwisata rohani Katolik di Jawa Tengah.

Daftar Tempat Wisata Rohani Katolik di Jawa Tengah

Langsung saja kita mulai pembahasannya, tanpa banyak berbasa-basi kembali silahkan simak penjelasan mengenai tempat wisata Katolik yang ada di Jawa Tengah. Simak dalam pembahasan berikut ini.

1. Goa Maria Cokro Grabag

gua maria cokro grabag

Goa Maria Cokro Grabag terletak di Sumurgdomandung, Sumurum, Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi gua ini berada sekitar 5 kilometer dari Jalan Magelang-Semarang. Gua ini digunakan oleh umat Katolik sebagai tempat ziarah dan pengabdian. Menurut pengunjung, patung Bunda Maria yang dibangun oleh pematung asli Magelang menggunakan bahan fibrosis. Pengunjung yang datang ke tempat ini bukan hanya umat Katolik, tetapi juga agama lain. Goa Maria Cokro Grabag terbuka untuk semua orang yang ingin berkunjung.

2. Goa Maria Sendang Ratu Kenya

gua maria sendang ratu kenya

Sudha banyak yang tahu tentang Goa Maria Sendang Ratu Kenya atau yang juga dikenal dengan nama Sendang Growong, karena letaknya di Giriwoyo, Wonogiri, Jawa Tengah. Gua ini mungkin dianggap menakutkan, namun menjadi tempat ziarah yang wajib dituju. Masyarakat di sini percaya gua ini adalah rumah untuk setan besil.

Gua ini berubah setelah umat Katolik lokal yang dipimpin oleh Peter Suhirman disebut bisa memindahkan setan tersebut menggunakan doa novena, salah satu doa Katolik yang ampuh. Sekarang dua ini menjadi tempat berziarah yang sangat direkomendasikan untuk para pelancong.

3. Goa Maria Pereng Salatiga

gua maria pereng salatiga

Tempat rekomendasi pertama untuk wisatawan yang mau ziarah rohani Katolik di pusat Jawa adalah Goa Maria Pereng Salatiga yang berlokasi di Dusun Jampelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gua ini sangat jauh dengan pemukiman penduduk. Meskipun berada di lereng Merabu, yang mencapai 10 km dari kota Salatiga, situs ini tetap direkomendaiskan.

Alasan Goa ini dinamai nama Goa Maria Pereng Salatiga adalah bahwa lokasi tempat ini terletak di daerah berbukit. Akses ke Goa Maria Pereng cukup mudah, yang tidak membuat pengunjung kesulitan mencapai ke sana meski agak jauh. Tempat ini berdekatan dengan Gereja St Yusuf Getasan dan Paroki Saint Paul di Salatiga.

4. Goa Maria Kerep Ambarawa

gua maria kerep ambarawa

Goa Maria Kerep Ambarawa berlokasi di Jalan Siswa non-tentara. 81, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Goa ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk mendekati Sang Pencipta. Lokasinya berada di area berbukit di sebelah lereng Gunung Ungaran dengan suasana yang indah dan menyenangkan.

Jika Anda berada di sini Anda dapat melihat pemandangan Kota Ambarawa, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan danau yang begitu indah. Dengan kondisi tenang dan menenangkan, tempat ini tentu sangat cocok sebagai tempat untuk berdoa, ziarah, atau hanya berlibut dengan sanak keluarga.

5. Goa Maria Mojosongo

gua maria mojosongo

Goa Maria Mojosongo berada di daerah Debengan, Surakarta, Jawa Tengah. Gua ini berada di selatan Kota Solo. Tujuan pembangunan gua ini adalah bentuk keinginan Solo yang memiliki Tuhan dan melayani Perawan Maria. Tujuan ini kemudian menerima tanggapan positif dari orang-orang Solo sehingga komite pembentukan Gua Maria Mojosongo terbentuk. Goa Maria ini memiliki total luas area 4.585 meter dengan bangunan-bangunan besar, kamar besar, dikelilingi oleh taman yang teduh.

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai tempat wisata rohani katolik di jawa tengah. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda untuk mengetahui destinasi-destinasi wisata Katolik yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Baca:

Tinggalkan komentar