Perbedaan Alkitab dan Kitab Mormon

Bedanya Firman Tuhan dengan Kitab Mormon

Bersamakristus.org – Perbedaan Alkitab dan Kitab Mormon. Alkitab berisi firman Tuhan dan menjelaskan petunjuk kehidupan yang harus kita lakukan sebagai umat Kristen atau Katolik.

Sedangkan dalam aliran Kristen Mormon, mereka memiliki kitab suci sendiri yang dinamakan dengan Kitab Mormon. Kitab tersebut menjadi rujukan bagi penganutnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tentu saja dibandingkan dengan Alkitab, ada perbedaan antara isi Alkitab dengan Kitab Mormon. Hal ini juga yang membuat ajaran Kristen Mormon dianggap sesat dan menyimpang.

Apa saja ajarannya? Di sini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai perbedaan antara ajaran Alkitab dengan Kitab Mormon. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Antara Alkitab dan Kitab Mormon

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai perbedaan antara Alkitab dan Kitab Mormon. Simak pembahasan lengkapnya pada uraian di bawah ini.

1. Pandangan Tentang Allah

Dalam ajaran Kristen yang benar, Allah merupakan pencipta yang berkedudukan tertinggi di atas langit dan bumi. Allah hanya ada satu dan tidak ada yang bisa menggantikan-Nya, dia juga hidup kekal dan tidak diciptakan oleh sesuatu yang lain.

Tapi dalam ajaran Mormonisme, Allah tidak selamanya menjadi yang tertinggi. Mereka berpandangan Allah bisa mencapai status tersebut karena hidup benar dengan usaha yang terus-menerus. Mereka juga yakin Allah memiliki darah dan daging seperti manusia.

Hal tersebut tentu saja disangkal karena Alkitab telah menjelaskan Allah bukanlah manusia dan Allah adalah Roh yang tidak terbuat dari darah dan daging. Maka jelas bahwa Kitab Mormon memiliki ajaran yang bertentangan dengan kebenaran yang ditulis dalam Alkitab.

2. Pandangan Kerajaan Surga

Dalam Kitab Mormon dijelaskan pula kehidupan setelah kematian dibagi menjadi tiga kerajaan, Kerajaan Langit, Kerajaan Bumi, Kerajaan Bintang, dan Kegelapan. Manusia bisa masuk kerajaan tersebut tergatung dengan apa yang dilakukannya di dunia.

Tapi jelas dikatakan dalam Alkitab hanya ada dua tempat setelah kematian, yaitu surga dan neraka. Bagaimana kita masukke surga atau neraka ditentukan dengan iman kita, percaya Yesus atau tidak. Orang yang percaya akan ditempatkan di surga, sementara yang tidak aka mengikuti penebusan dosa serta keselamatan.

3. Pandangan Mengenai Yesus

Pemimpin Mormon mengajarkan kepada pengikutnya bahwaYesus dihasilkan oleh hubungan fisik antara Allah dengan Maria, sehingga mereka dapat percaya bahwa Yesus adalah Allah. Seperti dijelaskan sebelumnya, manusia bisa menjadi Allah.

Tapi dalam ajaran Kristen sudah ditekankan identitas Allah, yaitu sebagai tritunggal, Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Hal tersebut berlaku selama-lamanya dan tidak bisa diganggu gugat. Selain itu menurut Yohanes 1:1-8 , Yesus sudah ada sebelum Ia dilahirkan secara fisik oleh Maria. Jadi, kedatangan Yesus memang sudah rencana Allah sejak awal.

4. Pandangan Cara Masuk Surga

Iman umat Kristen mempercayai satu-satunya jalan dan kebenaran yang hidup adalam melalui Yesus Kristus. Kita akan mendapatkan keselamatan jika percaya kepada-Nya, bahwa Yesus sengaja dikirimkan ke dunia untuk dikorbankan sebagai penebus dosa. Sebab kita tidak bisa menyelamatkan diri sendiri.

Sekeras apapun kita mencoba hidup suci, semuanya akan percuma karena kita tidak bias mencapai standar Allah yang mengharuskan kita hidup tanpa dosa. Oleh karena itu Allah memberi satu jalan agar kita bisa bersama dengan-Nya, yaitu melalui Yesus. Tapi dalam Mormon diajarkan syarat masuk surga adalah dengan anugerah dan usaha manusia yang tentu saja bertentangan dengan ajaran Kristen.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan lengkap dari kami mengenai perbedaan alkitab dengan kitab mormon. Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai perbedaan di antara Alkitab firman Tuhan serta kitab yang dipercayai penganut Mormon.

Baca: