Jenis-jenis Dosa dalam Alkitab

Macam-macam Dosa Menurut Alkitab

Bersamakristus.org – Jenis-jenis dosa dalam Alkitab. Manusia tidak bisa lepas dari dosa, bahkan sejak lahir mereka sudah membawa dosa bawaan yang datang dari masa lalu.

Ada banyak jenis dosa yang dicontohkan dalam Alkitab. Akibat dosa menurut Kristen juga sangat banyak, tidak hanya merugikan diri kita melainkan juga orang lain.

Oleh karena itu kita dianjurkan untuk selalu menghindarkan diri dari dosa. Salah satu caranya berdoa kepada Tuhan memohon supaya dijauhkan dari roh jahat, karena merekalah yang suka menghasut kita.

Selain itu kita juga perlu memahami apa saja jenis-jenis dosa dalam pandangan Alkitab. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan kami jelaskan secara rinci pada pembahasan berikut.

Jenis-jenis Dosa dalam Pandangan Alkitab

Langsung saja ini dia pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis dosa dalam pandangan Alkitab. Berikut ulasan serta panduan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

1. Menyembah Berhala

Dosa pertama yang dilakukan adalah memilih menyembah berhala dibandingkan Allah. Penyembahan ini pada masa lalu seperti menyembah kepada dewa, baal, dan semacamnya. Di masa sekarang, berhala yang kerap disembah seperti meninggi-ninggikan uang di atas segalanya, harta, tahta, dan semacamnya.

2. Menyebut Nama Tuhan Tidak Hormat

Anda mungkin pernah mendengar kata sumpah, biasanya dibuat kebanyakan orang untuk membantu meyakinkan suatu pernyataan kepada orang lain. Ada juga sumpah yang dilakukan mengatasnamakan Tuhan dan kebenaran palsu. Hal ini yang menjadi perbuatan dosa kepada Allah karena tidak menyebut nama-Nya secara hotmat.

3. Meninggalkan Gereja

Meningalkan gereja termasuk secara perlahan juga bisa disamakan dengan tidak menguduskan Tuhan. Mereka tidak hanya menolak mendengarkan firman Tuhan, namun juga keburukan lainnya. Meninggalkan gereja bisa menjadi bukti bahwa kita sudah tidak percaya kepada Tuhan atau bahkan tak lagi membutuhkan-Nya.

4. Meragukan Tuhan

Salah satu dosa yang sering diperbuat adalah rasa ragu akan kuasa Tuhan. Meragukan Tuhan memang kerap tidak kita sadari karena perbuatan paling sederhana saja bisa membuat kita meragukan-Nya, contohnya adalah menyontek meski kita sudah belajar semalaman karena takut nilai ujian jelek.

Anda lupa bahwa penyertaan Tuhan itu nyata, selama Anda berusaha keras maka Anda akan mendapatkan nilai yang sesuai dengan kemampuan. Mendapatkan nilai jelek juga tidak selamanya merupakan keburukan karena dari situ Anda bisa melihat kesalahan yang masih Anda lakukan, dan mungkin saja kesalahan-kesalahan itu tidak Anda sadari.

5. Tidak Menghormati Orangtua

Jenis-jenis dosa dalam Alkitab berikutnya yaitu tidak menghormati orangtua, mereka adalah dua pribadi yang sangat menginginkan kelahiran kita. Sebagaimanapun perbuatan mereka kepada kita, tanpa mereka tentu saja kita tidak akan bisa ada di dunia ini.

Mereka akan melakukan apa saja untuk menjamin kebahagiaan kita, menjamin pemenuhan kebutuhan kita. Mereka pun akan terus berusaha untuk kita, namun kita hanya bisa membalas cinta kasih mereka dengan menghormati kedua orangtua. Namun di masa sekarang, ada banyak contoh perbuatan tidak berbakti yang ditunjukkan anak muda.

6. Menghilangkan Nyawa

Banyak sekali kasus menghilangkan nyawa orang lain karean adanya dendam dan benci, mungkin amarah memang sudah terpendah selama bertahun-tahun dan akhirnya meledak. Tapi bukankah hal ini membuat Anda menjadi lebih kejam dibandingkan dia?

Apa Anda tidak ingin menjadi orang yang lebih baik dibandingkan orang yang Anda benci? Bukankah mengampuni adalah hal yang tertulis dalam Alkitab? Tuhan juga sudah mencontohkan teladan kepada kita untuk mengasihi bahkan mendoakan musuh.

7. Mencuri

Mencuri menjadi perbuatan yang dilakukan karena berbagai faktor, termasuk iri hati. Tindakan ini merugikan kedua belah pihak, yaitu pihak yang dicuri dan pihak yang mencuri.

Bagi pencuri, mereka akan menjadi malas melakuakn segala hal, cenderung menyepelekan sebuah masalah dan mengambil barang milik orang lain. Bagi yang dicuri, mereka akan dirugikan karena kehilangan barang yang dimiliki.

8. Berzhina

Zhina juga merupakan jenis-jenis dosa dalam Alkitab, dosa ini adalah perbuatan orang yagn sudah menikah namun melakukan hubungan dengan orang yang bukan pasangannya. Selain melanggar hukum Allah, ini juga bisa merusak hubungan atau ikatan perkawinan yagng ada.

Tak hanya berlaku bagi orang yang sudah menikah, orang yang belum menikah juga bisa mendapatkan dosa ini. Dalam berbagai ayat Alkitab sudah jelas bahwa zhina adalah perbuatan yang tidak baik.

9. Saksi Dusta

Saksi dusta atau fitnah merupakan perbuatan ketika seseorang mengatakan suatu pernyataan yang tidak sebenarnay. Perbuatan ini tentu akan berdampak besar bagi kehidupan seseorang.

Bila anda besaksi dusta, entah itu untuk keuntungan pribadi atau alasan lain, lebih baik Anda mengurungkannya. Anda seharusnya menerapkan hukum kasih dalam Alkitab sehingga hubungan kita dengan Allah akan menjadi lebih baik lagi.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai jenis dosa dalam alkitab. Semoga artikel yang kami tulis pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk semua umat Kristiani.

Baca: