Ayat Alkitab untuk Orang Tua

Ayat Alkitab Kristen untuk Orang Tua

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab untuk orang tua. Sebagai seorang anak kita harus berbakti kepada orangtua. Bahkan di segala kesempatan kita harus memanjatkan doa Kristen untuk orang tua.

Doa tersebut ditujukan untuk memohon kebaikan bagi orangtua, mulai dari sehat jasmani, sehat rohani, lancar rezeki, dan dipanjangkan umurnya. Selain itu juga diberi kebahagiaan serta sukacita sepanjang hari.

Dalam Alkitab juga dijelaskan bahwa kita harus berbakti kepada orangtua, paham bagaimana membentuk keluarga Kristen yang ideal. Dan semuanya dapat kita pelajari sebagai renungan harian.

Maka dari itu di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang daftar kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan untuk orang tua. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada uraian di bawah berikut ini.

Kumpulan Ayat Alkitab untuk Orang Tua

Berikut beberapa ayat emas Alkitab atau firman Tuhan untuk orang tua. Anda bisa menyimak seluruh ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya di bawah berikut ini.

1. Ayat Alkitab Tentang Sikap Suami Istri

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”

2 Korintus 6:14

“Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.”

Amsal 31:10-11

“Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.”

Efesus 5:25

“Hai istri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.”

Efesus 5:22-34

“Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap istrinya, demikian pula istri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi istrinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.”

1 Korintus 7:3-5

“Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.”

1 Korintus 11:3

“Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.”

Amsal 29:7

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Amsal 22:6

“Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.”

Amsal 12:4

“Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

Ulangan 6:7

2. Ayat Alkitab Tentang Sikap Orang Tua ke Anak

“Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.”

Amsal 29:7

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Amsal 22:6

“Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

Ulangan 6:7

3. Ayat Alkitab Tentang Sikap Anak ke Orang Tua

“Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu – ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.”

Efesus 6:1-3

“Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.”

Amsal 6:21

“Dengarkanlah ayahmu yang memperanakkan engkau, dan janganlah menghina ibumu kalau ia sudah tua.”

Amsal 23:22

4. Ayat Alkitab Tentang Sikap Sesama Saudara

“Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

Yohanes 13:34-35

“Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.”

Imamat 19:17

“Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.”

Roma 12:10

Daftar Ayat Emas Alkitab Lainnya

Selain tentang orang tua, kami juga memiliki rangkaian ayat emas Alkitab lainnya yang juga bermanfaat untuk direnungkan. Anda bisa menyimak ulasannya pada pembahasan di bawah ini.

Akhir Kata

Sekian sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang ayat emas alkitab untuk orang tua. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita sekaligus menjadi renungan rohani yang bermanfaat untuk umat percaya.

Baca: