Cara Bersekutu dengan Roh Kudus

Langkah Menjadi Sekutu Roh Kudus

Bersamakristus.org – Cara bersekutu dengan Roh Kudus. Bersekutu artinya hidup sebagai bagian atau menjadi satu dengan Roh Kudus. Nah, pernahkah Anda merasa bahwa hidup kita telah jauh dari Tuhan?

Mungkin saja hal tersebut terjadi karena kita belum benar-benar bersekutu dengan Roh Kudus. Kemudian yang harus dilakukan adalah Anda harus kembali membangkitkan api Roh Kudus yang ada di dalam diri.

Mengapa? Karena kalau yang baik tidak mengambil alih, maka tempat itu akan digantikan dengan yang jahat. Jika hati kita tidak diisi oleh Roh Kudus, maka roh dunia akan berkuasa atas diri kita, sebab manusia akan terus mencari kepuasan hati.

Lalu, bagaimana cara bersekutu dengan Roh Kudus? Di kesemaptan ini kami ingin menjelaskan kepada Anda mengenai tahapan dan langkah hidup kembali di dalam Roh Kudus, simak ulasannya di bawah ini.

Tahapan dan Cara Bersekutu dengan Roh Kudus

Nah, untuk bisa senantiasa hidup dalam Yesus tentu saja kita mau tidak mau membutuhkan Roh Kudus. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan agar Roh Kudus kembali berkobar dalam diri kita.

1. Memiliki Keinginan Kuat

Motivasi yang kuat akan membantu kita melakukan sesuatu, mau terus bergerak, mau berubah menjadi lebih baik. Tanyakan kembali pada diri Anda mengapa kita memerlukan Roh Kudus? mengapa kita lebih memilih hidup dalam Roh Kudus? Kita harus memiliki alasan yang kuat sehingga memotivasi kita untuk masuk ke dalamnya.

Tapi bagi kita yagn telah mengenal Yesus Kristus dan mengasihi-Nya, hal ii mungkin bukan sesuatu yang sulit. Kita tahu mengenai keselamatan yang Dia berikan dan kita percaya bahwa keselamatan itu pasti ada. Maka hidup kita adalah milik-Nya dan kita akan hidup sesuai pemimpin-Nya. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kita yakin mau sepenuhnya hidup dalam Roh Kudus?

2. Tiggalkan Kebiasaan Buruk

Selajutnya kita harus bertindak dengan cara mohon doa pengampunan dosa Kristen dan meninggalkan kebiasaan buruk. Mungkin agak sulit pada awalnya, karena kita harus meninggalkan kebiasaan yang sudah lama dilakukan.

Tapi Anda harus percaya, motivasi dan keinginan kuat yang akan terus menggerakkan kita untuk menjadi lebih baik. Kita pasti akan menemukan jalannya dan tanpa disadari sebenarnya Roh Kudus akan ada dalam diri kita kembali.

3. Rajin Berdoa dengan Benar

Seiring dengan kita menjauhi dosa, kita juga perlu memulai kebiasaan yang baik salah satunya dengan rajin berdoa agar menjadi lebih intim dengan Allah. Maka dari itu kita harus menyiapkan waktu khusus agar bisa benar-benar fokus berdoa dengan cara berdoa Kristen agar dikabulkan.

Kita tidak bisa menggunakna waktu sisa setelah menyeleasikan segala kegiatan kita. Sebab karena hal itu kita tidak akan bisa memulai memiliki kebiasaan yang baik. Seperti yang dikatakan pendeta bahwa sebaiknya kita bertemu Allah di pagi hari karena kita memerlukan Allah untuk membimbing kita dalam beraktifitas seharian.

Jika kita memanjatkan doa pagi Kristen, maka Allah akan membukakan pintu-pintu sehingga semua rencana kita akan dimudahkan. Tapi semua itu terserah kembali kepada Anda kapan bisa benar-benar meluangkan waktu untuk berdoa.

Selain berdoa alangkah baiknya ita juga mulai melakukan saat teduh, yaitu awktu di mana kita akan membaca firman dan merenungkannya. Dengan rutin membaca Alkitab, maka kita akan lebih mengenal pribadi Allah dan kita akan bertumbuh di dalam-Nya.

Pernahkah kita melakukan semuanya tergatung pola pikir? Kita akan memandang sesautu baik atau buruk tergantung bagaimana otak kita mendefinisikannya. Otomatis pola pikir yang akan menentukan keberhasilan dan kegagalan kita.

Lalu bagaimana cara mendapatkan pola pikir yang baik? Yaitu dengna bergaul dengan Allah. Sebab Dia akan memberikan pengertian dan hikmat akan segala sesuatu kepada kita yang meminta. Dia juga akan memberikan pengharapan dan membantu kita meraih masa depan.

4. Lakukan yang Terbaik

Terakhir adalah lakukan yang terbaik untuk segala kegiatan kita. Setelah kita melakukan rangkaian tips di atas, awalnya kita tidak akan langsung menjadi baik, maka dari itu kita harus mendorong diri kita untuk melakukan apapun yang kita bisa dengan maksimal.

Tidak masalah jika kita masih sulit meninggalkan hal buruk, yang terpenting adalah berusaha semampu kita. Kita juga perlu memiliki iman, yaitu keyakinan bahwa kita bisa, kita mampu melakukan apa saja yang kita mau dan iman itu berdasarkan Allah.

Kita juga harus memiliki pengharapan karena karena tanpa pengharapan hidup kita akan terasa hambar. Selain itu kita juga harus memiliki kasih untuk mengasihi sesama.Jadikan kasih sebagai pedoman dalam kita berhubungan dengan orang lain. Sebab tanpa prinsip kasih tentang Alkitab, semuanya akan sia-sia.

Akhir Kata

Sekian sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang cara bersekutu bersama dengan roh kudus. Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai cara bersekutu dengan Roh Kudus menurut Alkitab dan agama Kristen.

Baca: