Susunan Acara Pernikahan Kristen di Gereja

Contoh Susunan Agenda Menikah Umat Kristen

Bersamakristus.org – Susunan acara pernikahan Kristen di gereja. Sebuah pesta bukanlah acara resmi yang harus disusun sedemikian rupa dan diatur agendanya dengan rapi.

Melainkan, pesta pernikahan atau perkawinan, biasanya diisi dengan agenda dan susunan acara yang lebih fleksibel. Ada yang harus dijalankan, seperti resepsi, pemberkatan, doa, ada juga yang bisa menjadi tambahan seperti pesta dan sebagainya.

Namun, tentu saja pernikahan juga bisa kacau bila tidak diatur apa-apa saja yang mau diselenggarakan. Sehingga banyak mempelai yang memutuskan menyewa wedding organizer untuk acara janji suci mereka.

Biasanya wedding organizer menyusun agenda dan acara pernikahan dalam satu runtutan yang terstruktur, namun seru dan menyenangkan untuk dijalani. pilihan ini banyak dipilih, terutama di masa sekarang.

Nah di sini, kami ingin membagikan contoh daftar susunan acara pernikahan Kristen di gereja. Bagi yang belum tahu, Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Contoh Acara Pernikahan Kristen di Gereja

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai susunan acara pernikahan umat Kristen di gereja yang baik, bagus, dan lengkap.

1. Persiapan Pra-Nikah

Bimbingan pra-nikah yang dikerjakan di gereja bagi para calon pasangan pengantin kebanyakan disebut dengan katekisasi pra-nikah.

Sifatnya adalah wajib untuk bekal dan persiapan untuk hidup berumah tangga di jaman depan yang dengan pasangannya.

Materi yang diberikan sangatlah beragam, seperti keuangan dan manajemen waktu, kesehatan, komunikasi, dan berbagi dengan keluarga ke dua calon.

Kemudian, tersedia terhitung doa dengan yang dikerjakan pada malam hari sebelum saat bakal acara pernikahan berlangsung. Acara keagamaan kebanyakan dikerjakan oleh keluarga calon pengantin perempuan dan kebanyakan disebut dengan “bidston”.

Acara yang berjalan hampir sama dengan ibadah di gereja. Sepertin pembacaan ayat alkitab, pelantun pujian, khutbah pendeta dan yang paling akhir adalah doa. Kedua calon pengantin terhitung tersedia di dalam acara ini.

2. Upacara Pemberkatan

Tibah waktunya di hari H pernikahan, yang di mulai dengan upacara pemberkatan yang berjalan di gereja. Acara ini di hadiri oleh keluarga pasangan calon pengantin dan jemaat gereja.

Susunan acara pemberkatan sendiri kebanyakan di mulai dengan pembukaan secara singkat, pelantunan pujian bersama-sama, pemberitaan firma Tuhan. Kemudian mampu dilanjutkan dengan upacara peneguhan nikah yang di pimpin oleh pendeta langsung.

3. Janji Nikah

Proses ini adalah anggota berasal dari upacara pemberkatan yang dilangsungkan sesudah menjawab pertanyaan peneguhan yang diberikan pendeta. Kedua mempelai sesudah itu mampu berdiri dan saling berhadapan untuk mengucapkan sebuah janji nikah mereka.

Di dalam agama, masing-masing mempelai wajib mengucapkan janji yang disebut dengan janji nikah. Janji nikah merupakan pengakuan yang memperlihatkan kesanggupan masing-masing mempelai untuk jadi pasangan suami istri yang dikerjakan secara resmi.

Meskipun penyampaian janji dikerjakan secara simbolis, isinya wajib dibikin berdasarkan keinginan berasal dari ke dua mempelai dan wajib dipertanggung jawabkan selama hidupnya.

4. Tukar Cincin

Proses pindah cincin segera dikerjakan begitu udah janji nikah diucapkan di depan pasangan, pendeta, keluarga dan jemaat gereja.

Seperti sistem pindah cincin pada umumnya, mempelai wanita mampu mesangkan cincinya di jari mempelai prian dan begitu terhitung sebaliknya. Pemasangan cincin disematkan pada jari manis di tangan sebelah kiri.

Sesudah itu, pendeta mampu laksanakan pemberkatan di hadapan keluarga dan jemaat secara formal mengesahkan mempelai sebagi suami istri.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sungkeman sebagai ucapan menerima kasih mempelai kepada orang tuanya, sebelum saat bakal di akhiri ditutup dengan pelantunan doa berkat dan nyanyian pentup acara.

Sesudah pelaksanaan akad dan pemberkatan pernikahan, mempelai dan keluarga kebanyakan mampu segera bersiap-siap acara resepsi pernikahan, jikalau memang diselenggarakannya.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh susunan acara pernikahan kristen di gereja. Semoga apa yang kami bagikan ini bisa bermanfaat bagi Anda yang belum mengetahui susunan acara pernikahan dan perkawinan dalam agama Kristen.

Baca:

Tinggalkan komentar