Pandangan Iman Kristen Terhadap Perayaan Halloween

Pandangan Alkitab Mengenai Peringatan Halloween

Bersamakristus.org – Pandangan iman Kristen terhadap perayaan halloween. Di masa sekarang ada banyak gaya hidup dan perayaan yang kerap dilakukan. Salah satunya adalah halloween yang lekat dengan simbol wajah di buah labu.

Halloween adalah tradisi bangsa Celtic kuno yang biasanya dirayakan pada setiap tahun, tepatnya tanggal 31 Oktober. Awalnya halloween diniatkan sebagai ritual mengusir sial, keburukan, dan semacamnya.

Namun di masa sekarang, kini tradisi itu menjelma menjadi semacam parade kostum dan pesta , khususnya bagi anak-anak. Asal-usul Halloween pun berasal dari tradisi Celtic kuno Samhain ataupun festival musim panas.

Nah pertanyaannya sekarang, apakah halloween itu dibolehkan dalam Alkitab atau agama Kristen? Daripada bingung, lebih baik simak saja beberapa penjelasan yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Pandangan Iman Agama Kristen Terhadap Perayaan Halloween

Berikut ulasan lengkap mengenai pandangan iman agama Krisetn terhadap perayaan halloween. Anda dapat melihat rangkumannya yang kami sadur dari berbagai referensi.

1. Asal Usul Halloween

Asal usul Halloween berhubungan dengan samhain, istilah untuk menyebut hari raya kafir kuno yang dirayakan orang Kelt. Mereka percaya pada waktu samhain, manusia bisa bergaul dengan orang yang sudah mati. Tapi sudah jelas bahwa itu bertetangan dengan kematian menurut Kristen.

2. Kostum Hantu sebagai Roh

Dalam buku An American Holiday, An American History, orang Kelt menganggap mengenakan kostum hantu agar mereka juga dianggap hantu oleh roh bergentayangan. Dengan demikian hantu-hantu itu tiadk akan mengganggu mereka.

Sebagian dari mereka juga memberikan permen kepada roh untuk menenangkan diri. Di luar negeri juga ada tradisi masyarakat perayaan hallowewn mampir ke rumah-rumah meminta permen kepada pemilik rumah, jika tidak mereka akan menjahilinya.

3. Membawa Kesenangan

Bagi sebagian orang, perayaan halloween membawa kesenangan yang anti-Kristen dan tidak bertanggung jawab karena tidak langsung akan diperkenalkan dengan dunia kegelapan. Mungkin beberapa orang berdalih halloween hanya untuk kesenangan semata.

Tapi di situlah letak kelamahannya. Mereka tidak sadar peringatan akan ritual tersebut bertentangan dengan ajaran gereja dan Alkitab.

4. Identik dengan Kegelapan

Perayaan halloween juga identik dengan dunia kegelapan. Tradisi ini merupakan kebudayaan dari penyembahan berhala dan orang yang tidak mengenal Allah. Dengan ikut merayakannya, secara tidak sadar manusia berteman dengan karakter iblis dan ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai pandangan agama kristen terhadap halloween. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bisa menjelaskan Anda mengenai sikap yang harus dilakukan terhadap perayaan halloween.

Baca: