Kehidupan di Surga Menurut Kristen

Hidup di Surga dalam Pandangan Alkitab

Bersamakristus.org – Kehidupan di surga menurut Kristen. Bagaimana gambaran kehidupan di surga yang dijelaskan dalam Alkitab? Apakah indah seperti yang kita bayangkan, atau justru lebih mempesona dibanding yang ada di pikran kita?

Pada dasarnya setiap agama memiliki gambaran tersendiri tentang kehidupan setelah kematian, ada surga dan neraka. Termasuk Kristen, juga banyak dijelaskan dalam firman Tuhan atau ayat Alkitab tentang masuk surga.

Karena kita percaya Alkitab adalah satu-satunya sumber kebenaran Allah, maka kita akan menggunakannya sebagai dasar untuk mengetahui bagaimana gambaran kehidupan ketika di surga. Bagaimana kehidupan di sana?

Di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai gambaran kehidupan di surga menurut agama Kristen. Silahkan simak beberapa ulasannya secara lengkap di bawah ini dirangkum dari berbagai sumber.

Gambaran Kehidupan di Surga Menurut Kristen Alkitab

Alkitab menyebut surga sebagai syamayim, berasal dari bahasa Ibrani ata ouranos dalam bahasa Yunani. Di Perjanjian Lama ditemukan 420 kata syamayim dan di Perjanjian Baru ditemukan 284 kata ouranos.

1. Banyak Tempat Tinggal

Menurut Yohanes 14:2-3, di surga terdapat banyak tempat tinggal. Tuhan Yesus terangkat ke surga untuk menyediakan tempat tinggal bagi kita yang percaya kepada-Nya dan akan menjemput kita supaya kita berada dimana Yesus berada.

Hal yang dapat membuat kita masuk surga bukan karena kita berbuat baik selama hidup di dunia, karena sebaik apapun kita tidak akan mencapai standar Tuhan yang sempurna. Sekeras apapun kita berusaha untuk tidak berbuat dosa, kita pasti akan melakukannya.

Dosa sekecil apapun dapat membawa kita ke dalam maut. Karena kelemahan itulah Allah menyediakan suatu jalan bagi manusia untuk dapat kembali bersatu dengan-Nya, yaitu melalui Yesus Kristus. Jadi, bukan kebaikan yang dapat membuat manusia masuk surga, melainkan imannya kepada Yesus Kristus, Dia satu-satunya jalan, kebenaran, dan hidup.

2. Tidak Dapat Dibayangkan Logika

Menurut 1 Korintus 2:9, surga itu tidak dapat dibayangkan oleh logika manusia. Gambaran mengenai surga tidak pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga, dan timbul dalam hati. Seindah apapun imajinasi yang kita ciptakan mengenai surga, tetap saja tidak akan pernah mendekati gambaran surga yang sebenarnya.

Rasul Paulus juga menjabarkan sedikit deskripsi mengenai surga, yaitu di surga tidak ada daging dan darah dan yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa. Mazmur 96:6 menggambarkan keadaan surga sebagai tempat yang kudus. Kehidupan di surga menurut Wahyu 19: 6, yaitu semua orang dari segala suku, bangsa, dan bahasa berkumpul untuk memuji dan memuliakan Allah.

Jumlah mereka tak terhitung, mereka bernyanyi dan menyembah Allah tanpa kenal lelah, sehingga suara mereka diumpamakan seperti desau air bah dan deru guruh yang hebat. Mereka yang berdiri di hadapan tahta Anak Domba, semuanya memakai baju putih serta memegang daun palem di tangan mereka.

3. Kemudahan di Surga Allah

Dalam Yesaya 65:23 dikatakan di surga manusia tidak akan bersusah payah dengan percuma, tidak akan melahirkan anak dan mati mendadak, mereka semua adalah keturunan yang diberkati Tuhan. Di surga juga tidak yang berbuat jahat atau berlaku busuk menurut Yesaya 65:25.

Tidak ada orang cacat, orang tuli, orang lumpuh, atau macam-macam penyakit lainnya karena mereka semua akan disembuhkan seperti dijelaskan dalam Yesaya 35:5-6. Selain itu di surga tidak ada hawa nafsu, sehingga tidak ada pernikahan ataupun hubungan badan.

Semua orang yang ada di surga bersukacita dalam Roh Kudus, dan sukacita mereka abadi, bukan sukacita yang dilakukan karena kesenangan atau kepuasan semata. Wahyu 7:17 mengatakan bahwa di surga tidak ada air mata karena Allah menghapus air mata mereka.

4. Tidak Ada Kematian dan Kelaparan

Tidak ada kematian, kelaparan, kehausan, perang, kerusuhan, dan semua yang ada di surga suci seperti malaikat. Di surga tidak ada perselisihan, hal yang dapat menjadikan kita sedih, dan kita tidak akan berbuat apapun yang akan menyakiti hati Tuhan.

Di surga kita memiliki pengetahuan yang sempurna, tidak ada pertanyaan yang tidak dapat kita jawab, dan tidak ada kebodohan. Kita akan terbebas dari belenggu iblis dan tidak akan berbuat dosa. Kita akan mengasihi Tuhan dengan sempurna dan dikasihi dengan sempurna juga oleh-Nya.

Akhir Kata

Sekian sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang kehidupan surga menurut agama kristen. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang bagaimana gambaran surga menurut Alkitab dan agama Kristen.

Baca: