Dosa Turunan dalam Kristen

Dosa yang Diturunkan Menurut Kristen

Bersamakristus.org – Dosa turunan dalam Kristen. Setiap manusia yang lahir ke dunia telah membawa dosa yang diturunkan. Tak heran bila orang percaya sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa pengakuan dosa Kristen.

Turunan dalam hal ini maksudnya adalah dosa yang diturunkan dari leluhur kita, dosa yang sudah ada sejak kita menginjakkan kaki pertama kali di dunia. Dosa yang telah ada meski kita masih hidup dalam kesucian.

Mungkin masih banyak yang belum paham tentang apa itu dosa turunan dalam agama Kristen? Bagaimana kita bisa mendapatkan dosa tersebut dan bagaimana cara meminta ampun atas dosa itu?

Di sini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai dosa yang diturunkan kepada manusia dalam agama Kristen. Simak ulasan lengkapnya pada uraian lengkap di bawah ini.

Dosa Turunan dalam Kristen Menurut Alkitab

Ketika manusia dilahirkan, mereka sudah membawa sifat jelek sampai mati. Sadar atau tidak, dosa itu menjadi melekat dalam diri seseorang. Apa saja? Berikut dosa-dosa turunan dalam pandangan Alkitab.

1. Dosa dari Keinginan Mata

Manusia kerap bersikap egois, terutama jika mereka berhasil melakukan sesuatu. Sama seperti dosa yang terjadi pada Adam dan Hawa ketika keduanya melihat apel yang tak boleh dimakan oleh mereka.

Keinginan matanya berhasil menjerumuskan mereka ke dalam dosa. Bila dihubungkan di masa kini, banyak dari kita yang mengawali dosa dari keinginan mata, seperti ingin uang berlebih, jabatan tinggi, dan sebagainya dengan cara yang tidak baik.

2. Dosa dari Keinginan Lidah

Manusia juga kerap berbohong pada sesuatu yang hanya menguntungkan diri mereka sendiri saja. Seseorang menggunakan lidahnya untuk mempengaruhi orang lain, mengadu domba orang lain, serta mengatakan keburukan orang lain. Seseorang rela berdusta serta menghakimi orang yang dibencinya.

3. Dosa dari Keinginan Hati

Dosa turunan berikutnya dalam Kristen juga berasal dari hati yang kotor, membuat manusia sering berbuat jahat kepada orang lain. Dosa ini biasanya berasal dari keinginan mata yang turun ke hati dan pikiran manusia. Jika mereka tak bisa mengontrol hati, mereka akan terjebak dalam dosa.

4. Dosa dari Keinginan Daging

Dosa turunan menurut KRisten berikutnya adalah berdasarkan keinginan daging, yaitu ketika manusia sering mengikuti nafsu dirinya sendiri. Contohnya ada banyak, seperti minum-minuman, main wanita, dan sebagainya. Di zaman sekarang, banyak yang berdosa akibat terlalu menuruti daging.

5. Dosa dari Keinginan Kaki

Kaki juga bisa menjadi sumber dosa, karena langkah kaki akan mengantarkan manusia untuk melakukan tindakan jahat. Bila seseorang tidak bisa mengatur langkah kakinya, dia akan mudah terjerat dalam dosa karena dia akan selalu mengikuti arus dosa tersebut.

6. Dosa dari Keangkuhan Hidup

Dosa juga kerap terjadi karena kita berlaku sombong atau angkuh. Sebelum masuk ke jerat dosa, Anda harus menyadari apa yang dimiliki berasal dari Allah. Bila harta Anda hanya akan mengantarkan masuk ke dosa, Allah bisa mengambil semuanya, tujuannya supaya Anda sadar dan mau bertobat.

7. Dosa dari Penumpahan Darah

Terakhir dosa bisa diakibatkan karena darah tak berdosa, yaitu sosok Yesus KRistus. Ahli Taurat dan orang Farisi menyerahkan Yesus kepada Pilatus untuk disalibkan, padahal Yesus tak melakukan kesalahan sedikit saja. Karena merasa terancam pada kekuasaan, mereka menyerahkan darah tak berdosa untuk disalib.

Akibat Dosa Turunan Menurut Kristen

Akibat dosa turunan, maka gambar Allah yang ada di dalam diri manusia menjadi rusak. Keursakan tersebut meliputi empat hal yaitu sebagai berikut.

  • Spiritual, rusaknya hubungan Allah dan manusia karena manusia menjauhkan dirinya dari Allah.
  • Fisik, kerusakan ini ada sejah manusia dilahirkan. Kerusakan fisik dapat berupa cacat atau jenis penyakit bawaan sejak lahir.
  • Mental, kerusakan gambar Allah karena rusaknya mental manusia. Kerusakan ini terjadi pada masalah pribadi manusia itu sendiri.
  • Moral, rusaknya gambar Allah akibat kekejaman yang dilakukan oleh manusia.

Membersihkan Diri dari Kesalahan Turunan

Dosa tersebut ditanggung oleh pribadi dan bisa diukur melalui perbuatan jahat yang dilakukan masing-masing individu. Tapi dosa itu juga bisa dibersihkan dengan cara sebagai berikut.

1. Minta Petunjuk Roh Kudus

Roh Kudus merupakan tanda kemenangan yang dilimpahkan Allah kepada manusia. Apabila seorang Kristen bisa hidup dalam Roh Kudus, maka dia mampu untuk menjauhkan diri dari perbuatan jahat, termasuk dosa turunan yang telah dijelaskan.

2. Rajin Membuka Firman Tuhan

Firman Tuhan bisa membawa manusia untuk tidak melakukan dosa, lagipula firman adalah air kehidupan. Dengan membacanya setiap hari, bisa membantu umat Kristiani untuk melakukan perbuatan baik. Penjelasan tentang perbuatan yang disukai dan tidak disukai oleh Allah juga dijelaskan di sana.

Membaca firman Tuhan tampaknya juga sepele, tapi jika manusia tidak hidup di dalamnya, manusia bisa terbawa arus serta masuk dalam kehancuran. Maka dari itu Anda harus membiasakan diri dari sekarang dan firman jangan hanya dibaca saja melainkan juga dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Berdoa Mohon Ampunan

Terakhir adalah berdoa, ingat bahwa apapun masalah yang dijalani bisa diselesaikan dengan berdoa kepada Tuhan. Anda jangan terlalu menutup diri dan tidak mau menerima bantuan-Nya, padahal hal itu hanya akan membuat masalah Anda tak selesai-selesai.

Akhir Kata

Sekian sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang dosa turunan dalam agama kristen. Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai dosa yang diturunkan kepada kita menurut pandangan Alkitab.

Baca: